Download terlengkap cara terbaik8 Penyebab Harga Suku Cadang Mobil Mahal

Solusi cara terbaik dan terlengkap8 Faktor yang menyebabkan harga suku cadang mobil yang mahal tapi semakin banyak dicari.


Download aplikasi terbaruLihatlah menggunakan komputer, pc-desktop, laptop, maupun smartphone android. Saat ini ada 30 artikel Kategori Otomotif. Pemutakhiran versi update revisi ke : 7819.


BAGAIMANA CARA SUPAYA SERVIS & SUKU CADANG MOBIL BISA MURAH ??

Kadang kita sebagai pengguna heran kan, kok harga suku cadang mobil mahal sekali? padahal bentuknya seperti itu saja. Belum lagi nanti jasa pasangnya, hasil akhirnya ongkos servis ditambah suku cadang yg diganti jadi lebih mahal lagi. Dengan kondisi tersebut maka tidak jarang pemilik mobil mengurungkan niatnya untuk servis mobil bila kerusakannya belum parah-parah benget, meskipun tindakan ini salah juga. Tapi memang faktor penyebab harga suku cadang mobil yg mahal ini, membuat pengguna mobil tetap pikir-pikir bila mau servis mobil sudah dikasih tau harga suku cadang & ongkos servisnya sudah mahal. Soalnya kita kan kebutuhan juga tidak hanya mobil saja, belum lagi biaya kebutuhan harian juga sudah mahal, untuk beli sayuran saja sekarang mahal kok, mau bagaimana lagi coba. Ini adalah bahan pertimbangan sekaligus wawasan, supaya kita yg hanya sebagai pengguna mobil tidak awam-awam banget lah dg suku cadang mobil ini.

Berikut 8 penyebab suku cadang mobil harganya mahal :

  • 1. Suku cadang terbuat dari material khusus. Khusus suku cadang mobil memang lebih banyak terbuat dari bahan tahan panas & benturan, karena material khusus ini biasanya suku cadang menjadi mahal. Apalagi bila letaknya sukar dijangkau & butuh keterampilan khusus, maka jasa pasang suku cadang pun menjadi mahal juga.
  • 2. Tidak semua bengkel menyediakan suku cadang tertentu. Ini juga termasuk penyebab utama bila suku cadang mobil menjadi mahal. Kelangkaan suku cadang tapi banyak yg membutuhkan, berimbas pada harga suku cadang yg mahal. Misalnya mobil-mobil generasi terbaru, biasanya suku cadang belum banyak diistribusikan ke dealer maupun bengkel yg tersebar disetiap daerah, apalagi bila suku cadang harus inden, pastinya butuh biaya lebih mahal, harus beli suku cadang juga ada ongkos kirim, belum lagi pemasangan suku cadang tersebut.
  • 3. Suku cadang tergolong komponen vital pada mobil. bila ada kendala dg mobil, maka cek saja kendalanya ada di bagian mana, kalau ternyata ada di bagian yg vital maka jelas suku cadang hargnya mahal. Misal di bagian : mesin, ac, power steering, knalpot, kaki-kaki mobil, & sejenisnya.
  • 4. Monopoli harga suku cadang di bengkel / dealer tertentu. suku cadang mobil kadang juga dimonopoli oleh mereka yg bermodal besar, secara memborong semua suku cadang yg banyak dibutuhkan secara terpusat, sehingga tidak didistribusikan ke dealer / bengkel lain yg kulakannya lebih kecil, sehingga pemilik suku cadang tersebut bebas memberikan harga tanpa ada persaingan dg penjual lainnya. Meskipun ini jarang terjadi saat ini, tapi masih ada kemungkinannya. kalau mau tahu harga suku cadang mobil bisa cek di lapak tokopedia misalnya itu disana banyak sekali suku cadang yg bisa dijadikan patokan harga.
  • 5. Suku cadang terletak di bagian yg riskan mekanis & panas. kalau suku cadang terletak di bagian yg rentan dg benturan mekanis, getaran & sering terpapar panas dalam waktu lama ketika mobil digunakan jalan, maka biasanya jenis suku cadang mobil tersebut menjadi mahal.
  • 6. Suku cadang termasuk komponen yang jarang diganti dalam waktu lama. Didalam mobil ada suku cadang yang memang dirancang sangat kuat & awet dalam waktu lama, suku cadang golongan ini biasanya harganya lebih mahal daripada suku cadang mobil yang rutin & sering diganti, misalnya saja : kampas rem akan jauh lebih murah ketimbang ganti pompa power steering, meskipun ukuran suku cadang tidak besar tapi harganya cukup merogoh kocek cukup mahal bisa ratusan ribu bahkan jutaan untuk barang sekecil itu.
  • 7. Membeli suku cadang tidak ke sumbernya langsung. Memang sangat sulit untuk kita kelas pengguna bisa dapat suku cadang langsung dari sumbernya dengan harga murah, karena memang mekanisme bisnisnya sperti itu. Kadang kita dapat kendala, waktunya mepet, harus segera di servis, mau cepat beres, akhirnya mau tidak mau ya beli suku cadang mobil yang harganya sudah mahal. Akibat distributor setelah terlalu banyak tangan.
  • 8. Suku cadang yang dibeli termasuk barang original bukan KW. kalau yang nomor 8 ini sudah jelas, kalau kita beli suku cadang mobil yang original jelas harganya mahal dibanding beli suku cadang yang KW asal bisa dipakai dulu. Karena suku cadang mobil kalau yang original biasanya bahan materialnya lebih kuat, & sudah lewat QC khusus di pabrik / vendornya langsung, sehingga biaya suku cadang lebih mahal. Lain lagi jika KW itu kan suku cadang yang penting jadi, bisa dipasang & harga murah, tanpa biaya QC khusus dipabriknya sana, untuk masalah keawetan ya tergantung cara pemakaiannya sehari-hari.

Mengingat suku cadang yang harganya mahal, maka sebaiknya kita para pengguna mobil bisa lebih hati-hati dalam berkendara. Tidak membawa mobil secara asal-asalan, mengingat resikonya jika ada suku cadang yang rusak itu makan biaya mahal. Selain itu meskipun kita tergolong pengguna tetap harus belajar tentang mekanik mesin mobil & sistem kelistrikan. Untuk jaga-jaga jika suatu saat ada masalah dengan mobil, sudah bisa menganalisa sendiri lebih dahulu sebagai langkah awal sebelum memutuskan pergi ke bengkel mobil. Sebab jika kita sebagai pengguna langsung ke bengkel & tahunya jadi saja, maka jelas akan dihantam dengan biaya mahal, entah apapun kerusakannya. Tapi jika kita ke bengkel sudah memberitahu teknisi misalnya : mas, jika ganti suku cadang karet boot power steering biaya sparepart sama jasanya berapa? itu biasanya bisa lebih terjangkau karena permintaan konsumen lebih jelas, & teknisi bisa langsung kerja tanpa analisa lagi, tinggal ganti & pasang sesuai permintaan konsumen. Sebab memang ilmu itu mahal harganya, apalagi untuk mobil yang harganya memang mahal.