Langkah yang tepat sebelum mengerjakan soal psikotes adalah memahami terlebih dahulu tujuan diadakannya psikotes itu sendiri. Setelah belajar psikotes perhatikan jenis daripada soal psikotes yang akan dikerjakan. Apa termasuk : tes umum, tes kepribadian, tes angka maupun tes gambar. Untuk referensi lebih lengkap simak juga cara mengerjakan psikotes saat di ruang seleksi tes. Saat ini ada 77 artikel yang masuk dalam Kategori Psikotes. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif. Halaman ini bisa anda lihat dengan PC-Desktop maupun dengan Smartphone Android atau Mobile Version, Revisi ke : . Silahkan simak selengkapnya materi tentang Psikotes khususnya mengenai Langkah Yang Tepat Mengerjakan Tes Psikotes.

Cara mengerjakan soal psikotes dengan baik dan benar sat berada di ruang seleksi sesuai dengan Ragam bentuk soal dan tujuannya.

Cara mengerjakan psikotes! - Sebelum anda dikasih tahu cara mengerjakan soal psikotes. Sebaiknya anda belajar psikotes supaya paham tujuan didakannya psikotes. Sebab mengerjakan soal psikotes itu harus dengan cara seperti apa? tentu sesuai dengan jenis soal psikotes dan tujuannya : jangan anda ikut psikotes tanpa bekal apapun. Karena dijamin blank dan lebih spekulasi. Tes psikologi itu bukan lotre yang bisa dikerjakan dengan cara asal tebak-tebakan. Jadi kunci mutlak supaya anda sukses bisa mengerjakan soal psikotes adalah memahami jenis soal, bentuk dan pola soal, serta tujuan diadakannya psikotes itu sendiri.

Jadi begini cara mengerjakan soal psikotes saat benar-benar berada diruangan tes (PERHATIKAN dengan SEKSAMA) :

  • 1. Cara yang pertama : sudah pasti berdoa dahulu menurut agama dan kepercayaan anda masing-masing. Berusaha untuk mengkondisikan diri dengan tenang dan jangan mengkhawatirkan apapun. Usahakan seperti itu.

  • 2. Saat mendapatkan tes pembuka atau tes umum : biasanya berisi yang berhubungan dengan perkenalan. Mengisi biodata, keseharian, lingkungan pergaulan, tetangga dan sudara. Cara menerjakan soal psikotes ini :

Jika anda mendapatkan lembar form seperti ini, jangan buru-buru mengisinya! ingat! tunggu instruksi dari tester. Mengisi form seperti ini biasanya dianggap remeh karena terlalu mudah. Jangan beranggapan demikian. Karena kalau anda sampai mengisi lebih dahulu sebelum dapat instruksi. Karena kalau anda sampai salah mengerjakan bisa fatal meskipun ini seperti bukan tes. ANALOGI Contoh soal nomor-1 misalnya : disitu ada tulisan isian yang menyatakan "Siapa nama tetangga atau orang terdekat anda?" jangan langsung kemratak membabibuta tulis semua tetangga anda dan semua yang ada di dekat tempat tinggal anda. Padahal instruksi tester sebenarnya "Untuk soal pertama : cukup tuliskan 4 saja dan tinggi tidak lebih dari 168 CM!". Apa yang terjadi jika anda buru-buru mengerjakan soal? tanpa menunggu arahan dari tester? Fatal!. Anda menjawab dengan benar itu pasti! kan yang tau tetangga anda adalah anda sendiri to? Tapi anda dianggap ceroboh karena menuliskan semua nama tetangga anda. Betul? Ya 100%!. Bagaimana jika ternyata bidang pekerjaan yang anda lamar itu posisi jobnya membutuhkan ketelitian. Padahal anda sudah ceroboh diawal-awal. Lantas apa anda lolos dan diterima kerja? Tentu jika anda tidak menyadari hal ini akan bingung dan pusing. Tes tahap pertama saja sudah amblas!. Maka dari itu : Jangan gegabah mengerjakan soal psikotes, sekalipun anda tahu betul jawabannya. Tapi belum mendapatkan arahan dari tester. Karena bisa-bisa jawaban anda benar menurut anda tapi tidak tepat menurut tester. Baru tahap awal saja sudah bisa Gatot! alias gagal total dan menyesal!.

  • 3. Saat mendapatkan soal berbau tes angka aritmatika apapun bentuk psikotes dan ragam jenisnya. Cara mengerjakannya : Perhatikan lembar soal dan perhatikan instruksi soal. Setelah itu coba anda tunggu, apa ada instruksi lanjutan dari tester. Kalau memang tidak ada, maka biasanya tester hanya akan bertanya "Apa ada yg ingin ditanyakan atau kurang jelas?" jika tidak ada silahkan kerjakan sesuai instruksi soal.

Notes : Biasanya yg paling harus mendapatkan perhatian adalah saat anda mendapatkan tes angka seperti : seri bilangan aritmatika, deret bilangan geometri, tes pauli kraepelin dan koran, papikostik, dan tes angka hilang. Biasanya instruksi mengerjakan soal tes jenis menggunakan teknik instruksi soal jalur ganda alias jebakan instruksi tes. Dalam artian : Instruksi yg ada di soal tes kadang bisa bersebrangan dengan yang diminta oleh tester, anda harus teliti betul terutama dalam memperhatikan arahan tester. Anda harus cepat berpikir untuk memaknai arahan instruksi tester baik secara semantik dan semiotik dengan tepat!. Salah memaknai instruksi tester, maka jawaban anda bisa salah semua karena tidak tepat dengan yang diminta tester.

  • 4. Saat mendapatkan berbau tes kepribadian : Kuncinya cukup anda jawab dengan jujur sesuai dengan kondisi anda. Dan jangan mudah TERPANCING!. Jangan melebihkan atau berlebihan juga jangan mengurangi. Sesuaikan saja seadanya dan pas dengan aspek kepribadian yg anda miliki. Apalagi kalau tes kepribadian ini dalam bentuk interview kerja selain MAPP test. Itulah kunci khusus cara mengerjakan soal psikotes berbau kepribadian atau Personality Test!.

  • 5. Saat mendapatkan soal psikotes tes gambar : cara mengerjakan soal psikotes ini perhatikanlah dengan baik konsep berikut :

Apapun gambar yang diminta, entah itu berhubungan dengan perusahaan yang anda lamar maupun tidak. Inti cara mengerjakannya :

Sesuaikan dengan kemampuan anda itu cara yang pertama, kalau memang tidak mahir membuat lukisan atau gambar ya seadanya saja. Mengapa? Gambar yang dibuat-buat seolah-olah anda pandai menggambar akan menghasilkan garis dan coretan berulang-ulang, dan ini tidak baik jika dilihat dari kacamata psikogram.

Buatlah gambar dengan garis yang tegas dan sekali jadi, tapi tetap bisa memvisualkan dengan jelas dan detail gambar yang diminta. Terutama gambar yang memiliki dimensi keruangan, bukan gambar vektor.

Gambar yang bagus seperti apa? Gambar yang dihasilkan dengan coretan dan garis sekali jadi, lebih tegas, lebih detail tapi sanggup mempersepsikan objek gambar yang diminta secara utuh dan jelas. Mengandung maksud : gambar tidak harus sebagus lukisan pelukis, karena ini bukan penilaian seni lukis.

Jika anda ingin lihat contoh soal psikotes lain lengkap dengan gambar silahkan masuk ke halaman tersebut. Pada halaman itu anda juga bisa melihat tes yg tidak kalah penting dan dominan digunakan saat tes psikologi atau asessmen psikotes seperti : tes berbau aritmatika pauli dan kraepelin, tes ketelitian untuk seri huruf dan tes angka hilang, tes seri bilangan dan memori test. Anda juga bisa download semua jenis tes tersebut sudah dalam bentuk software psikotes untuk PC anda.

Sementara itu tips mengenai cara mengerjakan soal tes psikotes dengan baik dan benar yang bisa disampaikan. Simak juga cara mengerjakan psikotes saat di ruang seleksi tes. Kalau anda benar-benar teliti menyimak artikel maka dijamin anda tidak kesulitan mengerjakan soal psikotes. Karena sudah diringkas paling padat dan realistis. Untuk membuktikan hasilnya, silahkan langsung praktekkan. Kalau anda memang pemula dan pendatang baru dalam dunia perpsikotesan. Silahkan langsung download software psikotes untuk bekal anda belajar pada halaman tersebut dibagian bawah. Dengan software psikotes ini latihan anda lebih praktis dan realistis. Karena dilengkapi dengan timer/stopwatch dan hasil latihan langsung muncul dalam bentuk score dan grafik. Terima kasih sebelumnya atas kunjungan dan kepercayaan anda.


Tag : Terimakasih sudah menyimak posting tentang Cara mengerjakan tes psikotes semoga bermanfaat positif, inspiratif dan lebih aplikatif kedepannya. Karena memang referensi edukatif ini jika dijelaskan lebih detail dan spesifik secara ilmiah akan sangat panjang. Jika ada fasilitas download silahkan lihat di pojok kanan atas. Artikel dengan kategori Psikotes ini merupakan sub dari Test Psychotest 02. Selamat beraktifitas dan semoga berhasil sukses untuk anda!.




Comment

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
1 dan 3=?

 
  

Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh, dengan syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa di subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik dan prosedur tidak akan direspon dan comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik materi mengenai langkah yang tepat mengerjakan tes psikotes.

 
 

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel mengenai langkah yang tepat mengerjakan tes psikotes :

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
   Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
1 dan 3=?
 
  
   
 
 

Post Visitor

  
Nama
E-Mail
  
Pesan / Konsul / Pertanyaan
Nama rekan anda
E-Mail rekan anda
Hasil perkalian
1 dan 3=?
 

Jika anda memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat yang anda percaya dan juga membutuhkan informasi artikel khusus tentang Psikotes ini maka, anda boleh mengirimkan info ini menggunakan email yang valid. Gunakan post visitor ini sebaik mungkin, silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar serta berhubungan dengan materi topik mengenai langkah yang tepat mengerjakan tes psikotes.

 
 

Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access

-