MCSCV Logo Background Banner -


Logo Info Yang Baru -

Pengertian dari psikogram dan ruang lingkup bagi kandidat yg ikut psikotes maupun psikologi sebagai indikator result keseluruhan proses seleksi / evaluasi.

Aspek yg diukur antara lain intelegensi, sikap kerja seperti : ketekunan, kecepatan analisa analisis, kemampuan menemukan solusi dalam menyelesaikan pekerjaan, sistematika cara kerja, daya tahan kerja, motivasi serta kedisiplinan, sosial dan emosiaonal, personality / kepribadian, stabilitas emosi dan kepercayaan diri, kemampuan komunikasi verbal direct publishing, adaptasi dalam bekerja secara team work, serta aspek kepemimpinan manajerial untuk yang apply PL (Project Leader) biasanya dengan msdt dan belbin. Yang secara menyeluruh merupakan sistematika lapisan core bisnis dunia kerja. Sebelum dan sesudahnya, Terima kasih atas kepercayaan anda. Saat ini ada 77 artikel yang masuk dalam Kategori Psikotes. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif. Halaman ini bisa anda lihat dengan PC-Desktop maupun dengan Smartphone Android atau Mobile Version. Silahkan simak selengkapnya materi tentang Psikotes khususnya mengenai Pengertian Psikogram Ruang Lingkup Psikotes.

Pengertian PSIKOGRAM Fungsi dan kegunaanya baik bagi psikiater maupun kandidat pelamar keja. Serta aspek yang diukur dalam ruang lingkup psikotes dan psikologi. ini sebenarnya RAHASIA!

Psikogram . Tujuan . Aspek . Download . Konsep

Luangkan waktu anda 5 sampai 10 menit, dan anda akan mendapatkan apa yang belum pernah anda tahu mengenairahasia psikotes dan aspek penilaian psikogram!

Psikogram sebenarnya adalah rahasia yg dipegang psikolog dan berisi penilaian hasil tes psikotes dari ribuan kandidat atau pelamar kerja. Tujuan utamanya yaitu supaya psikiater bisa memetakan kesesuaian antara tipe pelamar seperti apa yang sedang dibutuhkan institusi atau perusahaan rekruiter (Klien) dengan aspek penilaian yang sudah didapat psikiater sesuai dengan kode etik psikolog itu sendiri. Jika anda saat ini posisinya sebagai pelamar baru yg belum pernah menjalani psikotes bahkan yang sudah berkali-kali dalam tanda kutip melamar kerja, maka hendaknya memahami konsep penilaian psikogram sejak awal supaya anda memiliki peta yang jelas bagaimana agar bisa tembus. Jangan hanya belajar teknis materi psikotesnya saja, cari tahu dari sekarang juga : Perusahaan apa yg anda lamar? Posisi pekerjaan apa yang cocok dengan anda? Bagaimana cara anda mengenali struktur organisasi perusahaan yang anda lamar? Apa skill dan keterampilan anda? Nah, pelajari semua itu dan satukan secara simultan tanpa membuatnya distorsi hingga anda benar-benar paham. Kalau anda serius dan mau maka anda bisa download semuanya dalam satu paket lengkap semua jenis tes psikotes baik yang berbau aritmatika intelejensi hingga personality sampai cara melamar kerja yang tepat. Semua sudah diringkas lengkap dengan programnya. Saran untuk anda : dapatkan dan pelajari jauh hari dan bulan sebelum anda melamar kerja di perusahaan yang anda inginkan, hasilnya 100% pasti maksimal. Tapi kalau anda belajar wayangan maka semua tergantung kapasitas pemahaman anda sendiri. Mari kita mulai satu persatu dan simak dengan penuh kesungguhan..

Definisi dan arti psikogram merupakan result hasil tes secara keseluruhan dalam proses seleksi, psikogram ini akan mempermudah psikiater atau seorang psikolog yang dipercaya dalam sebuah institusi atau perusahaan untuk membaca dan menerjemahkan aspek individu, baik yang menunjang dan memang sedang dibutuhkan perusahaan ataupun menemukan celah kekurangan kandidat dalam suatu sudut pandang, sehingga ada referensi yang jelas kelak nantinya untuk pengembangan lebih jauh, baik melalui pelatihan diklat khusus (Bagi yang masuk dan diterima), maupun referensi belajar untuk lebih berkembang, bagi yang belum masuk kategori dan shortlist.

Dari pengetian dasar yang konseptual mengenai psikogram, Maka result dari psikogram ini memiliki tujuan utama bagi psikiater yaitu dalam mempermudah mengevaluasi berbagai aspek kepribadian visi dan kreativitas kandidat atau pelamar kerja.

Berikut ini adalah aspek yang dinilai melalui hasil psikogram :

Aspek intelegensi - pada aspek ini lebih dominan psikogram akan memberikan gambaran mengenai taraf kecerdasan individu dalam menyerap (daya tangkap) atas sebuah analisa maupun sintesa baik secara verbal dan non-verbal, Aspek ini juga menginterpretasikan daya ingat dan kematangan individu dalam kemampuan mengolah data berbasis angka aritmatika.

Aspek sikap kerja - khusus pada aspek ini berhubungan langsung dengan masalah teknis pekerjaan, seperti :

  • Ketekunanan dalam menyelesaikan pekerjaan yang menjadi justifikasi, baik sebelum maupun mendapatkan diklat khusus.

  • Kecepatan dalam melakukan analisa maupun solving problem pada suatu problematika pekerjaan yang erat dengan teknis, dan menemukan solusi yang praktis, cepat dan kongruen.

  • Kegigihan dalam menemukan dan menyelesaikan pekerjaan terutama dengan apa yang benar-benar belum pernah diketahui sebelumnya, kegigihan ini berhubungan dengan kesungguhan individu dengan tanggung jawab pada profesinya sesuai dengan yang dibidangi.

  • Sistematika kerja merupkan aspek pengukuran pada tingkat kemampuan individu dalam bekerja secara sistematis, karena sistematis tidak selalu pada hal yang terstruktur secara baku atau berurutan, namun sistematis adalah cara yang lebih tepat dengan alur dan flow chart yang lebih mudah dipahami meskipun dalam kondisi pemecahan yang kompleks.

  • Daya tahan terhadap stress - dalam aspek ini yang paling terukur adalah kemampuan seseorang untuk konsentrasi dan fokus dalam menemukan solusi dan pemecahan masalah, sekalipun harus berulang, hingga akhirnya dengan teknik pemahaman tertentu solusi benar-benar ditemukan dengan cara yang proporsional, jadi bukan meninggalkan masalah, Tapi benar-benar menyelesaikannya dengan motode atau bahkan dengan teknik yang lebih revolusioner.

  • Motifasi - aspek ini sebenarnya adalah kemampuan seseorang dalam mengaplikasikan dan menanampkan afirmasi yang positif sebagai daya ledak dan pacuan untuk lebih menemukan semangat yang lebih dari biasanya, namun dengan cara yang rasional dan mudah dipahami, jadi tidak sesedarhana dengan kata "tetap semangat", semoga memahami segmen penjelasan ini.

  • Kedisiplinan - untuk bagian ini adalah kecenderungan individu dalam menjaga konsistensinya terhadap apa yang menjadi bidangnya untuk terus berkembang, dengan struktur yang sistematis

Aspek sosial emosional dan personality (Kepribadian), aspek ini memiliki bagian-bagian penting, seperti :

  • Stabilitas Emosi - Yaitu kemampuan seseorang untuk meredam apa yang bertentangan dengan kepribadian dan pemeikirannya, kemudian justru merubahnya menjadi sesuatu yang lebih fleksibel dan mudah dipahami, baik untuk diri sendiri dan orang disekitarnya. Kemampuan ini memang sudah basic, namun meraih kemampuan ini yang sebenarnya tidaklah mudah, butuh latihan khusus dan kesabaran. Ukuran stabilitas emosi seseorang yang tepat sangat penting untuk perusahaan, karena menyampaikan kalimat yang tepat pada orang yang tepat jauh lebih mudah daripada menyampaikan kata-kata pada orang yang belum tepat agar benar-benar memahami keseluruhan secara kultural dan struktural, kurang lebihnya seperti itu yang dimaksud stabilitas emosi.

  • Kepercayaan Diri - merupakan aspek dari individu dalam meyakini apa saja yang menjadi bakat dan kompetensinya agar bisa beradaptasi dalam menemukan solusi pada kondisi komplek. Namun kepercayaan diri yang dimaksud bukan pada over confident, Tapi karena benar-benar memahami inter personal sendiri dan meng-interpretasikan-nya keluar dengan cara yang wajar, dan memotivasi orang sekelilingnya dengan bentuk pemahaman baru yang positif.

  • Aspek komunikasi - dalam tahap ini yang diukur adalah kemampuan seseorang dalam hal verbal, yaitu dalam menyampaikan pemikiran yang rumit dan kritis namun dengan kalimat yang mudah dipahami dan lebih sederhana, indvidu yang masuk dalam kategori ini adalah termasuk mereka-mereka yang diplomatis dalam menyampaikan pemikiran secara tepat dalam kontek verbal. Kemampuan inipun tidaklah mudah diraih karena sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa mengkomunikasikan pemikiran dengan cara yang tepat pada orang yang tepat jauh lebih mudah daripada sebaliknya, kemampuan individu dalam menguasai kemampuan komunikasinya disebut komunikatif.

  • Aspek Kerjasama (Team Work Based) - Merupakan kemampuan seseorang dalam mendelegasikan apa yang menjadi pemikirannya agar mudah membaur dan bekerja sama dalam satu target, Kemampuan ini realitanya bisa diraih dengan jam terbang yang tinggi karena memahami orang dengan berbagai karakter membutuhkan rasa simpati dan empati yang lebih dari biasanya.

  • Aspek penyesuaian diri atau adaptasi - aspek ini merupakan kemampuan individu dalam beradaptasi pada habitat yang baru, Individu yang mempunyai kemampuan beradaptasi yang baik, adalah individu yang mudah masuk pada habitat yang belum tepat sekalipun, dan mampu membuat kesepahaman, untuk suatu destination. Aspek penyesuaian diri ini penting dalam suatu perusahaan atau institusi untuk menerima hal-hal perencanaan baru dan menginplementasikan dengan orang yang berbeda-beda dengan tujuan yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Aspek kepemimpinan atau manajerial - aspek ini merupakan kemampuan indvidu maupun kandidat dalam mendeskripsikan apa yang menjadi visinya baik secara teknis dan menejemen dalam bentuk grand plan, yang didalamnya nantinya menerjemahkan mekanika dalam kemampuan mengorganisir, memberikan instruksi maupun pengawasan terhadap tugas-tugas teknis yang berorientasi pada komitmen kebersamaan (Team Work). Aspek manajerial juga memuat kemampuan melakukan feed back baik pada relasi maupun kemampuan pendekatan pada bawahan dengan cara yang lebih familiar meskipun berorientasi tugas dan justifikasi.

Kurang lebihnya seperti itulah konsep dan dasar-dasar psikogram : semoga referensi yang singkat dan sederhana ini bermanfat untuk anda, baik yang akan mengikuti seleksi maupun untuk anda yang ingin mengembangkan bakat dan kompetensinya melalui wawasan dan pengetahuan proses belajar psikotes yang komplit tidak hanya teknis psikotesnya saja tapi juga mengenai aspek penilaiannya melalui psikogram.
Untuk anda yang serius dan benar-benar membutuhkan latihan intensif mengenai jenis psikotes dan rahasia penilaian psikogram, anda juga bisa download varian psikotes lengkap sudah dalam bentuk program test pada tautan yang telah disediakan pada halaman ini [Download Program Psikotes]. Sehingga hasil belajar anda akan lebih realistis dan rasional, Sehingga anda tidak ragu dalam meng-explorasi dan mengasah bakat dan kemampuan yang melekat pada anda, maupun mempersiapkan diri pada berbagai peluang yang anda hadapi saat ini maupun kedepannya lebih preventif dan ready serta memiliki road map yang jelas dalam proses belajar memasuki berbagai lapisan elemen core bisnis dunia kerja. Sementara itu yg bisa disampaikan mengenai pengertian dan definisi psikogram. Semoga dengan konsep penjelasan ini bisa membuat anda lebih memahami bagaimana aspek dan tujuan psikogram dalam perannya untuk menilai dan mengukur hasil psikotes setiap seleksi yg diadakan rekruiter.
Terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan anda, Sukses adalah hak anda.

Untuk tambahan referensi yang berhubungan dengan Pengertian Psikogram Fungsi Kegunaan dan Aspek Yang Di Nilai silahkan bisa membuka halaman Kategori Psikotes yang didalamnya juga berisi sub materi tentang Psikogram.




Comment

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
5 dan 1=?

 
  

Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh, dengan syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa di subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik dan prosedur tidak akan direspon dan comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik materi mengenai pengertian psikogram ruang lingkup psikotes.

 
 

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel mengenai pengertian psikogram ruang lingkup psikotes :

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
   Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
5 dan 1=?
 
  
   
 
 

Post Visitor

  
Nama
E-Mail
  
Pesan / Konsul / Pertanyaan
Nama rekan anda
E-Mail rekan anda
Hasil perkalian
5 dan 1=?
 

Jika anda memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat yang anda percaya dan juga membutuhkan informasi artikel khusus tentang Psikotes ini maka, anda boleh mengirimkan info ini menggunakan email yang valid. Gunakan post visitor ini sebaik mungkin, silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar serta berhubungan dengan materi topik mengenai pengertian psikogram ruang lingkup psikotes.

 
 

Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access