Fungsi dari baterai cmos pada komputer meskipun setiap motherboard memiliki karakteristik tersendiri adalah menyimpan konfigurasi BIOS. Sebagai acuan dasar sebelum masuk ke OS desktop. Serta menghindari terjadinya CMOS Checksum Error. Reset bios anda perlukan hanya jika pada kondisi tertentu saja saat membutuhkan kondisi default untuk menyesuaikan perangkat baru misalnya. Pilih baterai dengan voltage dan arus yg tepat dengan spek motherboard anda. Karena penggunaan baterai cmos ini selain memiliki manfaat utama juga ada dampak terutama jika terjadi arus dan tegangan berlebih. Simak selengkapnya, semoga referensi yang singkat dan sederhana ini bisa menambah wawasan positif dan aplikatif untuk anda. Saat ini ada 58 artikel yang masuk dalam Kategori Komputer. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif. Halaman ini bisa anda lihat dengan PC-Desktop maupun dengan Smartphone Android atau Mobile Version, Revisi ke : . Silahkan simak selengkapnya materi tentang Komputer khususnya mengenai Fungsi Dari Baterai CMOS Pada Komputer.

Cara me-reset konfigurasi BIOS baik untuk Notebook, Laptop maupun PC untuk menggunakan pengaturan standar sesuai type bios dan motherboard.

Setiap motherboard memliki karakteristik tersendiri dalam mengatur semua unit dan komponen yang tertanam didalamnya, terutama dalam mengtur IRQ maupun I/O setiap komponennya, cara reset konfigurasi bios pada setiap perangkat berbasis microprocessor seperti pada laptop, notebook, maupun PC itu sendiri sebenarnya konsepnya sama, hanya saja cara memperlakukannya berbeda-beda, ada yang jumpernya ditanam dalam motherboard ada juga yang tidak menggunakan jumper, Untuk motherboard pada pc desktop sendiri, rata-rata jumper cmos ini terletak pada motherboard dan biasanya sudah disertakan little guide pada setiap pin yang ada didalamnya dengan label reset cmos. Untuk melakukan reset ini sebaiknya PC maupun notebook dalam kondisi OFF tidak tersambung dalam sumber tegangan, lakukan dengan sangat hati-hati. Karena jika melakukan reset ini tidak dengan teliti maka bisa merusak cell cmos itu sendiri, jika cell cmos rusak maka setelah reset cmos tidak bisa menyimpan konfigurasi bios anda yang baru, indikasinya jika motherboard sudah menggunakan batterai baru, namun setelah pc dimatikan, maka saat akan dinyalakan maka akan ada pesan "cmos checksum error" yang berarti PC tidak bisa booting secara langsung dengan konfigurasi sebelumnya, dan biasanya akan menggunakan standar konfigurasi pabrikan motherboardnya, karena konfigurasi asli dari bios tertanam tidak didalam cmos, tapi sudah terprosedur didalam ic bios pc itu sendiri. Prosedur ini dijalankan jika cmos mengalami gangguan seperti rom cmos error atau istilah umumnya cell cmos trouble.

Reset bios anda perlukan hanya jika :

  • 1. Anda memasang komponen maupun peripheral baru yang tidak PnP (plug and Play) dan tidak terdeteksi OS maka reset maupun menggunakan settingan bios baru diperlukan agar OS dapat mengenali karakteristik komponen melalui IRQ-nya.

  • 2. Anda memasang storage berkapasitas besar melebihi standar bios pada motherboard, contohnya HDD, blue ray drive, karena setiap motherboard memiliki versi bios yang dibatasi fiturnya dalam mengenali komponen-komponen keluaran terbaru, Maka anda memerlukan reset untuk mendeteksi kondisi paling tepat dari hdd agar mudah dikenali motherboard baik SATA, PATA, IDE. Atau jika dengan setting tidak mempan, maka anda memerlukan flash bios mengisi program ic bios dengan fw keluaran terbaru dari vendornya, untuk melakukan flash bios harus lebih hati-hati lagi karena jika belum paham atau memiliki jam terbang khusus atau belum pernah sama sekali flashing bios maka jangan coba-coba karena resikonya bisa sangat fatal (High Risk). Jika akan melakukan ini, silahkan minta didampingin rekan anda, saudara, sahabat, teknisi, atau bahkan keluarga anda yang anda anggap mengerti seluk beluk flashing bios dan eprom, Baik dengan cara programmable maupun dengan cara replaceable.

  • 3. Terjadi crash antar peripheral, karena tidak jarang peripheral yang berbeda namun memiliki interface yang sama, kadang bisa crash dengan IRQ standar, jadi memerlukan setting ulang maupun konfigurasi irq. Contoh anda punya sound card, lan card dan tunner, itu semua menggunakan interface PCI, maka bisa saja jika satu peripheral mengakses IRQ yang sama maka bisa crash dan salah satu komponen tidak akan terdeteksi meskipun sudah menggunakan driver bawaan vendornya. Namun demikian kasus crash irq ini terbilang cukup jarang karena bios keluaran paling baru, sekarang sudah dilengkapi dengan teknologi auto switch dan swap IRQ, jadi ketika terjadi crash maka otomatis bios akan mencarikan IRQ kosong untuk peripheral yang crash sehingga pc tetap normal, dan jarang terlihat pc crash, tidak seperti pada pc pada era dahulu.

  • 4. Membutuhkan konfigurasi khusus selain konfigurasi standar maupun ingin merubah kunci dan reset password bios dengan yang baru agar konfigurasi lebih permanen sesuai dengan kebutuhan anda, atau karena alasan lain yang lebih teknis sesuai dengan kebutuhan anda.

Manfaat melakukan reset dan konfigurasi bios :

  • Melakukan ini dengan teknik dan cara yang benar mengenai konfigurasi maupun reset bios, tentunya memiliki manfaat utama dalam memaksimalkan kinerja komponen/peripheral komputer secara khusus dan memaksimalkan kinerja system PC dan OS secara keseluruhan, Terutama pada bios notebook yang notabene semua peripheral hampir tertanam onboard semuanya, jadi bios notebook memiliki kapasitas konfigurasi lebih banyak. Bios yang ditanam dalam notebook biasanya identik kapasitas dan isi konfigurasinya dengan bios laptop karena sama-sama portable dan integrated.

Dampak melakukan reset dan konfigurasi bios jik berlebihan :
  • Melakukan konfigurasi bios dengan tepat maupun me-reset sesuai dengan kondisi aslinya, memang memiliki lebih banyak manfaat, namun demikian konfigurasi bios dan reset yang berlebihan juga memiliki dampak lain, jika konfigurasi dilakukan tidak memenuhi standar kapasitas dan kinerja peripheral yang tertanam didalamnya, yaitu biasanya akan lebih cepat hang atau sering restart, Dan jika terlalu sering melakukan reset bios juga bisa berakibat pada cmos trouble maupun nuked, karena susah menyimpan konfigurasi bios. Jadi melakukan cara reset maupun mengkonfigurasi ulang bios tetap harus teliti, terutama sesuai dengan prosedur kinerja peripheral dan benar-benar adanya kondisi yang membutuhkan hal tersebut. Untuk lebih lengkap, anda bisa menambah wawasan terlebih dahulu mengenai prinsip kerja ic bios agar memiliki referensi yang realistis dan rasional, terutama mengenai filosofi bios itu sendiri.
Terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan anda, semoga referensi yang singkat dan sederhana ini bisa menambah wawasan yang lebih aplikatif dan positif untuk anda.

Tag : Terimakasih sudah menyimak posting tentang Cara Reset Konfigurasi BIOS Notebook Laptop PC semoga bermanfaat positif, inspiratif dan lebih aplikatif kedepannya. Karena memang referensi edukatif ini jika dijelaskan lebih detail dan spesifik secara ilmiah akan sangat panjang. Jika ada fasilitas download silahkan lihat di pojok kanan atas. Artikel dengan kategori Komputer ini merupakan sub dari Reset Pass Bios. Selamat beraktifitas dan semoga berhasil sukses untuk anda!.




Comment

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
2 dan 9=?

 
  

Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh, dengan syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa di subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik dan prosedur tidak akan direspon dan comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik materi mengenai fungsi dari baterai cmos pada komputer.

  • Comment from Egi Yura (game-ps1kamu.blogspot.com) - ******odmody@gmail.com at 07/03/2013 - 19.21.23.PM : "gan kalo misalnya di mobo nya gaada jumper cara nya dengan mencabut baterai cmos kan, itu wakt brp lama ?"
    Replay Adm : Lepas dulu tegangan 220 ke PSU, copot baterai dan tahan tombol reset 5 detik, kemudian nyalakan cpu tanpa baterai cmos, kalau sudah clear biasanya pas boot langsung masuk BIOS, atau muncul bad cmos checksum error, jika sudahk tekan tombol power selama 4-5detik untuk shut off cpu motherboard, kemudian pasang kembali baterai dan nyalakan, masuk ke bios dan setting sesuai kebutuhan dan selesai, Thanks for visits..
  • Comment from Egi Yura (http://5ame-ps1kamu.blogspot.com) - ******odmody@gmail.com at 07/03/2013 - 20.50.01.PM : "ini prosedur untuk PC kan, kalo buat laptop/notebook sama juga ?"
    Replay Adm : Untuk kondisi tersebut khusus motherboard PC, kalau laptop, teknik yang digunakan tergantung merk motherboard dan vendor, karena proteksi memory cmos berbeda-beda, terutama yang tidak ada pin jumper, dan hanya ada baterai, itu sudah pasti membutuhkan cara khusus, biasanya disertakan dimanual booknya, atau kalau tidak ada berarti CMOS disimpan tidak di ROM tapi di flash ROM. Thanks..
 
 

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel mengenai fungsi dari baterai cmos pada komputer :

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
   Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
2 dan 9=?
 
  
   
  • wisnu rachman (purwokerto) ******er17@gmail.com/# Pertanyaan dikirim : 06/10/2014 - 08.19.05.AM #
    tdi kan bersih2 cpu,fan yg nempel casing sma yg nempel procesor(gk tau namanya) di lepas. setelah tu q psang lgi koh monitornya mati pdhal cpu nyala). apakah harus reset bios?
 
 

Post Visitor

  
Nama
E-Mail
  
Pesan / Konsul / Pertanyaan
Nama rekan anda
E-Mail rekan anda
Hasil perkalian
2 dan 9=?
 

Jika anda memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat yang anda percaya dan juga membutuhkan informasi artikel khusus tentang Komputer ini maka, anda boleh mengirimkan info ini menggunakan email yang valid. Gunakan post visitor ini sebaik mungkin, silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar serta berhubungan dengan materi topik mengenai fungsi dari baterai cmos pada komputer.

  • Riky Asfariani - ****jrs@ymail.com mengirimkan pesan ke (Sri Anggara/****ur28@gmail.com) at 27/01/2014 - 21:26:47
    "saya ingin menanyakan cara mengganti bios asus x45a dengan versi bios yang sama gimana caranya? misalkan bios versi 209 d ganti sama bios versi 209 juga. seperti replace bios."
    Replay Adm : Jika MB X45a anda masih nyala atau ada tampilan, bisa langsung upgrade atau reflash eprom melalui console dos command prompt, jika mb sudah blank maka replace ic bios, bios yg bagus dengan versi 209 sebagai master, lalu chip bios yg trouble atau kosong untuk flashnya (secondary). jika sudah ok, pasang ke mb yg sebelumnya ingin diganti biosnya atau yg tadi mb blank, kalau versi benar-benar cocok dengan versi mb sebelumnya dan di flash sesuai dengan prosedur, maka mb tsb akan bisa digunakan kembali jika memang rusaknya hanya di bios saja.
 
 

Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access

-