Kontrol bola sangat penting dalam bermain sepak bola yang efektif.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 43 artikel masuk dalam Kategori Olahraga. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC Desktop / laptop maupun Smartphone Android untuk aplikasi kredit berbasis mobile. Simak selengkapnya topik tentang PENGETAHUAN KONTROL BOLA DALAM SEPAK BOLA SANGAT PENTING.

Pengertian kontrol bola adalah kemampuan pemain untuk menghentikan aliran bola agar bola mudah dikendalikan / selalu dalam penguasaan, sehingga tidak mudah dirampas oleh lawan. Kemampuan ini sangat penting bagi pemain bola agar bisa menerapkan pola permainan game yang efektif. Sebab jika seorang pemain sering salah dalam melakukan kontrol bola, maka harus mengejar bola yang tidak perlu, harus memproses ulang bola & akhirnya memboroskan tenaga. Teknik ini menjadi dasar bermain sepak bola yang efektif & produktif.

Jenis kontrol bola secara garis besar ada 3 :

  • 1. Kontrol bola diam yaitu kemampuan pemain mengehentikan & menguasai bola secara mandiri, tanpa merubah arah bola.
  • 2. Kontrol bola jalan yaitu kemampuan pemain untuk secara cepat mengehntikan bola sekaligus merubah arah bola ke area yang lebih kosong, agar tetap dalam penguasaan & tidak mudah dirampas lawan main.
  • 3. Kontrol bola combo yaitu perpaduan antara kontrol bola diam & jalan, dilanjutkan dengan dribbling maupun keeping untuk lebih menjauhi lawan. teknik ini membutuhkan tenaga lebih besar & akurasi kontrol.

Jika seorang pemain sepak bola sudah bisa menguasai 3 teknik kontrol bola diatas hingga lengket bolanya, maka permainan sepak bola akan sangat efektif, hemat tenaga, & tidak harus lari kesana kemari hanya untuk mengejar-ngejar bola yang sebenarnya tidak diperlukan dalam area bermainnya.

Adapun kondisi pada setiap kontrol bola bisa dilihat & dipahami pada tabel dibawah ini :

JENISKONDISI
Kontrol bola diamJika seorang pemain bisa memastikan memiliki ruang gerak lebih luas & tidak dalam kondisi di press pemain lawan, maka bisa melakukan kontrol bola diam.
Kontrol bola jalanBila seorang pemain dalam kondisi di press lawan, tapi meminta bola, maka pemain tersebut harus melakukan kontrol bola jalan, sekali kontrol langsung menggulirkan bola ke arah yang lebih kosong sehingga bola tetap dalam penguasaan & tidak mudah dirampas lawan main.
Kontrol bola komboJika seorang pemain sedang di press lawan, meminta bola, & teman lain yang akan dikasih bola juga dalam kondisi sedang di press lawan, maka pemain tersebut hendaknya melakukan kontrol bola kombo, sekali kontrol bola digulirkan ke area lebih kosong, kemudian melakukan dribbling untuk membuka ruang bagi rekan lain yang sedang di press lawan.

Seperti itulah pengetahuan mengenai 3 teknik kontrol bola yang sangat penting & dibutuhkan pemain sepak bola agar bisa bermain lebih efektif serta hemat tenaga. Semoga bisa dipraktekan pada setiap kali latihan maupun saat sparing sepak bola maupun tournamen tertentu. Video tutorial lebih lengkap bisa dilihat di halaman ini.