Download terlengkap cara terbaikCara Copot Pasang Aki Mobil Dengan AMAN

Solusi cara terbaik dan terlengkapArtinya aman ketika aki di copot dan tidak beresiko ketika aki di pasang kembali dengan baik dan benar. Sepele tapi kalau sampai lalai apalagi ngawur maka reskonya tinggi.


Download aplikasi terbaruLihatlah menggunakan komputer, pc-desktop, laptop, maupun smartphone android. Saat ini ada 24 artikel Kategori Otomotif. Pemutakhiran versi update revisi ke : 122412.


Meskipun kelihatannya sederhana, tapi tidak sedikit yang masih ragu-ragu, ketika akan melepas dan memasang aki mobil. Contoh pertanyaan seperti : pasang aki mobil positif atau negatif dahulu?, kalau melepas aki negatif atau positif dahulu? Nah, pada artikel kali ini akan dijelaskan lengkap cara copot dan pasang aki mobil secara urut dan tentu aman tidak beresiko.

Cara copot aki mobil :

  • 1.Kontak mobil harus benar-benar posisi OFF total. INI JANGAN SAMPAI LUPA ketika copot aki mobil.

  • 2. Untuk melepas aki mobil yang jelas copot kabel kutub negatif lebih dahulu. Mengapa? karena copot kutub negatif itu netral ketika tubuh anda tidak sengaja nyenggol body mobil, kunci obeng yang dipakai terpeleset menyentuh besi / apapun di dalam mobil itu jadi netral & aman.

  • 3. Jika kutub negatif sudah di copot agar lebih aman, langsung kabel negatif dibungkus dengan plastik.

  • 4. Jika 3 langkah di atas sudah benar-benar selesai, kabel sudah di copot dari kutub negatif aki, barulah sekarang copot kabel yang ada pada kutub positif aki.

  • 5. Jika kabel positif sudah di copot dari kutub aki mobil kalau mau lebih aman, kembali bungkus kabel positif tersebut pakai plastik. Untuk menghindari hal-hala yang tidak diinginkan diluar teknis copot pasang aki mobil nantinya.

Mengapa anda copot aki mobil? biasanya untuk keperluan ganti aki baru, aki akan di charge maupun mau di kuras & di servis. Jika aki mobil sudah full pastinya akan di pasang kembali.

Berikut cara pasang aki mobil :

  • 1. Biasa sebelum pasang aki pastikan posisi kontak dalam kondisi OFF total. PALING PENTING!. Perhatikan kabel, & kutub tegangan pada aki mobil, JANGAN SAMPAI SALAH / TERBALIK!.Kabel merah biasanya positif, kabel hitam itu negatif.

  • 2. Untuk memasang aki mobil sudah pasti kutub positif dahulu yang di pasang, kabel ke kutub negatif biarkan dahulu. Mengapa? karena itu tadi diatas, kalau lagi pasang kutub positif, sementara kutub negatif masih di copot, maka ketika anda mengencangkan baud kutub positif ke kabel, jika misalkan obeng anda nyentuh body mobil, maupun badan anda nyentuh tanah / body mobil maka masih aman karena netral, sebab kutub negatif aki masih posisi di copot, sehingga aliran listrik masih terbuka sehingga aman.

  • 3. Setelah kutub positif sudah di pasang dengan baik & benar, barulah sekarang pasang kembali kabel pada kutub negatif aki.

  • 4. Setelah aki mobil di pasang dengan benar, jangan buru-buru kontak ON mobilnya. Biarkan dahulu 30 detik sampai 1 menit, agar ECU Mobil ada kesempatan melakukan inisialisasi pada aki yang baru dipasang. Terutama jika mobil sudah injeksi dengan teknologi VVTI.

  • 5. Setelah langkah 1 sampai 4 di atas selesai & aki sudah di pasang kembali, baru sekarang starter dengan kontak ke posisi ON seperti biasanya.

Itulah cara paling aman untuk melepas & memasang aki mobil dengan baik & benar, untuk megurangi resiko kerusakan akibat tegangan / catu daya dari aki.