Download terlengkap cara terbaikCara melakukan hard reset BB BLACKBERRY Produk Detail

Solusi cara terbaik dan terlengkapCara melakukan hard reset BB BLACKBERRY pada flex phone memory untuk full master reset & melakukan soft reset, produk detail.


Download aplikasi terbaruLihatlah menggunakan komputer, pc-desktop, laptop, maupun smartphone android. Saat ini ada 58 artikel Kategori Handphone. Pemutakhiran versi update revisi ke : 7648.


CARA MELAKUKAN RESET BLACKBERRY BB.

Cara hard reset blackberry BB maupun full flash jika mati total.

dg berbagai metode & prosedur tanpa harus melakukan flashing! Sehingga aman & pemula sekalipun bisa!

HARD RESET SEBENARNYA MEMBERSIHKAN FLEX PHONE.

Master . Soft . Hard . Flash . Code . Prosedur . Perhatikan . Flashing

Sebelum menerapkan cara reset hp blackberry yang akan dijelaskan sekarang termasuk metode cara servis hp yang dapat dilakukan sendiri secara mandiri & pemula sekalipun pasti bisa. Tapi ada beberapa hal yang harus di perhatikan dari awal terutama mengenai fungsi masing-masing reset code. sebab blackberry memiliki beberapa jenis metode reset mulai dari full master reset baik dengan cara hard ataupun yang soft. dengan memahami setiap fungsi reset BB diharapkan nanti bisa melakukan prosedur paling tepat sesuai dengan apa yang terjadi pada BB (Black Berry) sekarang ini. Selain itu juga ada metode flash namun untuk flashing tidak direkomendasikan untuk pemula sebab disamping akan mengganti OS BB itu sendiri, juga membutuhkan dongle flasher khusus yang biasanya dipegang oleh teknisi servis hp. Cara yang akan dijelaskan, ditujukan hanya untuk reset ke posisi default yang hanya melibatkan flexible memory (User Area) saja tanpa mengganti OS (Operating System) dari blackberry tersebut.

Pernahkah suatu saat ada mendapati hp bb kesayangan lamban kinerjanya & menurun performanya, Padahal sudah mengurangi aplikasi, mengurangi inbox ataupun outbox BBM, mengurangi conten multimedia seperti image, flash motions, & aplikasi game. TAPI SmartPhone BlackBerry tetap saja lamban, Apa yang menyebabkan kelambanan kinerjanya terjadi cenderung menurun :

  • Pada dasarnya hampir semua smartphone memiliki dua area khusus yaitu User area & Engine Area (MCU), Saat mengurangi berbagai beban di atas dengan cara melakukan reset pada BB maka hanya baru mengoatk-atik user area saja, padahal user area itu bekerja setelah mendapatkan perintah & syntax khusus (register) dari MCU (Engine Area). Kalau instruksi & rutin program mendapatkan banyak interupsi dari beban cache memory yang berlebihan hasilnya adalah deadlock, & smartphone dengan berbagai jenis processor akan "Terasa lamban" & tersendat kinerjanya.

  • Jadi sebenarnya Bukan sebab BB / processornya yang lamban, Tapi processor mendapatkan banyak interupsi saat harus menerjemahkan beberapa sub-rutin instruksi secara simultan, Sehingga processor membutuhkan waktu lebih dalam memprioritaskan perintah (Time Slot) Keadaan inilah yang menjadi faktor paling utama BB "Terasa Lamban", Loading bisa lama (LoLa) & setelah reset user area tetap saja lemot lagi.

Untuk mengatasi masalah tsb ada beberapa cara & 5-teknik yang khusus, Silahkan simak dengan cermat & teliti (Semoga bisa bermanfaat & menambah sedikit wawasan, sebab deskripsi masih sangat singkat).

CARA MELAKUKAN RESET PADA BB Terutama FLEX PHONE MEMORY, FULL MASTER RESET & Teknik SOFT RESET HP BB.

Reset pada ponsel smartphone BlackBerry ada 5 JENIS Teknik beberapa diantaranya yaitu :

  • 1. Full Master Reset. Yaitu melakukan reset pada konfigurasi BB sekaligus Menghapus cache BB pada flex phone memory. (Data ikut hilang/terhapus saat reset)
  • 2. Soft Midle Reset. Yaitu melakukan reset hanya sebatas pada konfigurasi BB Tanpa menghapus flex phone data memory. (Data tidak hilang).
  • 3. Hard reset. Yaitu melakukan reset dengan memutuskan konektifitas tegangan / Batterai.
  • 4. Flash IC BB. Yaitu mengganti / mengupgrade OS Blackberry yang ada di IC-Flash. (tidak direkomendasikan untuk pengguna!/User). Langkah tsb ditempuh jika BB benar-benar Matot (Mati Total) / sudah susah booting/start up ke OS BB. Dan sebaiknya apabila akan melakukan langkah ini, sebaiknya didampingi oleh rekan/teman terdekat yang sudah berpengalaman mengenai repair ponsel, Terutama SmartPhone. sebab cara tsb lebih menggunakan metode Full Flash bukan Semi Flash, sehingga salah sedikit saja bisa fatal, terutama versi FW & penggunaan catu daya.
WARNING! : Cara nomor-4 TIDAK Untuk Dicoba-coba, karena HIGH-RISK! Lakukan apabila sudah paham benar mekanisme flashing, Serta Impactnya.
  • 5. Code Master. Yaitu sebuah kata / simbol digit khusus yang merangkum beberapa parameter fungsi dalam satu blok & hanya tereksekusi pada kondisi & keadaan yang memungkinkan, & menjangkau / merayap berbagai fungsi yang menyeluruh tanpa melakukannya terprosedur & manual.

8 Hal yang harus di PERHATIKAN! SEBELUM melakukan reset pada blackberry, Ada yang harus diperhatikan (Warning!) :

  • 1. Ponsel smartphone blackberry mengalami trouble aneh terutama software, Misalkan file corrupt, Error Config, Service not found, No network, Ponsel lamban, kinerjanya sudah terasa berat, tidak mendapat sinyal, install applikasi baru, ataupun setelah upgrade sistem operasi BB.
  • 2. Melakukan full master reset akan mengakibatkan Data pada FLEX Memory data bakal hilang. Contoh : Data contact, Messanger BBM, SMS, Call history, Content pada Flex memory, & data flexibel lainnya yang terdapat di flex phone memory.
  • 3. Melakukan midle/soft reset & hard reset tidak bakal menghapus data flex phone memory, Hanya reset OS BlackBerrynya saja.
  • 4. Jangan melakukan soft reset pada handphone Blackberry pemilik fitur SureType / SurePress seperti pada tipe Blackberry Pearl & Blackberry Storm.
  • 5. Soft reset dapat dilakukan di semua tipe Blackberry dengan keyboard Qwerty (Torch, Onyx, Curve, Javelin, dll)
  • 6. Melakukan restart (hard reset ataupun soft reset) tidak bakal menghapus ataupun merubah data-data di Blackberry.
  • 7. Proses reset / restart dapat berlangsung beberapa menit, & ini kondisi yang normal.
  • 8. Disarankan melakukan soft reset / hard reset 3 hari sekali untuk menjaga Blackberry tetap responsif.

Kalau sudah yakin & memahami 8 poin reset BB sesuai prosedur diatas, Silahkan lakukan reset BB!, Kalau ragu-ragu Sebaiknya jangan dilakukan! karena beresiko terhadap hilangnya data flex phone memory, Lakukan kalau merasa ponsel BB sudah benar-benar trouble dari sisi soft OSnya seperti poin-poin diatas.

Berikut cara melakukan reset tombol pada keypad BB (Black Berry) :

  • Cara melakukan full code master reset BlackBerry yaitu Tekan bersamaan tombol SHIFT(kiri) + ALT(kanan) + DEL, master reset blackberry. Tekan & tahan tombol tersebut sampai LCD blackberry switch off & LED merah berkedip-kedip (Blinking). Kalau reset pada cara ini sukses maka BB akan restart kembali. (Warning : Cara ini akan menghapus Flex Phone Memory (File Content & Contact)
  • Cara melakukan hard reset : Kalau ponsel BB bermasalah / Hang, Buka cover BB, & Lepaskan Batterai, Tunggu sekitar 5-10 Detik, kemudian batterai pasang kembali. Maka BB sudah reseted (Cara ini tidak menghapus Cache, File content & contact)
  • Cara melakukan soft reset : Tekan tombol ALT + SHIFT(Kanan) + DEL (Jangan melepas batterai) Tekan & tahan tombol tersebut, dipakai untuk merefresh memory setelah menginstall aplikasi baru / sekedar untuk reset konfigurasi BB. (Cara ini tidak menghapus data).

Flashing yaitu mengganti / mengupgrade OS Blackberry menggunakan dongle khusus flash BB / dongle yang support BB.

  • Cara ini dipakai untuk setup ulang OS blackberry dengan OS baru / upgrade. (Cara ini tidak direkomendasikan untuk pengguna!/User). Langkah ini ditempuh kalau BB benar-benar Matot (Mati Total) / sudah susah booting/start up ke OS BB. Dan sebaiknya jika akan melakukan langkah ini, sebaiknya didampingi oleh rekan yang sudah berpengalaman mengenai repair ponsel, Terutama SmartPhone! - Untuk melakukan cara ini tidak boleh dengan coba-coba, Melakukan ini harus paham benar teknik & prosedur falshing SmartPhone, karena jika salah langkah flashing berakibat Matot pada OS & paling maksimal merusak IC-Flash (EEPROM) tempat dimana OS BB bersemayam.

Terima kasih atas kunjungan serta kepercayaannya, semoga refernsi singkat & sederhana mengenai cara reset hp blackberry bermanfaat & menambah sedikit referensi tutorial awal untuk servis hp terutama untuk smartphone BB. Dan teliti + hati-hati saat melakukan reset sesuai cara & prosedur diatas. Dan sebagai tambahan wawasan silahkan jika berkenan bisa simak juga mengenai cara servis hp restart sendiri pada rumpun hp nokia khususnya, karena reset factory default pada konsepnya identik. Selamat mencoba semoga berhasil, Sukses selalu untuk.




3 Comment :

1

jaya cell com
aku mau naya bos : nih aq ada BB 8320 kondisi hp mati total, tapi lampu merah masih nyala kalo di pasang baterai / di colok usb. kira kira kerusakan hp tersebupa sofware / hadware bos? dan apa bisa di format dengan cara-2 seperti di atas?
Kalau berdasarkan penjelasan anda tersebut, HP BB nuked, Kemungkinan besar kerusakan pada softwarenya, kalau lampu nyala merah itu baru indikasi konektifitas antara sumber tegangan dengan mcu sudah konek, Untuk lebih mantap memastikan itu benar-benar softwarenya, coba gunakan kabel data usb BB anda dan konek ke USB port PC, pada saat OS sudah masuk desktop, Apakah seri + type + browser di PC bisa deteksi? jika masih kedetek tapi BB masih black blank / layar hitam, Bisa dipastikan software / operating system yang trouble, Solusinya yang lazim adalah full flashing. Karena kalau black screen direset tombol, biasanya gak mesti jadi. Disaranakan jika sudah melewati prosedur tsb, bisa full flash. Semoga bisa membantu, thanks....

2

reni silvia
mas, amstrong saya error 102, gimana nih.. loading baru setengah gitu lagi, di copot batre gak ngaruh
Coba di full master reset. Kalau masih belum bisa, di full flash saja. Jika masalahnya diluar HW atau hanya diloading/startup os, maka bisa normal kembali.

3

Indra gunawan
Bos, HP BB hank : keypad kira-kira bisa gak di master reset
Tergantung seri BB yang anda gunakan, Karena untuk problem seperti itu ada cara tersendiri, diluar flashing. Tapi kalau mau fix, sebaiknya di full flash saja, karena kalau baru nyala saja sudah hang, berarti inisialisasi hardware / komponen pada BB sudah trouble, jadi kalaupun di master reset hasilnya nanti tidak permanen. Kalau mau full flash, pakai versi yang serumpun atau di atasnya, usahakan jangan di downgrade. Semoga bisa terinspirasi dan membantu, Thanks for visits....