Pelatih sepak bola yang bagus seharusnya memiliki 3 kompetensi inti.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Selain wawasan teknis sepak bola itu sendiri. Sekarang ada 43 artikel masuk dalam Kategori Olahraga. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC Desktop / laptop maupun Smartphone Android untuk aplikasi kredit berbasis mobile. Simak selengkapnya topik tentang Seperti apa pelatih sepak bola seharusnya.

Kadang kita bingung, sebenarnya pelatih sepak bola yang bagus itu seperti apa? apakah harus dari mantan pemain sepak bola yang bahkan bagus & terkenal, sudah sering ikut diklat & lisensi misalnya, / harus memiliki keahlian khusus dibidang sepak bola. Nah, untuk itu misalnya sekarang anda seorang pengurus sepak bola & sedang membutuhkan pelatih, Maka 3 komponen inti pelatih beserta ulasannya ini diharapkan bisa memberikan gambaran nyata mengenai seperti apa seharusnya seorang pelatih sepak bola yang kompetens.

Kompetensi inti yang harus dimiliki seorang pelatih sepak bola :

NOKOMPETENSIFUNGSI
1Wawasan ManajemenMemahami cara mengelola manusia, mengorganisir, pencatatan data & dokumentasi. Mengelola hubungan yang baik dengan pemain, pengurus, pelatih lain, dll. Bisa mengayomi pemain, sabar, & orientasinya tidak sekedar pada uang ataupun finansial. Tapi gigih memiliki tekad & niat yang kuat untuk membangun tim yang bagus untuk dikedepankan.
2Wawasan KepelatihanMemahami micro teaching, paham bagaimana mentransfer pengetahuan sepak bolanya dengan bahasa yang obyektif serta mudah dipahami pemain tentunya sesuai dengan Kurikulum Sepak Bola Nasional maupun Internasional. Karena sangatlah percuma jika pelatih sudah bagus, wawasan kepelatihannya luas, tapi komunikasi & tata bahasanya tidak terstruktur secara obyektif, sehingga pemain hanya bingung & tidak memahami satu sama lain.
3Wawasan Sepak BolaPaham apa itu sepak bola, bagaimana cara memainkannya, tau bagai mana cara menyerang, transisi pemain, maupun cara bertahan yang terpola. Wawasan sepak bola ini biasanya didapat seorang pelatih, bisa karena dia memang mantan pemain sepak bola, maupun sering mengikuti diklat, lisensi kepelatihan, maupun bakat dalam memahami taktikal permainan sepak bola.

Apakah pelatih sepak bola harus memiliki keistimewaan khusus?

  • Sebenarnya Ya, karena pelatih merupakan figur sekaligus bisa jadi contoh teladan bagi para pemain anak didiknya.
  • Keistimewaan pelatih ini bisa menjadi motovasi & memacu keinginan para pemain untuk terus belajar agar memiliki keahlian maupun keistimewaan seperti pelatihnya.
  • Keistimewaan pelatih ini bisa karena memiliki : kemampuan olah bola yang bagus, kemampuan dribbling, kemampuan shoting & berbagai variasi tembakan, kemampuan strategi permainan, kemampuan dalam memberikan berbagai contoh program latihan dari dasar sampai level kompleks, kemampuan manajemen & jaringannya, paling tidak salah satu diantaranya ini dimiliki seorang pelatih.
  • Sebab jika pelatih tidak memiliki keistimewaan / tidak pernah menunjukan keistimewaannya, biasanya dari yang sudah-sudah / berdasarkan pengalaman, maka pemain / peserta didiknya akan semakin malas latihan & tidak punya motivasi latihan yang kontinyu, karena merasa tidak ada yang bisa dicontoh dari pelatihnya. Karena pelatih hanya bisa memberikan perintah verbal tanpa pernah bisa mencontohkan secara kongkrit / nyata pada para pemainnya dengan skill / keahlian tertentu.

Apakah pelatih sepak bola harus dari mantan pemain sepak bola yang bahkan bagus & terkenal?

  • Sebenarnya tidak harus, karena pelatih sepak bola yang bagus paling inti memiliki manajemen & wawasan kepelatihan yang matang, memiliki kepribadian yang dewasa, sabar dalam membimbing anak didiknya. Barulah setelah itu melihat bakat & keistimewaan pelatih serta wawasannya mengenai taktikal permainan sepak bola yang sebenarnya.

Kapan seorang pelatih sepak bola dikatakan berhasil?

  • Kalau melatih pemain yang sudah jadi & matang maupun hasil seleksian, itu mudah saja. Ibaratnya siapapun juga bisa, karena tinggal memberikan pola & formasi permaianan, maka pemain matang akan langsung paham yang diinginkan pelatihnya.
  • Sebaliknya kalau melatih pemain dari sejak dini pembibitan, mbakali dari nol sampai jadi pemain yang matang, itulah pelatih yang sebenarnya berhasil, dimanapun & kapanpun dia berada.

Siapapun anda, kapanpun & dimanapun anda berada, jika memiliki semua komponen dari berbagai aspek diatas maka siapapun itu layak menjadi pelatih sepak bola demi menghasilkan tim yang bagus serta memahami substansi permainan sepak bola yang sesungguhnya.

Itulah 3 kompetensi inti yang harus dimiliki seorang pelatih sepak bola yang sesungguhnya seperti apa. Semoga bermanfaat positif & aplikatif, Salam Olahraga.