Download terlengkap cara terbaikProduk dengan target pasar akurat menyebabkan usaha berkembang cepat

Solusi cara terbaik dan terlengkapJika target pasar akurat dengan jangkauan pasar yang luas disertai perencanaan dasar yang matang maka usaha akan berkembang lebih cepat. Begitu sebaliknya jika salah target pasar maka usaha tidak berkembang kedepannya. Berikut 5 penyebab usaha tidak berkembang secara berkesinambungan.


Download aplikasi terbaruLihatlah menggunakan komputer, pc-desktop, laptop, maupun smartphone android. Saat ini ada 64 artikel Kategori Internet Marketing. Pemutakhiran versi update revisi ke : 116764.


JANGAN TAKUT BISNIS KALAU USAHA MAU BERKEMBANG, JANGAN SAMPAI GIGIT JARI AKIBAT KETINGGALAN DARI KOMPETITOR!

Takut tidak mendapatkan pasar, adalah salah satu dari 5 faktor utama penyebab usaha apapun tidak berkembang, bahkan macet jalan ditempat.


1. Malas melakukan promosi.

  • Apapun usaha yg dijalankan maka promosi adalah kegiatan wajib. Karena promosi bisa meningkatkan konversi penjualan. bila promosi saja sudah malas, maka usaha tidak berkembang dalam waktu yg lama. bila promosi jangan malas keluar modal, jangan malas karena ribet harus bikin banner, apapun yg terkait. Promosi bisa dilakukan secara verbal, secara manual, maupun secara digital melalui medsos, blog, web maupun youtube. Semakin produk dari suatu usaha semakin dikenal maka usaha juga semakin berkembang akibat promosi yg gencar.

2. Jangkauan pasar yg sempit.

  • bila usaha di area A, dg konsumen terbanyak di area A juga, maka suatu saat konsumen di area A sudah beli produk semua, maka habis sudah pembelinya, akhirnya usaha tidak berkembang & akan kembali jalan pada waktu yg tidak ditentukan. Supaya usaha bisa menjangkau penjualan diseluruh daerah di indonesia, maka manfaatkan internet. Sekarang banyak sekali marketplace yg bisa dijadikan lapak digital untuk memperluas jangkauan pasar, entah itu produk fisik, produk digital, barang maupun jasa. Contohnya bisa buka lapak di tokopedia, shopee, lazada & lainnya. Lapak disana sudah paling praktis untuk mengonlinekan apapun usaha yg dijalankan. Nanti tinggal optimasi SEO pada lapak tersebut contohnya di tokopedia. Tinggal pajang produk di lapak tersebut, optimasi SEO tokopedia, maka proses penjualan terjadi tanpa harus terlibat ngurusi kiriman paket. Semua sudah ada yg mengurus. Yang paling penting, kalau sudah mulai dapat pembeli dari lapak tokopedia, maka jangkauan pasar usahanya jelas semakin luas. Marketplace apapun, sangat memungkinkan untuk usaha jual beli barang / jasa untuk siapapun kapanpun & dimanapun.

3. Tidak memahami margin pasar.

  • Margin pasar erat kaitannya dg target pasar, maka penyabab usaha bisa maju juga karena target pasar akurat. kalau produk mahal dijual pada anak kecil maka usaha tidak berkembang, itu contoh analoginya. Setelah menemukan target pasar akurat, barulah mencari tau area mana yg trafiknya paling tinggi untuk target pasar akurat tersebut. Setelah ketemu rancang & bangun sales letter yg bagus, menarik, & kaya akan manfaat untuk pembeli, dg harga bersaing.
4. Kualitas produk & harga yg kurang bersaing.
  • Memang kualitas produk sebanding dg harga, tapi realita pasar lebih menyukai harga murah dg fungsi yang sama meskipun beda kualitasnya. Usaha dalam kondisi pasar seperti ini kalau mau berkembang & tidak gagal, maka mau tidak mau harus merancang produk dg fungsi yang sama dengan produk mahal tapi kita bisa menjual dengan harga murah meskipun beda kualitas, sehingga kuantitas penjualannya tinggi. Nanti jika penjualan tipe produk tersebut kuantitasnya sudah tinggi, baru diselingi produk kualitas primer yang harganya lebih mahal. Istilahnya mekanisme ini bisa sambil riset pasar, daripada bertahan jual produk terlalu mahal di atas pasar malah usaha tidak berkembang, lebih baik merintis penjualan dari harga murah tapi usaha semakin berkembang kedepannya. Konsumen sebenarnya tidak membeli produk, tapi membeli apa yang mereka butuhkan. Jadi sediakan produk yang dibutuhkan konsumen dengan harga bersaing jika memang usaha dibidangnya mau berkembang lebih cepat.
5. Perencanaan yang tidak matang & manajemen yang tidak rapi.
  • Perencanaan yang dimaksud disini adalah desain & rancangan dari poin-1 sampai poin-4 diatas, itu sudah harus ada sejak awal sebelum terjun total ke pasar. Sehingga ukuran & targetnya sudah jelas. jika peta & jalannya sudah jelas, maka usaha lebih mudah berkembang karena tidak terlalu sulit untuk melakukan optimasi usaha jual beli produk barang maupun jasa tersebut. jika usaha tidak diawali dengan perencanaan yang matang, maka tidak ada peta untuk melakukan checklist setiap ada perkembangan, bahkan setiap ada kerugian maupun kegagalan. Checklist yang bagus & terkontrol adalah cermin usaha yang berkembang dengan manajemen yang rapi & mudah dipahami untuk pijakan menentukan strategi pemasaran dikemudian hari.