Download terlengkap cara terbaikCara mengatasi pengunjung khusus hari libur seperti minggu

Solusi cara terbaik dan terlengkapKalau di hari libur seperti minggu maka pengunjung yang datang dari search engine google malah menurun. Tidak seperti hari aktif senin sampai kamis yang trafiknya selalu ramai. Apa penyebabnya kalau minggu blog sepi, SERP turun rangking pula.


Download aplikasi terbaruLihatlah menggunakan komputer, pc-desktop, laptop, maupun smartphone android. Saat ini ada 64 artikel Kategori Search Engine. Pemutakhiran versi update revisi ke : 110816.


MENGAPA : Jumlah pengunjung dari SERP Google menurun ketika hari libur.

Visitor blog web hari libur seperti minggu lebih sepi daripada di hari aktif senin sampai kamis, posisi di SERP dari search engine menurun.

Web . Pertanyaan . Turun . Pesan . Mengacak . Bukti . Tujuan . Traffic

Hari Minggu Libur Traffic TurunKalau hari libur seperti jika hari minggu malah sepi banget, bagi pemilik web pasti traffic turun sejadi-jadinya, kadang heran juga kok sepi sekali. Hingga memunculkan banyak pertanyaan terutama : apa sih yang dicari orang jika hari minggu? padahal jika melihat statistik yang menggunakan internet stabil dan cenderung naik setiap hari dengan banyak pengguna baru, tapi kok rutin setiap hari minggu khususnya pasti turun trafiknya? Apa mungkin sebab memang indek yang dicari banyak orang adalah hal berhubungan dengan liburan dan refreshing apa google lagi mengacak SERP? Yah memang belum tentu itu juga. Tapi bukti statistik memang seolah memberikan pesan dan bukti jika hari libur banyak perubahan terjadi di arena SERP google ini, Mungkin dekskripsi berikut akan memberikan kronologi dan inspirasi yang jelas mengenai bagaimana menggambarkan turunnya trafik di hari libur seperti minggu dan langkah yang harus diambil untuk mengembangkan blog/web agar mendapatkan ranking yang potensial di SERP dan permanen di hari apapun.

Setiap pemilik web pasti sebagian merasakan ini jika jumlah pengunjung dihari minggu pasti sepi turun drastis dan berbeda dengan hari-hari aktif biasanya, seperti senin sampai kamis traffic sedang tinggi dan semakin menaik. Tapi sebaliknya kadang ada blog/web yang jika di hari aktif trafiknya menurun, tapi apabila hari libur atau minggu malah naik. Mungkin sebab memang konten dan artikelnya banyak berhubungan dengan liburan dihari minggu. Apakah ada diantara pemilik blog yang merasakan penurunan traffic apabila sedang hari libur seperti hari minggu?

Pertanyaan ini sering muncul dan menyebabkan harus dianalisa, apa sebenarnya yang terjadi? padahal pengguna internet selalu meningkat tidak perduli dihari apa saja, entah itu pengguna lama maupun pengguna baru. Dari berbagai jenis analisa, dibalik hari minggu yang terlihat semua orang pada liburan, ternyata ada hal lain berhubungan dengan search engine google ini :

  • Pada hari libur seperti minggu yang jelas-jelas hari libur, berdasarkan analisa baik di google trends maupun webmaster tools google, dari gerak-gerik grafik dan indek pencarian serta top page yang muncul paling dominan, ternyata google merubah skema algoritma indexing. yang mana google ini seperti memberikan kesempatan pada blog/web baru untuk muncul di SERP secara mengejutkan, dan cenderung kadang artikelnya suka berbeda dengan inti sebuah pencarian, meskipun apabila algoritma semantiknya google masih tetap berlaku apapun algoritma yang diterapkan google saat itu.

Apa dan bagaimana algoritmanya memang hanya google yang mengetahuinya, Namun dari analisa dan bukti statistik yang ditunjukan selalu seperti itu blog/web yang biasanya bertrafik tinggi dan mendominasi SERP pasti banyak yang turun drastis traffic dihari libur, coba dicek dan cocokan saja, terutama pemilik web/blog entah itu untuk bisnis dan usaha maupuun sekedar ngeblog, terutama yang berumur lama dan biasa mendominasi SERP dihari aktif senin sampai kamis, cek saja pasti lebih banyak turun. Dan akan lebih kaget apabila artikel yang biasanya duduk dijajaran depan SERP google biasa dikalahkan dengan web/blog baru yang bahkan tidak dioptimalkan sekalipun. Hmm, benar-benar nih google bikin pusing juga apabila sudah mulai mengacak-ngacak SERP dengan berbagai matrik algoritmanya.

Namun dari analisa singkat berhubungan dengan search engine ini, ada sebuah pesan penting terutama pemilik blog/web yang sudah cukup umur dan biasanya memiliki traffic tinggi di hari aktif, kemudian menurun saat hari libur seperti minggu malah sepi banget, Yaitu :

  • Jangan buru-buru merubah dan mengotak-atik blog/web baik dari sisi theme, struktur maupun optimasinya. Tunggu saja, sebab nanti apabila hari aktif senin sampai kamis, google akan kembali menggunakan standar algoritmanya yang sudah lama dipahami prosedur dan aturannya dikalangan blogger maupun webmaster.

  • Bagi yang baru pertama kali mengalami hal ini terutama di hari libur seperti minggu pastinya, kadang akan panik, mengapa? Sudah mengikuti aturan search engine, sama sekali tidak melanggar prosedur search engine, artikel murni dan orisinal, fresh dan natural, tetap saja diberi rangking yang tidak potensial di SERP. Saran adalah jangan lekas panik! dan jangan buru-buru mengambil keputusan untuk melakukan perubahan dan pengoptimalan secara besar-besaran, sebab apa? nanti kalau sudah masuk di hari aktif senin sampai kamis idealnya, maka hasilnya bisa tambah fatal di SERP. Biarkan saja dulu, asalkan artikel masih ada di SERP google meskipun dengan rangking yang kurang potensial.

Mengapa google sering melakukan itu dan sering sekali mengacak SERP terutama pada hari libur seperti minggu dan bagaimana alasannya? berikut ada beberapa ulasan yang mungkin terjadikan wacana baru, meskipun tidak semua sebab google sifatnya dinamis dari waktu ke waktu, menggunakan optimasi dengan satu cara memang tidak tokcer dan harus di trial and error terus. Simak :

  • Pada hari libur seperti minggu biasanya google mengeluarkan embrio algoritma baru yang akan di terapkan di hari aktif kerja. Maka jangan heran kalau SERP menunjukan polaritas dan skema yang benar-benar sangat berbeda dengan biasanya.

  • Saat ini sudah banyak sekali CMS yang mudah digunakan, bahkan yang belum pernah membuat website sekalipun, dalam hitungan jam bahkan menit sudah bisa punya website yang elegan tanpa tau script pemrograman web sekalipun, tinggal install CMS ditambah install plugin SEO, jadilah semuanya tinggal diisi saja. Contoh paling nyata adalah milik wordpress yang mana menjadi CMS yang kaya fitur, terutama plugin-plugin SEO baik yang natural dan AGC.

  • Akibatnya banyak artikel dari situs-situs yang hanya mementingkan traffic bisa bertengger dijajaran depan SERP google, tanpa memperhatikan isi artikelnya cocok untuk manusia atau mesin. Dan google sekarang tahu akan hal ini hingga akhirnya merubah-rubah algoritma pengindekan kapan saja, hingga akhirnya SERP di acak-acak oleh google. Kalau memang blog/web melanggar aturan dari google maka tidak apa-apa kalau SERP dilempar jauh atau dihapus sekalian masuk sandbox, yang jadi masalah adalah kadang banyak blog/web yang sudah serius membuat konten dan artikel, serta semua sudah mengikuti aturan dan prosedur google menjadi kena getahnya karena google salah sasaran, kalau sudah begini sangat merugikan web/blog yang sudah dikerjakan sangat lama langsung hilang di SERP begitu saja.

  • Apa paling diharapkan google sebenarnya adalah SEO yang natural, supaya kompetisi rangking SERP itu bisa fair dan juga memberikan hal yang bermanfaat benar-benar untuk pengguna (Manusia) bukan mesin pencari. Natural yang dimaksud : Domain memiliki cukup umur untuk layak memiliki SERP dan traffic tinggi, Artikel fresh dan orisinal, dibangun dan dikerjakan dengan update yang natural (Butuh kesungguhan dan kejujuran), karena cms seperti wordpress memungkinkan pemilik blog/web memasukan artikel sebanyak-banyaknya kemudian menjadwalkannya, supaya seolah-olah seperti kegiatan yang natural, Pun demikian sejak algoritma google hummingbird diluncurkan google sudah mencium matrik ini dan sudah mulai menyematkan ke dalam algoritma barunya, terbukti selain algoritma google berbau semantik, juga semakin jenius mendekati perspektif pemahaman manusia, Mungkin inilah yang gencar sedang dikembangkan google untuk memenuhi kebutuhan pengguna internet.

Bukti kalau algoritma google sudah semakin canggih seperti yang dijelaskan diatas, Contoh : anda punya web/blog, belum genap berumur 1 tahun setelah diindex google, entah bagaimana dengan berbagai macam cara sendiri, terutama cara-cara yang jelas melanggar ketentuan dari search engine google, Belum genap berumur sekitar 5 bulan, Jumlah pengunjung yang didapatkan langsung fantastis bisa tembus diatas 500 pengunjung perhari atau bahkan malah ribuan, khusus visitor dari search engine ya. Maka sudah terpastikan itu hanya tinggal menunggu waktu saja, percaya tidak percaya masuk bulan berikutnya akan disabet google, dan traffic anjlok total. Itu masih mending dan resiko terbesar adalah di sandbox, berikut mungkin analisa singkatnya :

  • Mengapa google tahu akan hal itu karena saat google mulai mengindek halaman maupun web/blog maka saat itu juga google akan menggunakan tidak satu algoritma saja, dan itu akan diukur sekaligus dengan algoritma paling dikenal seperti google dance, panda, penguin, sandbox, top heavy, etc dan paling membawa perubahan besar adalah algoritma hummingbird yang identik dengan semiotik dan semantikanya yang canggih. Dari beberapa algoritma tersebut google akan menilai mana matrik nilai paling dominan dan seberapa trusted konten maupun artikel yang dibawakan sebuah blog/web, kalau dengan ukuran tersebut tercium nilai dan ukuran yang cenderung melanggar aturan yang direkomendasikan google maka SERP akan langsung diturunkan dan jika pelanggarannya fatal maka bisa langsung di sandbox. Maka dari itu : jika membuat dan mengembangkan blog, usahakan dengan niat dan orientasi yang positif dan penuh kesungguhan, sehingga hasilnya bisa layak nikmati dalam jangka panjang.

Apa paling penting menjadi tujuan uraian kali ini adalah bagi semua para blogger maupun webmaster terutama yang sudah mengenal CMS dengan berbagai kemudahannya diharapkan bisa lebih bersungguh-sungguh dalam mengembangkan blognya terutama menggunakan cara natural sesuai dengan rekomendasi mesin pencari google, karena jika semua menyadari ini maka isi sebuah blog/web akan lebih ditujukan pada manusia bukan sekedar untuk mesin untuk tujuan traffic semata. Selain itu dengan kesadaran tersebut, maka dunia internet dan bisnis online akan semakin terisi dengan persaingan yang fair dan sportif, Sehingga internet ini bisa benar-benar menjadi sumber pengetahuan yang aplikatif dan berguna sesuai dengan inspirasi yang didapat dari search engine google. Selain itu juga menginspirasi mereka yang mungkin masih baru di dunia blog/web supaya mencontoh senior-seniornya yang berjuang meraih hasil maksimal dengan cara yang temen-temenanan akhirnya tinemu.

Mendapatkan traffic visitor yang tinggi dan permanen serta meningkatkan branding web, memang tidak mudah : membutuhkan waktu lama dan cenderung optimasi SEO melelahkan saja, SEM yang penuh warna-warni persaingan, Tapi jika pada hari lubur seperti minggu tetap berusaha memperbaiki dan mengembangkan dengan cara natural serta produktif punuh naluri positif dan kesungguhan, Maka nanti akan diberi kesempatan liburan dengan warna lebih indah untuk perspektif dalam jangka panjang.

Sementara itu yang bisa disampaikan, semoga review kali ini memberikan inspirasi dan semangat yang positif untuk semuanya, selamat ngeblog dan mengembangkan webnya masing-masing, semoga di hari libur seperti minggu sekalipun bisa tetap fresh namun tetap produktif dengan cara yang fair dan sistematis. Terima kasih atas kunjungan, perhatian dan kepercayaannya sekalian. Salam sukses selalu dan sukses adalah hak anda.