Kalau mata anda terasa berat maka pastikan bagaimana faktor penyebab utamanya terutama kalau yg sering bekerja didepan komputer karena efek radiasi monitor. Jika memang demikian maka dianjurkan anda menggunakan layar LCD karena perbandingan dengan monitor CRT radiasinya lebih rendah dan sejuk di mata serta tidak cepat berat. Tindakan ini adalah solusi preventif sebelum anda menggunakan obat tetes mata misalnya. Kalau hingga berhari-hari mata masih tegang disarankan ke dokter langganan dan kepercayaan anda supaya mendapatkan diagnosa lebih pasti terlebih dahulu. Saat ini ada 32 artikel yang masuk dalam Kategori Kesehatan. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif. Halaman ini bisa anda lihat dengan PC-Desktop maupun dengan Smartphone Android atau Mobile Version, Revisi ke : . Silahkan simak selengkapnya materi tentang Kesehatan khususnya mengenai Bagaimana kalau mata terasa berat.

Cara mengatasi mata tegang karena efek radiasi peripheral komputer dengan solusi yang natural maupun menggunakan obat yang tepat sesuai metabolisme tubuh tanpa efek samping.

Faktor . Efek . Perbandingan . Solusi . Tindakan . Obat

Mengatasi Mata Tegang (Eye Strain)Saat ini hampir semua profesi maupun pekerjaan menggunakan komputer sebagai solusi digitalisasi manajemen dan bisnis proses yang mana intinya hampir disemua segmen core bisnis dunia kerja. Sebenarnya faktor paling utama yang menyebabkan mata tegang (Eye Strain) karena penggunaan komputer adalah kondisi fisik tubuh yang kurang fit dan metabolisme tubuh yang lama beradaptasi dengan radiasi sinar maupun gelombang elektromagnetik perangkat elektronik terutama monitor PC. Selain itu tindakan yang perlu dikurangi adalah jangan memaksakan diri jika sudah merasa lelah, tapi kalau sudah kuat dan lihai beradaptasi dengan radiasinya ya fleksibel tidak apa-apa. Solusi untuk mengatasi mata tegang akibat efek radiasi ini ada dua cara yaitu yang alami (Natural) dan menggunakan obat yg tepat. Tinggal lihat perbandingan keduanya itu yang mana paling dominan bisa mengatasi ketegangan mata anda.

Faktor yang menyebabkan mata tegang berikut ini adalah yang cukup dominan memicu mata tegang :

  • Kondisi fisik tubuh yang kurang fit.

  • Metabolisme tubuh yang lama atau kurang responsif beradaptasi dengan radiasi sinar dan gelombang elektromagnetik terutama peripheral komputer.

  • Terlalu memaksakan diri walapun sudah merasa capek dan lelah hingga akhirnya stamina menurun.

  • Terlalu lama menatap tampilan yang sama dan kurang variatif.

  • Fokus namun dalam kondisi yang tegang akibat otak merespon banyak hal secara simultan.

  • Kurang asupan makanan yg mengandung vitamin A.

  • Ruangan tempat bekerja yang cenderung kurang oksigen atau fentilasi udara yg kurang seimbang.

  • Situasi ruangan bekerja yang kurang kondusif.

Efek mata tegang akibat menatap tampilan layar monitor yang sama :

  • Faktor yang satu ini bisa dibilang bisa menjadi pemicu yang dominan namun memang jarang diperhatikan karena jika mata sedang menatap layar monitor dengan tampilan yang sama dalam waktu lama akan mengakibatkan kurang lancarnya peredaran darah disekitar bagian mata dan akhirnya mata menjadi tegang. Jika sedang bekerja didepan komputer dalam waktu lama usahakan terserah bagaimana cara anda, untuk bisa lebih variatif menggunakan tampilan yang berbeda-beda meskipun tidak mengesampingkan inti yang anda kerjakan. Bisa dengan mengganti wallpaper, theme, background yang positif dan berbau alami karena nuansa inipun bisa mengurangi ketegangan mata di depan komputer. Karena dengan cara ini pupil dan kornea mata akan aktif berkontraksi dengan radiasi yang berbeda-beda, sehingga aliran darah menjadi lancar. Dengan lancarnya aliran darah disekitar mata maka akan meminimalisir bahkan menghilangkan ketegangan mata anda.

Perbandingan penggunaan LCD dengan Monitor CRT dan efek terhadap mata dalam jangka panjang :

  • Hal yang satu ini adalah yang langsung berhubungan dengan mata yaitu monitor, dari berbagai perbandingan terutama dari sisi radiasinya, Monitor LCD lebih baik untuk menjaga kesehatan dan ketegangan mata dalam jangka panjang dibandingkan dengan monitor CRT. Meskipun pada kenyataannya kekuatan monitor CRT untuk digunakan terus-menerus dalam tempo lama lebih powerfull daripada LCD. Tapi radiasi LCD memang lebih stabil serta bagus dan lembut untuk menjaga ketegangan mata anda. Karena monitor CRT pada saat digunakan sebenarnya dia Filcker atau berkedip-kedip dengan gelombang radiasi yg berbeda-beda, dan bagi kebanyakan orang yang metabolisme tubuhnya lama dan cenderung sulit sekali beradaptasi dengan radiasi sinar maupun gelombang elektromagnetik ini akan cepat merasakan lelah dan timbul banyak hal yg berhubungan dengan vitalitas dan stamina tubuh anda. Maka dari itu saran kalau anda berkenan gunakan LCD yg low radiations.

Berikut ini ada beberapasolusi untuk mengatasi mata tegang dan bisa disesuaikan dengan kondisi anda :

  • Pastikan kondisi tubuh anda dalam stamina yang fit. Cukup makan dan minum, terutama air putih diperbanyak porsinya. Karena secara ilmiah air putih ini melarutkan oksigen, Sedangkan oksigen sangat dibutuhkan tubuh, Karena tubuh kita lebih di dominasi unsur air. Kalau kandungannya secara alami dan natural jauh lebih kompleks dari yang kita kira.

  • Saat anda mulai bekerja di depan komputer dan mulai berpikir mengalirkan ide yang anda ciptakan maupun mengerjakan justifikasi pekerjaan anda, Maka perhatikan anda rasakan : Jika mata anda cepat terasa tegang, cepat merasakan pening, punggung terasa pegal, leher terasa kaku, merasakan tubuh terasa ringan maksudnya seperti rasa melayang yang tidak nge-grip ke gravitasi bumi, Itu adalah sebagian tanda kalau stamina tubuh anda kurang fit dan bahkan karena sulitnya metabolisme tubuh anda beradaptasi dengan radiasi sinar dan gelombang elektromagnetik alias tidak atau kurang cocok. Jika ini terjadi maka sebaiknya jangan terlalu lama di depan komputer. Caranya : Buat konsep pekerjaan anda secara manual dulu, jangan membuat konsep dan berpikir lama sambil menatap layar terlalu lama, kalau konsep pekerjaan anda sudah fix, baru tuangkan pekerjaan ke komputer, ini akan mengurangi waktu anda didepan komputer Tanpa mengurangi esensitas pekerjaan anda yg berhubungan dengan komputer. Lain halnya jika anda memiliki daya adaptasi metabolisme sangat cepat maka itu lain lagi ceritanya. Ini yang general untuk banyak pengguna.

  • Jika sudah merasa capek dan kondisi tubuh rasanya sudah tidak enak, maka jangan paksakan mengerjakan pekerjaan anda didepan komputer, Sebab kadang kalau beban kerjaan numpuk atau bahkan saat ide lagi deras-derasnya mengalir maka pasti siapapun anda sangat ingin dan ingin sekali cepat selesai, Tapi poin yang kedua diatas juga bisa menjadi solusi mengurangi waktu anda didepan komputer tetapi tidak mengurangi kapasitas total hasil pekerjaan didepan komputer, anda pasti paham maksudnya. Lakukan ini secara fleksibel sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan anda.

  • Gunakan tampilan yang variatif pada layar komputer anda, anda bisa menganti-ganti background, theme, warna, yg nuansanya posistif dan natural, karena sebenarnya kombinasi pixel dan dot per inch setiap tampilan dan warna menghasilkan perbedaan dan perbandingan radiasi, dan ini akan membuat mata anda aktif berkontraksi dengan harapan supaya peredaran darah menjadi lancar.

  • Semua pekerjaan yang dilakukan didepan komputer selalu membutuhkan fokus lebih tinggi dibanding pekerjaan lainnya, baik dari sisi cara berpikir maupun pola pikir saat menyelesaikan pekerjaan. Usahakan untuk selalu fokus tapi tidak tegang itu intinya. Arti dan maksudnya : berusahalah fokus pada objek yg anda kerjakan tanpa ada hal lain yang masuk dan memaksakan otak anda merespon hal sebenarnya tidak berhubungan dengan apa yang anda kerjakan. Jika itu terjadi pada anda cobalah untuk meminimalisir hal itu dengan cara sebaik mungkin. Solusi mata tegang (Solve Eye Strain) ini jarang diperhatikan : namun sebenarnya otak yang dipaksa merespon banyak hal diluar kemampuan anda dan cenderung menurangi fokus pada apa yang menjadi orientasi pekerjaan anda maka akan sangat menguras energi dalam tempo cepat, akibatnya tubuh menjadi cepat lelah dan stamina cepat menurun hingga akhirnya berefek pada ketegangan mata.

  • Tambahkan makanan sehari-hari anda dengan yang banyak mengandung unsur vitamin A. Karena sari-sari makanan yang mengandung vitamin A ini akan membantu penyegaran sel-sel tubuh anda dan membantu perkembangan serta adaptasi sel terutama untuk mata supaya lebih kuat dan tidak cepat tegang.

  • Pastikan ruangan anda memuat banyak oksigen. Ruangan yang banyak oksigen tidak harus dikebut dengan angin kencang dengan kipas angin atau ac khusus, tapi tata letak ruangan yang ergonomis dengan fnetilasi udara yang cukup untuk sirkulasi udara dari CPU komputer, karena udara ini adalah udara yang diputar-putar dengan tujuan supaya dingin bukan menghasilkan unsur oksigen yang mencukupi. Namun jika tidak sepenuhnya bisa menyediakan atau menjadikan ruangan dengan standar ergonomis, maka coba saja sekali tempo keluar ruangan dan cari sinar matahari dibawah atau diantara pohon atau tumbuhan yang rindang, tapi bukan dijalanan atau dijalan raya yg terlalu banyak debu. Ingat yg anda butuhkan adalah oksigen dan radiasi yang cukup. Untuk tahu hubungan ini secara ilmiah dan natural, boleh anda tanyakan ke dokter ahli yang paling anda percaya bisa menjelaskan kronologisnya, supaya semakin realistis salah satu solusi mata tegang ini. Tapi ingat juga kalau sudah merasa segar dan lebih nyaman dengan oksigen dibawah tumbuhan rindang atau pohon besar maka usahakan pikirannya yang positif ya.

  • Usahakan saat anda bekerja didepan komputer dalam situasi ruangan yang kondusif. Maksudnya adalah ruangan yang berisi sirkulasi udara yg cukup, berisi orang-orang yang bekerja dengan visi dan misi positif sepemikiran, banyak orang didalamnya namun tidak terlalu menimbulkan bising atau gaduh, karena sesuai dengan penjelasan sebelumnya, jika otak anda dipaksa merespon dan menerjemahkan hal yang sebenarnya tidak anda butuhkan maka biasanya otak jadi lebih lama diajak kompromi, jika otak sedang bekerja secara simultan merespon banyak hal maka bagi kebanyakan orang, otak akan susah diajak kompromi mengendalikan organ yg sedang difokuskan dalam hal ini mata bisa kaku dan tegang. Untuk yg satu ini sesuaikan dengan kapasitas pemahaman anda karena sifatnya dinamis.

Tindakan preventif supaya mata tegang tidak terulang lagi selain dengan solusi yang sudah dijelaskan diatas adalah dengan menambahkan porsi minum air putih setiap harinya, jika biasanya 8 sampai 9 gelas sehari maka tambahkan lebih dari itu, tidak masalah jika anda sementara waktu harus bolak-balik ke belakang. Karena air putih ini secara preventif bisa mengurangi bahkan menetralisir efek negatif gelombang elektromagnetis elektron yang berlebihan, terutama dari perangkat atau peripheral elektronika digital seperti komputer dan layar lcd, yang memiliki tegangan kecil namun dengan daya (Ampere) tinggi yang menghasilkan induksi besar terutama jika tatanan kabel diruangan anda banyak yang menumpuk dan memuat lingkaran spiral yang tidak teratur. Cara ini bisa digunakan dalam perspektif futuristik. Pun ini fleksibel, jika paham silahkan coba, namun jika belum paham gunakan cara yang anda pahami dan cocok dengan kapasitas dan kondisi tubuh anda. Atau bisa memilih beberapa cara yg telah dijelaskan diatas.
Alat dan obat untuk mengatasi ketegangan dan yg berhubungan dengan mata saat ini sudah banyak dan semakin modern, anda bisa mengkonsumsi obat yang sifatnya alami dan natural, atau bisa dengan obat yang mengandung bahan kimia khusus yang bisa mempercepat proses recovery ketegangan mata. Selain obat juga ada alat yang bisa digunakan untuk melatih dan stretching mata agar pupil dan kornea mata bisa terkait dan bekerja secara seimbang. Namun jika anda mengambil keputusan untuk menggunakan obat ataupun alat terapi mata, sebaiknya minta rujukan dan diagnosa dahulu ke dokter ahli langganan anda atau yang paling anda percaya, Supaya alat atau obat terapi mata yang direferensikan dan anda gunakan nanti tepat dengan kondisi mata anda.
Sementara itu dahulu yg bisa disampaikan, semoga review yang intinya berisi cara mengatasi mata tegang (Eye Strain) ini bisa diambil solusi inti sarinya dan bisa diterapkan sesuai dengan kondisi metabolisme tubuh anda. Terima kasih atas kunjungan, perhatian dan kepercayaannya. Selamat berkarya dan beraktifitas.

Tag : Terimakasih sudah menyimak posting tentang Cara Mengatasi Mata Tegang Solve Eye Strain semoga bermanfaat positif, inspiratif dan lebih aplikatif kedepannya. Karena memang referensi edukatif ini jika dijelaskan lebih detail dan spesifik secara ilmiah akan sangat panjang. Jika ada fasilitas download silahkan lihat di pojok kanan atas. Artikel dengan kategori Kesehatan ini merupakan sub dari Solve Eye Strain. Selamat beraktifitas dan semoga berhasil sukses untuk anda!.


Kalau mata anda terasa berat maka pastikan bagaimana faktor penyebab utamanya terutama kalau yg sering bekerja didepan komputer karena efek radiasi monitor. Supaya lebih realistis bisa lihat youtube video channel yang berisi seputar Kesehatan maupun semua hal yang bisa memotivasi, menginspirasi ke arah positif dan aplikatif. Khususnya yang berhubungan dengan sepak bola. Cara melakukan juggling dengan benar, latihan fisik kelincahan dan keseimbangan. Karena olahraga ini tidak hanya sebagai cara untuk menurunkan berat badan dan lemak saja, tidak hanya membutuhkan kekuatan tenaga saja, tapi membutuhkan konsentrasi dan fokus yg khusus bisa meningkatkan keterampilan kerja yang berbau intelektual. Buka dan lihat saja di My Youtube HD Video Kesehatan selengkap-lengkapnya. Silahkan cari pasti ada, khususnya yg berhubungan dengan Bagaimana kalau mata terasa berat.



Comment

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
6 dan 6=?

 
  

Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh, dengan syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa di subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik dan prosedur tidak akan direspon dan comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik materi mengenai bagaimana kalau mata terasa berat.

 
 

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel mengenai bagaimana kalau mata terasa berat :

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
   Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
6 dan 6=?
 
  
   
 
 

Post Visitor

  
Nama
E-Mail
  
Pesan / Konsul / Pertanyaan
Nama rekan anda
E-Mail rekan anda
Hasil perkalian
6 dan 6=?
 

Jika anda memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat yang anda percaya dan juga membutuhkan informasi artikel khusus tentang Kesehatan ini maka, anda boleh mengirimkan info ini menggunakan email yang valid. Gunakan post visitor ini sebaik mungkin, silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar serta berhubungan dengan materi topik mengenai bagaimana kalau mata terasa berat.

 
 

Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access

-