Download terlengkap cara terbaikCara servis HP maupun Smartphone kena air

Solusi cara terbaik dan terlengkapCara servis HP kalau terkena air yg pertama harus cepat copot baterai terlebih dahulu sebelum bongkar-bongkar lainnya, sebab HP maupun smartphone sangat peka dg disfungsi tegangan apalagi kalau konslet kena air terlalu lama, kalau HP / smartphone kena air sudah terlalu lama tidak copot baterai, biasanya akan korosi & baterai kembung akibat hubung singkat, kalau sudah seperti ini tipis kemungkinannya HP bisa di servis hingga normal kembali.


Download aplikasi terbaruLihatlah menggunakan komputer, pc-desktop, laptop, maupun smartphone android. Saat ini ada 58 artikel Kategori Handphone. Pemutakhiran versi update revisi ke : 96255.


Tips . Proteksi . Prosedur . Download . Checksum . Kering . Perhatian

bila HP anda kena air maka jangan lekas panik. Ada beberapa cara yg bisa ditempuh sebagai upaya untuk menyelamatkan HP dari mati total. Hanya saja bila ingin servis hp kena air harus cepat & cekatan, mengingat air mengandung bahan korosif & kondusif, cepat sekali mengalirkan arus listrik. Hp kena air itu mudah sekali terjadi konslet tegangan, maka tindakan awal pencegahan matot bila hp kena air segera secepat mungkin copot baterai supaya tegangan berlebihan tidak menjalar kemana-mana akibat kena air apalagi bila air hujan itu keras sekali.

inilah yg dibahas kali ini mengenai cara servis hp maupun smartphone yg kena air :

  • Baik secara sengaja / tidak sengaja menjadi terendam, Bila itu hp sendiri mungkin tidak masalah, nah bila itu hp konsumen, mungkin bisa jadi masalah kan. Untuk menangani kasus hp kena air ini memang membutuhkan perhatian sangat khusus terutama pada komponen aktif seperti baterai, IC regulator. Hp bila tekena banyak air secara langsung biasanya ada yg langsung MaTot (Mati Toal), ada yg sekarat mati suri (Nuked), Ada juga menjadi blinking maupun white blink saja. Sedikit review saja mengenai sistem modul hp maupun smartphone, dg bahasan utama disini adalah pada mesin pcb serta power baterainya. sebenarnya, modul / mesin elektris tersebut sudah tertanam sistem proteksi tegangan (Vcc) dimana bila ada aliran daya tidak wajar baik berkurang / berlebih secara mendadak maka proteksi ini akan langsung memutus arus sehingga spontan hp langsung mati / off. Bagi yg belum paham prosedur cara kerja ic proteksi ini biasanya akan langsung gagap, beranggapan hp sudah tiada alias game over, padahal sebenarnya tidak demikan, sebab ada cara khusus servis hp kena air bisa dilakukan sendiri secara mandiri, Bila memperhatikan 3 tips ini secara seksama yakin menolong hp yg terkena maupun terendam air bahkan tanpa harus tahu metode checksum ic flash eprom yg rumit itu. Malah kalau melakukannya secara urut mengikuti tips khusus ini maka hp tidak hanya kering serta normal saja, tapi PCB hp akan lebih bersih & gagah sebab sudah dicuci menggunakan thinner impala.

Sistem proteksi vcc untuk self-power off switching yaitu kalau sistem di hp mengalami dinamisasi tegangan vcc tidak stabil / terjadi hubung singkat antar circuit integrated dalam kondisi tidak wajar seperti kena air , maka IC-Power / Chargingnya sebenarnya sudah memproteksi guna menghindari self-destructions, jadi sebenarnya komponen sirkit pada HP masih normal, Asalkan dg catatan BATERAI langsung dilepas pada kondisi kena air, Kenapa demikian? Microchip pada hp yg bertugas khusus menangani relay proteksi ini sebenanya membendung tegangan / instruksi berlebihan pada kondisi tersebut (SHOOT & basah sebab air) , Microchip sendiri berisi bahan germanium, silicon, konduktor yg konduktifitasnya sangat tinggi, apabila tegangan mengumpul dibendeng dalam waktu lama didalam microchip protector ini maka biasanya yg terjadi adalah : apabila baterainya yg kalah maka akan melendung / kembung, Tapi apabila cell baterainya masih bagus, kerusakan utama biasanya ada pada power-ic maupun ic-flash. Dimana kedua ic ini bisa dikatakan dominan paling vital diantara ic-aktif lainnya.

Dg sekelumit gambaran di atas tanpa terlalu rumit, Paling tidak akan memiliki gambaran mengenai tindakan apa saja yg harus dilakukan saat mengalami kondisi hp maupun smartphone misalnya, plus baterainya kena air, sebab meskipun ini teratasi dg cara servis hp pada tahap urutan yg benar / beberapa tips preventif & ringan, Namun gelaja kerusakannya & metode perbaikannya bisa beragam tergantung tingkat kerusakannya.

Berikut 3 tips ringan cara servis hp maupun smartphone yg kena air supaya bisa hidup kembali normal seperti sediakala :

  • 1. langkah pertama adalah segera secepatnya lepas baterai (sumber tegangan/catu daya) ini untuk meminimalisir kerusakan lebih fatal akibat hubung pendek terlalu lama dalam kondisi tidak wajar kena air, Semakin lama baterai menancap kerusakan akan semakin menjalar. (Do its gently!)
  • 2. Langkah kedua adalah melepaskan scrup untuk membuka casing, tulangan / rangka, frame. Hati-hati dalam mengulir scrup dalam kondisi basah kena air, Jangan menekan terlalu keras menggunakan obeng maupun pengungkit scrup, sebab gesekan terlalu keras mengeluarkan serbuk cair penyebab korosi. (Do its gently again!)
  • 3. langkah ketiga adalah fokuskan pada LCD, kenapa? komponen ini berisi filamen lunak sangat sensitif pada keadaan lembab sebab air, Namun rata-rata lcd sudah diberi isolator khusus untuk mengalirkan kelembabban, pun demikian, usahakan secepat mungkin copot lcdnya : sebab apabila sampai lcd kemasukan air pada filamennya, akan membiaskan cahaya gambar, apabila terlalu lama akan menimbulkan flek / dot-block berwarna hitam. apabila sudah demikian, LCD kecil kemungkinan diselamatkan apabila tidak lagi hoki-hoki benar.

Setelah melewati ketiga langkah diatas, berikutnya adalah metode dalam pengeringan hp kena air. Cara mengeringkan mesin hp maupun smartphone terdengar sederhana namun sebenarnya tidak terlalu simple sebab tetap ada prosedurnya.

Berikut 4 cara mengeringkan hingga kering seluruh komponen beserta rangka hp yg barusan kena air :

  • 1. Cuci / basuh dahulu mesin hp / pcb menggunakan thinner impala / cairan sekelasnya, tujuannya supaya lebih bersih & memisahkan air dari konduktifitas penyebab korosi/karat.
  • 2. Direkomendasikan menggunakan blower bagi pemilik / solder uap, / minimal pakai hair dryer maupun blow-dryer sekelasnya, Kalau menggunakan kipas angin biasa sebenarnya bisa, namun ini sifatnya spekulatif, karena suhu kipas angin tidak mendukung untuk mengeringkan secara cepat & sedikit mempengaruhi proses recovery konduktifitas jalur pada pcb. Gunakan blower dg suhu sekitar 50 - 65 derajat, jarak tiupan / semburan sekitar 10, 15, sampai 30 cm, Tergantung tekanan air flow blower yang digunakan. / gunakan perasaan, Kalau memiliki tekanan angin pendukung proses ini, lakukan sampai merata serta waktu secukupnya, Kalau dirasa cukup, hentikan. / bisa dg ukuran sekitar 5-menitan, Biasanya dg spek mekamisme blowing diatas, Mesin sudah kering recovered.
  • 3. Berikutnya adalah pada baterai, cara sederhana berikut mereocvery baterai terkontaminasi air hingga drop, meskipun nanti life-time baterai berkurang , Tapi paling tidak baterai nantinya masih bisa dipakai, Yaitu dengan cara mengeringkannya di atas sinar matahari terik, misalnya pada jam 12 siang, pada tempo +-1-2 jam asalkan jangan terlalu panas, karena kalau terlalu panas mengurangi polaritas cell baterai, malahan bisa drop sekalian, lakukan secukupnya saja, Tapi memang cara ini sudah banyak dicoba, baterai masih normal dipakai juga tercharge ulang.
  • 4. Setelah semua langkah proses di atas selesai secara baik & benar, Sekarang rakit kembali seluruh komponen yang sudah dibongkar tadi, pasang sesuai dudukan natnya masing-masing jangan sampai keliru, mekipun sederhana ini membutuhkan ketelitian. Baterai dipasang terakhir : kalau ragu coba cukup nyalakan dulu mesin + lcdnya, sebelum dirakit ulang, supaya lebih mantep.

kalau semua prosedur di atas sudah dijalankan semua secara baik & valid, memang hp/smartphone kena air tadi memang trouble maupun nuked hanya kena air, Maka setelah power on ditekan, biasanya hp akan menyala kembali normal, / minimal sudah bisa blinking ada tanda-tanda signal on. / kalau mau coba bisa direndam kedalam beras karena mengandung elektrostatis pendukung & menyerap kadar air serta mengurangi kelembaban , tapi jika bisa pakai cara prosedur teknis di atas dahulu sebelum menggunakan alternatif lainnya.

jika secara di atas masih saja belum nyala normal, maka diperlukan cek pembacaan log maupun checksum ic flash (first boot second-boot) , untuk melakukan ini membutuhkan dongle usb / smartcard khusus & juga pengetahuan tentang seni cara membaca checksum log hexadeximal, cara ini sama sekali tidak direkomendasikan untuk dicoba-coba jika belum paham benar, karena akan berakibat fatal dalam menentukan proses langkah perbaikan lebih lanjut. Jika 1th-boot 2th-boot ok, Maka langsung repair flash, jangan lupa untuk backup dulu super user area / uem / gdfs zone / eeprom / apa saja namanya yang kinerjanya identik menyimpan bootloader, backup semuanya sebelum repair fw (Firmware) program keseluruhannya.

Perhatian khusus : jika ragu untuk mencoba cara servis hp maupun smartphone yang kena air dengan langkah-langkah di atas :

  • Jangan melakukannya karena tidak untuk spekulasi & butuh akurasi serta tidak untuk coba-coba, ATAU bisa minta didampingi rekan, teman, sahabat maupun / siapa saja yang dianggap terpercaya / berpengalaman yang memang sudah memiliki jam terbang khusus & menekuni dunia repair hp, sehingga kelak ada pembimbing & pendamping dengan teknis akurat lebih preventif guna meminimalisir tingkat kerusakan lebih lanjut terutama akibat shoot kena air. (Use at about your own risk, So do its gently!)

Cara Servis Hp Semua Merk! -

Itulah beberapa teknik penting cara servis hp kena air jika dilakukan seteliti mungkin & seksama maka hp maupun smartphone yang kena air bisa hidup kembali, minimal tidak mati total, sehingga masih bisa di perbaiki. Jika sudah sampai matot gara-gara air, biasanya merembet mengenai komponen aktif. Jika sampai seperti itu servis hp bisa mahal karena banyak komponen hp yang kena air.

Info tambahan download : Khusus untuk yang serius berkenginan menekuni teknisi hp untuk belajar dari dasar cara servis hp semua merk tipe dengan basic elektronika analog digital serta service tools yang memadai. Namun belum memiliki waktu luang / karena lainnya untuk mengikuti pelatihan maupun kursus hp , silahkan unduh tutorial jika berkenan membutuhkan mencoba download program servis hp semua tipe merk . Gunakan email valid karena file paket download langsung terkirim ke email. Disediakan dalam versi trial (untuk yang ingin mencoba dahulu). Full versi completes - bagi yang sudah memahami fungsi manfaat keseluruhan serta spesifikasinya yang tercantum disertakan pada katalognya. (Optional Fleksibel)

Sementara hanya ini tips ringan cara servis hp kena air yang bisa diberikan, Semoga bisa bermanfaat positif aplikatif. Apa yang sudah dijelaskan di atas dengan gamblang adalah salah satu cara untuk belajar servis hp tanpa kursus siapapun bisa langsung praktek, asalkan tidak ragu-ragu (Baca peringatan khusus di atas jika masih ragu). semoga hp /smartphone bisa lebih awet tahan lama setelah melewati tahap diatas. Selamat mencoba.. bekerja beraktifitas. Salam..



3 Comment :

1

hendra baria
Gan mau nanya kalau hp jatuh ke laut masih bisa hidup lagi gak? terima kasih.
Kalau cuman bisa hidup bisa, Kalau mau kembali seperti semula juga bisa. Tapi ya itu tergantung : MCU + Power driver sudah terkena korosi belum? paling indikatornya itu dulu. Soalnya air laut termasuk keras dan cepat membikin korosi Komponen / PCB.

2

saichu
mau tanya gan hp saya zenvone selfie kena air laut dan saya garansikan di top center katanya kerusakanya sangat parah dan harus ganti semua komponen hp, padahal waktu terkena air sudah saya lepas batrai dan saya keringkan,KIRA2 KEJADIAN SEPERTI ITU HP MASIH BISA DI BENERIN Gak..
Tergantung hasil diagnosanya setelah dikeringkan, kerusakannya ada dibelahan mana, asalkan MCU dan IC Flash tidak kena dan masih kerja ketika di cek dengan flasher, maka hp zenvone selfie yg terkena air laut sekalipun masih bisa diperbaiki, meskipun nanti biaya perbaikan mahal terutama untuk penggantian LCD dan camera, tapi tidak semua komponen harus diganti mas, terima kasih atas kunjungannya.

3

Muhtamarhm
Kalau MCU sama power drivernya rusak gimana ? Apakah bisah di perbaiki
Bisa dengan mengganti IC MCU dan Driver Vcc,, itupun kalau IC Bga tersebut tidak di lem permanen oleh vendor ponselnya,,