Cara agar mesin mobil awet tahan lama dalam jangka panjang.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Jika ingin mesin mobil awet, minim perbaikan, tahan lama, maka rawat sesuai standar pabirkan & karakteristik mesin. Sekarang ada 29 artikel masuk dalam Kategori Internet Umum. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Cara agar mesin mobil awet tahan lama.

Sebenarnya agar mobil awet & tahan lama cara paling utama adalah melakukan perawatan berkala & maintenance sesuai dengan standar pabrikan, sesuai : merk mobil, tipe mobil, & karakteristik mesin mobil. Sebab yang paling utama membuat mobil tak awet & tahan lama sebenarnya karena terlalu sering spekulasi menggunakan model penggantian part maupun penggunaan oli mesin, bensin, aki yang tak direkomendasikan pabrikan.

Oli mesin yang tepat membuat mobil awet & pemakaian lebih tahan lama :

Cara paling ringan untuk merawat mobil adalah dengan memperhatikan oli mesin, paling ringan tapi jika tak diperhatikan akan berakibat buruk pada mobil dalam jangka panjang. Kestabilan mesin adalah kunci utama agar mobil awet & tahan lama.

Agar mobil awet & tahan lama, berikut cara yang bisa ditempuh pengguna dari awal :

  • 1. Jangan sampai telat ganti oli mesin, maksimal 5000 km haru sudah ganti, oli mungkin tahan lama jika dipakai terus tapi SAE nya sudah hilang. Rutin mengganti oli akan membuat mesin mobil awet sehingga tahan dipakai dalam jangka waktu yang lama.

  • 2. Cara memilih oli mesin yang cocok untuk mobil adalah pakai oli mesin sesuai dengan standar pabrikan / sesuai kapasitas mesin. Contohnya mesin 1300 cc dengan mesin 1500 sampai 2000 cc tentu jenis oli mesinnya beda SAE. Misal 1300 cc standarnya Oli mesin SAE 5W30 total pengisian +-2,5 sampai 3 litter. Tahan lama maupun tidaknya tergantung KM pemakaian & keseharian mobil.

  • 3. Perhatikan dipstik penunjuk oli mesin, jangan sampai memasukan oli mesin berlebihan & juga terlalu kurang, harus pas ditengah-tengah jarum penunjuk sehingga mesin awet karena kinerjanya maksimal.

  • 4. Gunakan aki sesuai kapasitas  mesin, misalnya mesin 2000 cc bisa menggunakan aki 45 aH, sedangkan mesin 1300 cc cukup 35 aH. Mobil generasi sekarang rata-rata sudah menggunakan injeksi, ECU yang mengontrol seluruh sensor mekanis mesin maupun elektrik yang sumbernya dari aki.

  • 5. Gunakan bahan bakar yang sesuai dengan aktivitas mobil, / minimal pakai PETRALITE maksimal PERTAMAX, usahakan jangan pakai PREMIUM, karena kandungan timbalnya lebih banyak, sehingga membuat oli mesin cepat hitam, fuel pump / pompa bensin bisa cepat kotor sehingga pembakaran tak lancar membuat mesin tak awet apalagi tahan lama.

  • 6. Dengarkan bunyi knalpot mobil, jika ada suara menggelitik / ngorok / klotok-kolotok, sediit saja, segera CEK & PERBAIKI. Entah itu dibagian manifold, header knalpot, tabung tengah maupun belakang. Knalpot yang luarnya mulus tapi dalamnya sudah kropos akan mengakibatkan gas buang tak lancar, jika pembuangan tak lancar maka mesin cepat panas tak tahan lama, getaran mesin terlalu tinggi & merambat ke komponen lain menjadi tidak awet dalam jangka panjang.

  • 7. Jangan menginjak kopling setengah-setengah / parsial, karena akan mengakibatkan kampas kopling cepat habis. Jika kampas kopling bermasalah, mobil sering tersendat, akhirnya mengeluarkan suara aneh kemlithik, klotok-klotok & sebagainya, kalau sudah begini akan sangat berpengaruh pada gigi rasio mesin mobil tidak akan awet & tahan dalam waktu yang lama lagi.

  • 8. Jangan membiasakan langsung membuka gas pada RPM tinggi, naikan gas pelan-pelan & bertahap, sebab bisa mempengaruhi umur piston di dalam mesin mobil menjadi tidak tahan lama. Menginjak gas secara bertahap akan membuat piston lebih awet dalam jangka panjang.

  • 9. Jangan suka menggunakan mobil secara ugal-ugalan, karena jika mesin mobil sering dipacu kencang kemudian masuk rpm rendah secara terus menerus, maka proses pemuaian panas mesin tidak stabil, sensor fan sering bekerja karena dipicu panas berlebihan, jika mesin terlalu panas bisa mempengaruhi umur sensor pada mesin tidak akan tahan lama. Jadi penggunaan mobil dengan RPM yang stabil itulah yang membuat mesin lebih awet selama pemakaian, & pasti purna jualnya tinggi.

  • 10. Usahakan tidak menggunakan ac secara terus menerus. Maksudnya, jika sedang menyalakan ac kok sudah terawa dingin, maka segera matikan ac. Karena jika ac terus menyala, kompresor ac akan sering bekerja, meskipun otomatis, tapi kompresor ac mengikuti rotasi mesin. Kompresor yang bekerja berlebihan akan membuat Puli kompresor cepat habis. Tidak hanya itu, piston & gotri didalam piston bisa cepat aus & tidak tahan lama selama penggunaan mobil. Puli kompresor terhubung langsung ke altenator, dinamo servo, mesin utama, sehingga jika mesin mobil terlalu terbebani kerja kompresor maka mesin pun tidak akan awet hingga bisa memakan banyak biaya perbaikan.

Itulah 10 cara membuat mesin mobil awet tahan lama dalam jangka panjang.

Jika anda ingin mobil awet & tahan lama maka HINDARI kebiasaan yang merusak mobil dalam jangka panjang kedepan. 10 langkah diatas adalah cara paling ringan agar mesin mobil awet & tahan lama. Sekaligus bahan referensi supaya mobil minim biaya perbaikan sehingga kocek lebih hemat untuk kebutuhan lain sehari-hari terutama bagi yang sudah berkeluarga.