Download terlengkap cara terbaikCara memperbaiki speaker aktif yang rusak

Solusi cara terbaik dan terlengkapAkibat suara kecil, mendengung, mati sebelah, suara pecah, tidak ada suara, mati total, dll.


Download aplikasi terbaruLihatlah menggunakan komputer, pc-desktop, laptop, maupun smartphone android. Saat ini ada 12 artikel Kategori Elektronika. Pemutakhiran versi update revisi ke : 122159.


Ada berbagai jenis kerusakan speaker aktif & berikut ini konsep intinya saja cara memperbaiki speaker aktif yang rusak akibat beragam trouble & solusinya, untuk contoh lebih kongkrit bisa lihat videonya :

1. SUARA KECIL.

  • Jika suara kecil, kemungkinan terbesar adalah potensio meter, IC power amplifier, & catu daya yang amperenya tidak maksimal.

2. SUARA MENDENGUNG.

  • Jika speaker aktif suara mendengung, bisa diakibatkan karena travo kurang ampere, elco ada yang bocor, rangkaian PCB kekurangan grounding.

3. MATI SEBELAH.

  • Bila speaker aktif mati sebelah kemungkinan besar kerusakan pada IC, transistor power amplifier ada yang rusak.

4. SUARA PECAH.

  • Kalau speaker aktif suara pecah, paling besar kemungkinannya ada pada bagian crossover ada lilitan kawat email korosi, / capacitor yang sudah melendung.

5. TIDAK ADA SUARA.

  • Apabila speaker aktif nyala tapi tidak ada suara sama sekali, kemungkinannya : potensiometer mati, catu daya tidak maksimal, spul speaker putus bisa juga, jalur pcb ke speaker putus.

6. MATI TOTAL.

  • Jika speaker aktif mati total, tidak ada tanda-tanda lampu power nyala apalagi bersuara, maka cek bagian power catu daya lebih dahulu.

Apa yang dijelaskan diatas adalah cara ringkasnya, untuk tahu cara memperbaiki speaker aktif yang rusak  dengan melalui analisa teknis tentu membutuhkan pengukuran menggunakan avometer. Berikut ini bagian penting yang harus diukur ketika speaker aktif rusak : Catu daya, Bridge power DC, IC PA, Transistor untuk PA, paling utama pastikan pengukuran pada catu daya, harus paling awal untuk detektornya.