Download terlengkap cara terbaikApakah orang lansia bisa produktif

Solusi cara terbaik dan terlengkapOrang yang sudah tua lansia bisa tetap produktif jika menghilangkan sifat egois dan selalu ingin dipuji orang lain.


Download aplikasi terbaruLihatlah menggunakan komputer, pc-desktop, laptop, maupun smartphone android. Saat ini ada 98 artikel Kategori Edukasi Pengembangan Diri. Pemutakhiran versi update revisi ke : 117729.


Apakah orang yang sudah tua lansia bisa tetap produktif?

Sebelum membahas seperti apa lansia produktif, mari kita bahas lebih dahulu, hal-hal pemahaman & pengertian yang mendasar.

Definisi pengertian lansia produktif adalah orang yang berumur berkisar 48 & diatasnya, namun tetap membiayai hidupnya sendiri tanpa tergantung dengan orang lain. Entah itu sebab asetnya, tabungannya, maupun sistem bisnis & usaha yang sebelumnya dibangun. Ide & gagasannya selalu cemerlang, hemat biaya, namun kesibukannya bisa menghasilkan pemasukan baru. Bahkan menambah asetnya yang nanti membantu & berguna baik anak cucunya.

Sedangkan lansia yang tidak produktif adalah kebalikannya lansia produktif, mereka cenderung merepotkan orang lain, tidak membiayai hidupnya sendiri sebab sudah tidak bisa produktif, ketergantungan dengan orang lain, tidak memiliki aset maupun ide & gagasan supaya tidak sekedar sibuk-sibukan saja. Setiap kesibukannya hanya menimbulkan biaya & pengeluaran, sebab yang dikejar hanya pengakuan, & sanjungan supaya mendapatkan predikat sibuk seolah-olah produktif padahal bersebrangan. Silahkan teliti, lansia maupun pensiunan dalam kategori ini sangat banyak sekali jumlahnya, & mungkin tertemukan dalam lingkingan keluarga sendiri. Validasi & buktikan saja.

Apakah lansia produktif tetap tercapai oleh orang yang sudah tua lanjut usia? : jawabannya : TENTU BISA, hanya jika :

  • 1. Menghilangkan sifat egois yang bersemayam dalam sanubari, sifat : selalau ingin diakui, disanjung, dipuji, dialem, dihormati, apabila terkikis dari lubuk hati lansia, maka pasion akan muncul, dengan pasion itu kreativitas untuk produktif & mandiri akan muncul dengan sendirinya. Usahakan jangan sampai terkena sindrom pensiun apalagi sampai akut.

  • 2. Mau menerima masukan dari orang lain tanpa terus merasa paling benar. Sehingga nanti terbuka wawasan baru terutama kultur kesibukan produktif pada jaman sekarang berbeda dengan jaman dulu, karena sekarang kesibukan produktif sebenarnya lebih sistematis cara kerjanya bukan sekedar terlihat sibuk.

  • 3. Berusaha membiayai kesibukannya sendiri, sehingga semangat & daya juang kreativitas untuk produktif semakin terasah dimasa senja, bukan sebaliknya.

  • 4. Meningkatkan kesadaran spiritual lebih tinggi agar sifat-sifat nomor 1 di atas terminamilisir, karena sebenarnya sifat seperti tersebut hanya akan mensabotase kreativitas & produktivitas dalam diri.

Itulah 4 kunci pokok supaya lansia bisa tetap produktif dimasa senja, masa pensiun maupun pra pensiunan. Semoga bermanfaat positif & inspiratif, kalau ada yang mau memberikan masukan & tambahan, silahkan saja. Mari kita belajar temukan jawabannya bersama-sama. Selamat bekerja & beraktivitas.