Download terlengkap cara terbaikMengapa pemain sepak bola harus menguasai gerak dasar permainan

Solusi cara terbaik dan terlengkapGerak dasar permainan sepak bola adalah cara pergerakan pemain yang terpola dan sistematis. Jadi bukan asal bergerak lari kesana kemarin mencari dan merampas bola, maupun berteriak terus menerus karena ingin dikasih bola tanpa gerak yang benar alias diam saja. Simak selengkapnya karena ini sangat detail dan mudah dipahami.


Download aplikasi terbaruLihatlah menggunakan komputer, pc-desktop, laptop, maupun smartphone android. Saat ini ada 37 artikel pola permainan Kategori Sepak Bola. Pemutakhiran versi update revisi ke : 122376.


Sepak bola adalah permainan bola dari kaki ke kaki dalam satu tim, sehingga memahami dasar pergerakan dalam permainan sangat penting. Tujuannya agar meminimalisir kesalahan teknis saat bermain. Pemain sepak bola itu selain membutuhkan fisik yang prima, juga membutuhkan kecerdasan. Karena gerakan dasar permainan dari pemain yang cerdas akan sangat responsif dan minim melakukan kesalahan teknis. Kecerdasan ini bisa diraih pemain sepak bola dengan menguasai berbagai program latihan secara rutin terus-menerus tanpa bosan.

Jenis gerak dasarSebutkan gerak dasar permainan sepak bola dengan urutan yang benar?


  • 1. Sebelum bergerak dan mendapatkan bola, sudah harus memperhatikan posisi lawan dan kawan. Mana kawan yang posisinya kosong, dan dimana posisi lawan yang sedang pressing.

  • 2. Kalau mau minta bola, harus gerak muncul dahulu ke ruang kosong. Jangan diam saja tidak bergerak, apalagi posisi sedang di pressing lawan malah minta bola.

  • 3. Kalau sudah dapat bola lakukan pergerakan menjauhi lawan dengan mempertahankan fokus yang sudah didapatkan pada poin-1 diatas. Jangan terlalu lama menguasai bola, tapi lihat kawan yang lebih potensial punya ruang kosong, segera kasih ke kawan main tersebut secepat mungkin.

  • 4. Kalau sudah melepas bola / passing ke kawan tadi, segera gerak untuk kembali membuka ruang kosong, jangan sampai diam saja tanpa pergerakan setelah memberikan bola ke kawan main.

  • 5. Lakukan 4 gerak dasar tersebut selama permainan sepak bola berlangsung. Sampai benar-benar paham, hingga meraih respon kecepatan dalam menguasai pergerakan paling dasar tersebut. Sehingga nanti semakin pintar cara permainannya tidak awam, hanya sekedar mencari-cari bola dengan lari kesana kemari tanpa pola yang jelas.

  • Notes : pemain yang sudah pro, akan sangat jarang melakukan kesalahan pada 4 pergerakan dasar ini, dibandingkan mereka yang baru belajar dan itu wajar.

menguasai pola permainanMengapa permain sepak bola harus menguasai gerak dasar permainan dengan pola yang benar?


  • 1. Mengurangi kesalahan teknis dalam melakukan pergerakan selama permainan sepak bola berlangsung.

  • 2. Menguasai pergerakan permainan yang terpola dan sistematis. Tidak asal gerak kesana-kemari, hanya membuang tenaga mencari-cari bola yang hasilnya tidak produktif.

  • 3. Menguasai teknik cara bermain sepak bola secara tim, bukan permainan individu.

  • 4. Menguasai jalannya pertandingan sepak bola karena semakin pandai menciptakan ruang kosong.

  • 5. Menguasai mental agar tidak egois saat bermain sepak bola. Karena bisa cepat memberikan bola pada kawan yang lebih potensial posisinya diruang yang lebih kosong, daripada terlalu banyak dribbling menguasai bola yang hanya akan memboroskan tenaga nantinya.

  • 6. Menguasai pola permainan sepak bola dengan pergerakan yang benar secara terpola dan sistematis, akan menjadikan pertandingan enak di tonton.

  • 7. Pemain yang memahami segala jenis gerak dasar permainan dengan 4 kriteria diatas nantinya lebih cepat mendapatkan klub besar. Karena cara bermainnya sangat berpengaruh pada keberhasilan tim. Dibandingkan pemain yang matang skill individunya, tapi permainan individunya tidak berpengaruh besar pada permainan tim secara produktif.

Semoga bermanfaat positif dan aplikatif, Salam Olahraga.


pola permainan1 artikel berkaitan dengan pola permainan yaitu :