Definisi pengertian psikotes kerja adalah serangkaian tes yang digunakan untuk menguji kompetensi seseorang berdasarkan aspek : verbal, kognitif, & psikologis.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 128 artikel masuk dalam Kategori Psikotes. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Definisi pengertian psikotes kerja.

Definisi psikotes adalah tes yang digunakan untuk menguji skill, bakat, potensi, kepribadian seseorang berdasarkan aspek psikologis. Pengertian & pemahaman soal psikotes sangat berbeda dengan tes akademik biasa yang sudah baku. Tes psikotes lebih universal namun bentuk & substansinya tidak mudah dipahami peserta tes, isinya misterius & sukar ditebak bagi yang jarang berlatih. Psikotes banyak digunakan untuk tes kerja karena dipercaya bisa menggali & mengungkap bakat & kepribadian seseorang yang tersembunyi.

Serangkaian tes dalam psikotes dibuat secara unik sehingga peserta tes sampai tidak menyadari ada hal sebenarnya sedang digali & dijebak dengan pertanyaan tertentu agar terungkap kemampuan & kepribadian yang sebenarnya. Alat yang digunakan para tester / hrd / psikolog ini memang cukup ampuh untuk menguji suatu paket kompetensi seseorang yang tidak terungkap dengan tes akademik biasa. Misalkan : mungkin saja ada seseorang yang nilai IPK / Nilai ijazahnya tinggi namun belum tentu lolos tes psikotes, karena memang psikotes orientasinya lebih universal.

Psikotes bisa digunakan untuk mengexplore potensi keterampilan kerja sesorang berdasarkan aspek yang lebih kompleks tidak hanya secara akedmik maupun tes baku seperti akademik biasanya.

Secara garis besar, psikotes kerja digunakan untuk menguji :

  • Aspek Verbal untuk menguji kompetensi secara lisan maupun tulisan.

  • Aspek kognitif untuk mengukur integritas mental & otak intelektual seseorang dalam hal : pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, penilaian, teknik evaluasi.

  • Aspek psikologis untuk memetakan mental & kejiwaan seseorang pada saat ditekan suatu masalah maupun target kerja tertentu. Termasuk stabil apa instabilitas, termasuk pemikir / gampang nyerah, dsb. Termasuk didalamnya : afektif berhubungan dengan sikap nilai & kepribadian. Psikomotorik berhubungan dengan skill & kemampuan seseorang bertindak mengaplikasikan sesuatu setelah belajar secara soft skill.

Jika anda akan menghadapi psikotes kerja, jangan hanya belajar pengertian & definisinya saja, belajar jangan tanggung-tanggung, download software psikotes yang full versi sekaligus, yang sudah pasti terjamin kelengkapan & validitasnya.

[Download Software Psikotes Full Versi Disini]