Download terlengkap cara terbaikTingkat kecerdasan orang berdasarkan level kemampuan

Solusi cara terbaik dan terlengkapMereka orang yang cerdas sebab tingkat kamampuan intelektualnya diatas rata-rata yang dibuktikan dengan hasil karyanya.


Download aplikasi terbaruLihatlah menggunakan komputer, pc-desktop, laptop, maupun smartphone android. Saat ini ada 129 artikel Kategori Psikotes. Pemutakhiran versi update revisi ke : 111619.


Definisi . Sumber . Tingkat . Dasar . Cara . Materi

Orang cerdas itu seperti apa? dari mana sumber kecerdasan didapat?

Saat ini sesuai perkembangan jaman & teknologi semakin canggih & mutakhir muncul banyak orang cerdas sesuai bidang & keahliannya masing-masing. Namun sebenarnya apa sih definisi cerdas itu & kapan seseorang dikategorikan masuk pada tingkat kelas cerdas? Bagaimana cara mereka belajar darimana sumber mereka belajar & dg satu materi saja / harus dg bermacam-macam materi. Mereka cerdas apa memang dulunya memang dasar bakatnya cerdas apa bisa sebab diasah & belajar secara yg tekun & berkesinambungan. Apa yg dibahas kali ini adalah bagaimana sebenarnya level & tingkat kecerdasan itu : materi ini dibahas cukup deskriptif hingga contoh-contohnya, supaya lebih jelas & tidak ambigu dalam memahami kecerdasan itu sendiri & bagaimana nanti kecerdasan yg dimiliki misalnya bisa diaplikasikan pada bidang-bidang umum & khusus secara aplikatif. Silahkan simak selengkapnya disini.

Banyak orang yg cerdas namun dalam level tingkat tertentu, bagaimana ini dipahami?

Definisi & Pengertian Cerdas secara dewasa adalah suatu keterampilan & kemampuan unik serta futuristik dalam mendayagunakan otak untuk memaksimalkan kreativitas dalam mendefinisikan / menemukan sesuatu (inventions) yg tidak / jarang bisa dipikirkan oleh banyak orang. Seseorang yg cerdas sangat peka terhadap solusi & bisa memproyeksikan solusi yg ditemukannya secara real & aplikatif berbentuk yg mudah dipahami & dipakai banyak orang baik dalam jangka pendek & panjang.

Darimana sumber kecerdasan didapat?

  • Pintar / kepandaian didapatkan sebab proses belajar yg terus-menerus secara intensif hingga terbiasa & akhirnya menjadi pintar. Ini adalah awal yg utama, meskipun belajar pada awalnya adalah proses yg tidak mudah, namun bila tekun & intensif apalagi berani menempatkan ketekunan dg determinasi yg tinggi maka pengertian, pemahaman, & pengetahuan bahkan penemuan baru akan didapatkan juga dari hasil belajar dg tekun.

  • Kecerdasan didapat sebab kemampuan menggunakan kepintaran yg didapatkannya untuk memecahkan masalah dalam tempo cepat (Solving Problem), menemukan solusi dalam waktu lebih singkat (Invention), bisa menggunakan kemampuan solving problems & inventions untuk membuat sesuatu menjadi tepat guna (Creation), Mampu menggabungkan komponen tersebut untuk menghasilkan karya berbentuk yg aplikatif (Creator).

  • Kecerdasan memang berhubungan erat dg neuroscientific system, tapi kecerdasan juga merupakan ketekunan.

  • Orang yg pintar akan tekun belajar untuk menunjang berbagai potensi & kecerdasan yg ingin diraihnya. Begitupun juga sebaliknya.

  • Apakah orang cerdas harus berpendidikan tinggi? Memang apabila secara logika ya, semakin tinggi pendidikan maka pengetahuan semakin luas. Tapi sudah dijelaskan di atas : cerdas berhubungan dg ketekunan. Apapun pendidikan, apapun status sosial, Kalau benar-benar tekun dalam berbagai hal / hal lebih khusus dg bidang, maka akan cerdas, Begitupun sebaliknya.

Mereka orang yg cerdas sebab kemampuan & ada yg memang dilatih :

Level & Tingkat Kecerdasan :

  • 1. Cerdas sebab kemampuan analisa yg bagus baik dg landasan observasi ilmiah lebih dahulu ada bahkan bisa menemukan secara kreatif dg teorema lebih praktis. Mampu menemukan hubungan sebab akibat menggunakan pola aritmatik & perhitungan tepat, terkategorisasi secara kronologis.

  • 2. Cerdas sebab kemampuan komunikasi (Linguistik) yg bagus & efektif tepat pada orang tepat. Cepat mengenali karakter orang, bisa ber-empati secara cepat, bahkan dg orang yg belum pernah ketemu sekalipun.

  • 3. Cerdas sebab kemampuan dalam bekerja dg step yg kreatif. Mampu membaca suatu pola pekerjaan kemudian meringkasnya dg menemukan pola bekerja yg baru dengan mekanisme lebih cepat & praktis.

  • 4. Cerdas karena kemampuan dalam menemukan solusi pada tingkat yang kritis. Bahkan solusi ditemukan dengan sudut pandang yang sangat berbeda namun nyata hasilnya.

  • 5. Cerdas dalam memecahkan masalah kompleks bahkan pada situasi yang penuh dengan tekanan.

  • 6. Cerdas karena memiliki banyak / kaya akan ide yang briliant.

  • 7. Cerdas karena kemampuan mencipta sesuatu berbentuk aplikatif yang mudah dipahami & dipakai semakin banyak orang untuk mempermudah sesuatu. Kemampuan mencipta sesuatu disini bisa dalam konteks hard skill maupun softt skill. / bahkan perpaduan keduanya. Bisa menciptakan / benar-benar membuat produk & pasar baru merupakan kecerdasan mencipta. Tingkat kecerdasan ini memuat 6 kecerdasan di atas meskipun dalam kapasitas berbeda-beda. Siapapun, darimanapun, apapun status sosial, Jika sudah bisa membuat produk / hasil karya apapun yangbisa bahka diluar bidang keilmuan sekalipun, Jika hasil produktivitas & karya bisa meraih pasar terbesar & dipakai semakin banyak orang & tidak lekang dimakan jaman, maka semakin nyata pula brand sebagai orang yang cerdas.

Bill Gates dari Microsoft US & Bacharuddin Jusuf Habibie / B.J Habibie dari Indonesia, adalah contoh nyata tokoh yang sangat patut diteladani kreativitas & kecerdasannya, karena :

  • Mereka orang yang tekun & mau terus belajar, meskipun sudah diakui dunia sebagai brand orang cerdas.

  • Mereka orang yang cerdas dalam mencipta & memperkuat platform.

  • Mereka orang yang produktif dengan karya-karyanya.

  • Mereka orang yang kreatif dalam menempatkan karya-karyanya.

  • Mereka orang pemilik kesadaran spiritual yang tinggi.

Bagaimana membedakan level tingkat kecerdasan yang beragam?

Apa yang menjadi dasar & tanda bahwa kecerdasan ini bisa dikategorikan dalam berbagai tingkat & level?

  • Ada sebuah cerita & kisah nyata yang menarik : Ada orang yang kemampuan matematikanya sangat jago, bahkan sudah pada tingkat matematika & kalkulus kelas teknik bukan standar umum. Orang dengan intelegensi sangat khusus ini ditanya : Bisakah menemukan ide untuk membuat software berhubungan dengan komputasi numerik? Apa jawabannya? ada yang menjawab ya bisa & benar-benar bisa, & ada yang menjawab tidak bisa karena komputasi matematikanya tau banyak tapi bahasa pemrogramannya sulit dimengerti, padahal pemrograman lekat dengan aritmatik. Responden yang menjawab tidak bisa ini lebih banyak. Dan ini sekaligus membuktikan bahwa ternyata orang yang sudah dinilai sangat cerdas dibidangnya beragam gelar & title ternyata masih ada kategori & level tingkat kecerdasannya.

  • Mengapa demikian & jawabannya seperti itu : karena setiap orang memiliki keunikan & bakatnya sendiri-sendiri, tinggal bagaimana cara menempatkan diri dengan teknik adaptasi paling tepat, agar kreativitas terwujud dengan hasil paling maksimal. Setiap orang memiliki waktu & kesempatan berbeda-beda, maka dari itu kecerdasan lekat dengan ketekunan (ikhtiar) untuk mencapai waktu & kesempatan tepat untuk mencurahkan, mengkreasikan, mendayagunakan bakat & keahliannya & membuat inovasi layanan produk baru saat era revolusi industri 4.0 Kelak, yang nantinya secara futuristik bermanfaat nyata untuk dirinya sendiri setimpal dengan keahlian plus keterampilannya & berdayaguna untuk banyak orang secara proporsional & fariness.

Apakah kecerdasan bisa dilatih? bagaimana cara agar menjadi orang yang cerdas?

Cara mengasah & meningkatkan kecerdasan yaitu dengan belajar secara intensif & tekun pada hal-hal yang dibidangi / bahkan diluar bidangnya, serta berani menggunakan ide-ide baru dalam belajar & mengembangkan kemampuannya, namun tetap melandasakan sisi ilmiah & sains agar hasilnya realistis, rasional & tepat guna.

Sementara itu penyampaiannya, semoga materi mengenai level & tingkat kecerdasan ini membuka wawasan lebih baru mengenai kategori & tipikal kecerdasan, sehingga tidak ambigu dalam memberikan nilai khusus pada kecerdasan tertentu sehingga bisa tepat pada tempat & habitat bekerja tepat. Terima kasih atas kunjungan & kepercayaannya, selamat bekerja & beraktifitas semoga semakin kreatif & produktif.