Download terlengkap cara terbaikCara belajar tes psikotes setiap waktu selain di kelas

Solusi cara terbaik dan terlengkapPersiapkan 10 Cara untuk mempelajari tes psikotes beberapa jam setiap minggu dengan memanfaatkan berbagai sumber daya selain buku teks di kelas khusus.


Download aplikasi terbaruLihatlah menggunakan komputer, pc-desktop, laptop, maupun smartphone android. Saat ini ada 129 artikel Kategori Psikotes. Pemutakhiran versi update revisi ke : 116725.


10 Tips Persiapan Dini sebelum Menjalani Psikotes Kerja


[ Download Software Psikotes Full Versi Disini ]


Persiapan sebelum ikut tes psikotes tergantung cara belajar sendiri. Bila belajar tes secara wayangan ya akan sulit lolos tes psikotes kapanpun dimanapun menjalankannya. Belajar harus dilakukan setiap waktu tidak hanya saat di kelas kuliah misalnya. Sebab ujian psikotes memang bisa menimbulkan stres, namun tidak perlu panik menjelang hari ujian. Meskipun tidak ada jalan pintas yg pasti untuk lulus tes psikotes, ada beberapa hal yg dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal dari pembelajaran Anda. Strategi yg relatif sederhana ini akan membantu memaksimalkan waktu & sumber daya yg tersedia sehingga dapat merasa siap ketika hari ujian tiba.

1. Persiapkan & belajarlah lebih awal, jangan model wayangan.

  • Jangan menunggu sampai malam sebelum ujian untuk mulai belajar. Sejak hari pertama kelas, tetapkan jadwal belajar yg teratur. Rencanakan untuk meluangkan setidaknya satu jam belajar untuk setiap jam yg habiskan di kelas, namun bersiaplah untuk menyisihkan lebih banyak waktu saat mempelajari subjek lebih dalam. Penting juga untuk mempertimbangkan kemampuan, kelemahan, & mata pelajaran sendiri saat membuat jadwal belajar. Mungkin ada bidang-bidang tertentu di mana unggul yg memerlukan lebih sedikit perhatian, sementara bidang-bidang lain mungkin lebih sulit. Rancanglah jadwal belajar yg memungkinkan meninjau semua informasi yg dibahas di kelas dg mempertimbangkan waktu ekstra untuk mempelajari konsep-konsep yg sangat sulit tersebut.

2. Jadilah Pendengar Aktif & proaktif.

  • Perkuliahan di kelas bukanlah waktu untuk bersantai & membiarkan instruktur terus mengoceh. Sebaliknya, fokuslah untuk menjadi pendengar aktif & peserta dalam ceramah & diskusi psikotes. Bacalah materi buku teks yg ditugaskan sebelum setiap sesi kelas & catat setiap pertanyaan yg mungkin miliki. Selama perkuliahan, buatlah catatan berkualitas yg mudah dipahami & ulas nanti. Jangan khawatir untuk menuliskan setiap hal kecil yg dikatakan instruktur, tetapi cobalah untuk menguraikan topik, ide, & pertanyaan utama. Dan ingat, Bila dosen merasa ada sesuatu yg cukup penting untuk dituliskan di papan tulis / overhead slide, maka sebaiknya mencantumkannya dalam catatan kuliah Anda. Ada kemungkinan besar informasi ini akan muncul pada tes berikutnya.

3. Tinjau Catatan Kelas Sesering Mungkin.

  • Setelah mencatat dg cermat catatan kuliah psikotes, sekarang saatnya memanfaatkannya secara baik. Kalau memiliki sedikit waktu setelah kelas selesai, duduklah & luangkan waktu 15 hingga 20 menit untuk membaca catatan hari itu. Selain waktu peninjauan rutin ini, luangkan beberapa jam setiap minggu untuk mempelajari catatan secara lebih mendalam. Pertimbangkan untuk membuat kartu flash & menyelesaikan tes latihan untuk menghafal istilah kosakata & konsep psikotess.

4. Bentuklah Kelompok Belajar.

  • Belajar dalam kelompok kecil adalah cara yg bagus untuk menantang diri sendiri, meninjau konsep-konsep penting, & mendiskusikan teori-teori yg sudah pelajari di kelas. Idealnya, harus membentuk kelompok yg terdiri dari sekitar tiga hingga lima siswa yg semuanya berada di kelas psikotes identik. Usahakan untuk bertemu setidaknya sekali seminggu untuk membicarakan materi perkuliahan di kelas & bacaan yg ditugaskan. Pilihan lain kalau tidak dapat berpartisipasi dalam kelompok belajar kecil adalah dg menghadiri sesi belajar

5. Ikuti Kuis dg Latihan khusus.

  • Kuis latihan adalah cara yang bagus untuk menentukan konsep mana yang dipahami & mana yang masih perlu kerjakan. Selain mengembangkan kuis sendiri, kuis latihan ada di akhir setiap bab di banyak buku teks. Pilihan lainnya adalah mencari tes & kuis psikotes di Internet.

6. Pikirkan Contoh dalam Dunia Nyata.

  • Saat mempelajari berbagai teori psikotes, akan mulai menyadari bagaimana konsep-konsep ini berlaku di dunia sekitar Anda. Contoh akan mulai muncul dalam kehidupan & hubungan sendiri.  Misalnya, Jika meninjau tahapan perkembangan kognitif Piaget, mungkin berpikir tentang anak-anak yang kenal yang berada pada titik perkembangan berbeda ini. Jenis latihan belajar ini adalah cara yang bagus untuk mempersiapkan tes psikotes, yang sering kali mengharuskan siswa untuk mengidentifikasi contoh prinsip-prinsip psikotess yang berbeda.

7. Tinjau Materi dalam Berbagai Cara & sudut pandang.

  • Jangan biarkan dirimu terjebak dalam kebiasaan belajar. Sebaliknya, tantang dirimu untuk mempelajari materi beragam cara & bereksperimen dengan teknik belajar yang berbeda. Menggunakan perangkat seperti mnemonik, kartu flash, ujian praktik, & diskusi kelompok membantu memperkuat materi dalam ingatan Anda.

8. Gunakan Sumber Daya yang Disediakan dalam Buku Teks.

  • Banyak penerbit buku teks psikotes juga menawarkan situs buku teks yang menampilkan berbagai alat belajar untuk siswa. Kartu flash, tes latihan, & papan diskusi hanyalah beberapa alat yang mungkin tersedia di buku teks Anda. Jangan abaikan sumber daya berharga ini! Dalam banyak kasus, instruktur mungkin mengambil banyak soal tes langsung dari bank tes penerbit buku.

9. Pelajarilah Konsep Paling Sulit Terlebih Dahulu.

  • Meskipun tergoda untuk mengerjakan materi yang paling mudah terlebih dahulu, mempelajari konsep yang paling sulit di awal biasanya merupakan cara terbaik untuk mempersiapkan ujian. Mempelajari materi yang sulit ketika pikiran segar & aktif memastikan bahwa memiliki energi mental & sumber daya untuk fokus sepenuhnya pada materi tersebut. Namun, ingatlah untuk memberi dirimu istirahat secara teratur selama sesi belajar. Jika masih kesulitan memahami konsep tertentu, buatlah janji dengan instruktur untuk mendiskusikan materi lebih lanjut.

10. Belajar Selama Beberapa Jam Setiap Minggu.

  • Semua petunjuk, tip, & teknik belajar tidak dapat menggantikan salah satu faktor kunci keberhasilan tes psikotes. Strategi belajar adalah cara terbaik untuk memfokuskan perhatian & mendapatkan manfaat maksimal dari waktu belajar Anda, namun strategi ini tidak akan berhasil tanpa beberapa jam setiap minggu yang dicurahkan untuk belajar di setiap kelas. Aturan praktis yang disarankan sebagian besar universitas adalah harus menghabiskan setidaknya dua jam belajar untuk setiap jam yang habiskan di kelas. Meskipun komitmen waktu ini mungkin terdengar menakutkan, ingatlah bahwa dapat membagi jam-jam ini sepanjang minggu. Luangkan waktu untuk membuat jadwal belajar sesuai kehidupan & kewajiban pribadi termasuk sekolah, keluarga, & pekerjaan.

jika menjalankan 10 tips persiapan menghadapi tes psikotes di atas menggunakan metode cara belajar yang benar & produktif. Maka belajar tes ini akan semakin mudah memahami substansinya. Sebab tes psikotes yang penting harus paham substansinya, tes ini tujuannya tidak sekedar menguji intelektual semata. Sebab psikotes setiap digunakan oleh para penguji, juga akan menyesuaikan spek kandidat dengan kebutuhan rekruiter yang setiap waktu mengadakan peluang kerja tertentu.



Source : [verywellmind]