Cara latihan sepak bola dengan urutan yang baik dan benar.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 43 artikel masuk dalam Kategori Olahraga. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC Desktop / laptop maupun Smartphone Android untuk aplikasi kredit berbasis mobile. Simak selengkapnya topik tentang Cara latihan sepak bola dengan urutan yang benar.

Semua pemain sepak bola memiliki cara latihan sendiri untuk mengembangkan skillnya. Meskipun sebenarnya latihan sepak bola itu ada kurikulum standarnya seperti sekolah pada umumnya. Jika latihan sepak bola dilakukan dengan urutan yang benar serta rutin maka akan menghasilkan pemain berkualitas bagus.

Urutan yang benar untuk latihan sepak bola seperti apa?

1. LATIHAN MENTAL

  • Niat & kemauan yang kuat untuk menjadi pemain sepak bola profesional harus ada sejak dini, agar nanti punya kesungguhan yang kuat, bahkan ketika ada yang mengecilkan hatimu tentang sepak bola dengan berbagai macam doktrin. Apapun kalau diawali dengan niat yg sungguh-sungguh pasti ada hasilnya kelak, termasuk sepak bola. Meskipun nanti harus berkorban waktu, tenaga, pikiran & bahkan modal untuk latihan sepak bola.

2. LATIHAN FISIK

  • Pemain sepak bola memang membutuhkan fisik yang prima, daya tahan yang bagus & kecepatan. Pemain sepak bola harus bisa ringan dalam merubah-rubah badan & arah dalam berlari. Ke kiri, kanan, samping, depan, belakang, semua harus mumpuni. Pemain sepak bola bukan sprinter yang latihannya hanya lari lurus. Pemain bola harus bisa gesit & cepat dalam berlari pada arah yang selalu berubah-rubah. Maka dari itu latihan fisik termasuk pondasi dasar untuk menjadi pemain sepak bola profesional nantinya.

3. LATIHAN TEKNIK

  • Teknik merupakan perpaduan antara kekuatan fisik & respon otak dalam menyelaraskan keduanya. Jadi dalam sepak bola itu sebenarnya tidak hanya membutuhkan kekuatan fisik, tapi juga kecerdasan dalam memahami setiap teknik maupun beragam situasi dilapangan sepak bola. Latihan teknik itu antara lain : kontrol bola, passing, shooting, dribbling.

  • Latihan paling inti bagi pemain dari dasar adalah kontrol bola yang lengket & passing yang akurat, baru menuju latihan dribbling, shooting, dll. Sebab pemain sepak bola itu paling banyak kehilangan tenaganya adalah ketika sedang bermain sering salah kontrol bola, tidak lengket, serta passing yang tidak akurat, sehingga pemain harus mengejar-ngejar bola yang tidak diperlukan akibat kontrol bola yang tidak lengket. Jika semua teknik ini sudah dilatih maksimal, maka pemain sepak bola saat bermain tidak akan boros tenaganya & jika tenaga bagus serta stabil maka mainnyapun akan bagus selama bertanding.

  • Kualitas permainan seorang pemain sepak bola ditentukan dari sebelum dapat bola. Seberapa cepat & luas analisanya terhadap lapangan, paham dimana teman, lawan & mana area kosong, sebelum menerima bola. Kecepatan pemain dalam menganalisa kondisi lapangan sebelum menerima bola akan menentukan kualitas permainan tim. Inilah yang disebut visi bermain sepak bola.

  • Jika seorang pemain sepak bola kelihatan bingung, terlalu lama dribbling, itu adalah bukti & tanda bahwa pemain tersebut kecepatan analisanya terhadap situasi dilapangan belum peka alias masih rendah, sehingga kebingungan mau mengalirkan bola kemana, pada siapa, diruang kosong yg mana. Maka dari itu kecepatan scaning pemain dalam situasi pertandingan sejak dia belum mendapatkan bola adalah sangat luar biasa penting.

4. LATIHAN TAKTIK (Taktikal Formasi & Pola Main)

  • Taktik bisa dibilang adalah latihan TERTINGGI bagi pemain sepak bola, latihan tahap akhir. Jadi sebelum pemain bisa melewati 3 latihan diatas maka jangan belajar taktik dulu. Sebab formasi maupun pola bermain sebagus apapun, jika pemain kontrol bolanya saja masih belum lengket maka formasinya akan kacau secara bertahap, hanya akan memboroskan tenaga pemain. Taktik adalah latihan yang memadukan antara teknik & kecepatan otak dalam memahami skema permainan yang sistematis, baik dalam menyerang, bertahan, maupun transisi keduanya. Taktik berisi latihan memahami pola-pola dalam bermain sepak bola yang sistematis, tidak bermain asal mengejar bola & memburu goal.

Itulah cara latihan sepak bola dengan urutan yang benar, jika ingin menjadi pemain sepak bola profesional diberbagai kelas. Dan harus ingat, latihan sepak bola itu tidak bisa sembarangan, asal latihan, latihan sepak bola ada acuannya, ada kurikulumnya. Maka dari itu berlatihlah dengan pelatih yang paham betul kurikulum sepak bola untuk membentuk pemain seperti apa, paham manajemen, bukan sekedar mantan pemain bagus & terkenal misalnya. Karena memang kadang tidak semua mantan pemain sepak bola yang bagus & terkenal bisa menyampaikan teknik latihan sepak bola yang obyektif & mudah dipahami para pemain, apalagi dipraktekan pada situasi pertandingan yang sangat dinamis.