Download terlengkap cara terbaikCara membuat surat lamaran kerja yang menarik

Solusi cara terbaik dan terlengkapYaitu mampu menjawab kebutuhan teknis dan memberikan keuntungan nyata pada perusahaan rekruiter.


Download aplikasi terbaruLihatlah menggunakan komputer, pc-desktop, laptop, maupun smartphone android. Saat ini ada 4 artikel Kategori Surat Menyurat. Pemutakhiran versi update revisi ke : 122161.


Definisi & pengertian surat lamaran kerja adalah cara seseorang untuk mendeskripsikan biodata maupun keahlian untuk merespon peluang pekerjaan yang dianggapnya tepat sesuai bidang keilmuan & keterampilannya.

Surat lamaran kerja yang menarik / impresif adalah surat lamaran kerja yang mampu membangkitkan minat rekruiter dalam tempo relatif cepat, karena surat lamaran tersebut unik & berbeda dengan yang lainnya.

Kapan membuat surat lamaran kerja yang menarik? yaitu pada saat anda mencoba melamar pekerjaan secara spekulatif / non opening recruitment, artinya tidak ada lowongan kerja yang dibuka tapi coba melamar. Sebab kalau opening recriutment biasanya format surat lamaran kerja sudah ditentukan secara baku tinggal mengikuti kebutuhkan rekruiter.

Secara logis, tidak ada perusahaan yang mau rugi ketika menerima seorang karyawan masuk pada perusahaannya. Perusahaan pasti menginginkan orang yang memiliki kontribusi kebutuhan teknis yang tepat & bisa memberikan keuntungan yang nyata pada perusahaan. Inilah dasar fondamental yang jadi pegangan sebelum anda membuat surat lamaran kerja yang menarik bagi rekruiter yang dituju.

Sekarang, cara membuat surat lamaran kerja yang menarik bisa disimak secara urut berikut :

  • 1. Tulis & deskripsikan biodata maupun latar belakang pendidikan secara detail, jelas, singkat & padat.

  • 2. Jelaskan secara singkat mengapa perusahaan membutuhkan karayawan baru seperti anda.

  • 3. Deskripsikan kontribusi teknis seperti apa yang bisa anda berikan jika diterima menjadi karyawan perusahaan tersebut, terutama dalam menjawab kebutuhan teknis perusahaan.

  • 4. Bila anda diterima menjadi karyawan maka terangkan secara rinci namun singkat & jelas mengenai : apa keuntungan yang bisa anda berikan ke perusahaan dalam jangka pendek & panjang kedepannya.

Jika surat lamaran kerja yang anda buat memuat 4 aspek inti diatas, maka secara logis & rasional akan menarik minat rekruiter, paling tidak anda akan mendapatkan panggilan tes maupun wawancara lebih cepat dibandingkan dengan ratusan bahkan ribuan pelamar lainnya.