Cara kerja OLED dari molekul organik yg menghasilkan arus listrik elektron pada emissive layer.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 68 artikel masuk dalam Kategori Komputer. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Cara kerja OLED dari molekul organik.

Cara Kerja OLED.

Cara kerja OLED dengan Lapisan ini terbuat dari molekul organik yg menghasilkan arus listrik elektron pada emissive layer.

Pengertian . KOMPONEN . SUBSTRAT . ANODA . Layer . Conducting . Emissive . Katoda . OLED

Pengertian OLED adalah komponen yg terdiri dari film tipis yg berasal dari molekul organik yg menciptakan Cahaya berkat adanya rangkaian listrik. OLED dapat memberikan cahaya lebih terang & jelas, ketika disematkan pada perangkat elektronik menggunakan daya lebih sedikit dibanding dg teknologi LED (Light Emiting Diode) Konvensional / LCD (Liquid Crystal Displays) yg dipakai sekarang. Berikut akan diuraikan apa saja komponen pada OLED & bagaimana Cahaya OLED dihasilkan.

KOMPONEN OLED Seperti halnya teknologi LED, OLED merupakan semikonduktor padat dng ketebalan hanya 100-500 nanometer / sekitar 200x lebih tipis dari rambut manusia. OLED dapat memiliki dua / 3 lapisan bahan organik, dimana pada desain yng terakhir / lapisan ketiga berfungsi membantu transportasi elektron dari katoda ke lapisan yng memancarkannya. Selanjutnya kita akan lebih fokus pada desain lapisan kedua saja.

Bagian bagian dalam komponen OLED :

  1. Komponen SUBSTRAT merupakan medium sejenis kaca plastik / foil. SUBSTRATE ini akan mendukung cara kerja OLED.

  2. Komponen ANODA medium ini bersifat transparan dimana anoda berrfungsi memindahkan elektron ketika arus mengalir melalui perangkat.

  3. OrganicL Layer Lapisan ini terbuat dari molekul organik / polimer.

  4. Conducting Layer Lapisan ini terbuat dari molekul plastik Organik yng memindahkan lubang dari anoda. Salah satu polimer yng digunakanlapisan ini adalah polianilin.

  5. Emissive Layer Lapisan ini terbuat dari molekul plastik organik (berbeda dari conducting layer) ygn memindahkan elektron dari katoda. Ini merupakan tempat cahaya dibuat. Salah satu polimer ygn dipakai dalam lapisan ini adalah polyflourene.

  6. Katoda Medium ini bisa berbentuk transparan / tak tergantung pada jenis OLED-nya, Katoda akan menginject elektron ketika arus mengalir melalui perangkat.

Bagaimana Cara Kerja OLED & Bagaimana cahaya OLED dihasilkan?

OLED memancarakan cahaya ygn hampir mirip dgn LED, Melalui proses ygn disebut Electrrophosphoresence. Prosesnya adalah sebagai berikut : Sumber daya / baterray dari perangkat yang berisi OLED menghasilkan tegangan buat OLED, Kemudian arus listrik mengalir dari katoda ke anoda melalui lapisan organik (Arus listrik adalah aliran elektron). Disini katoda membuat elektron berpindah ke emissive layer dari molekul organik. Sedangkan anoda memindahkan elektron dari conductive layer dari molekul organik. Ini sama dengan membuat lubang elektron pada conductive layer. Batas antara emissive layer & conductive layer, membuat elektron menemukan lubang elektron tersebut, Jadi ketika elektron menemukan sebuah lubang elektron, Ketika ini terjadi, elektron memberikan energi berbentuk foton cahaya. Akibat serangkaian kejadian tadi OLED memancarkan Cahaya. Sdangkan warna yang dihasilkan akan bergantung pada jenis molekul organik pada emissive layer. Digunakan beberapa jenis film organik pada OLED yang sama untuk membuat warna menjadi terlihat. Sedangkan intensitas cahaya bergantung pada jumlah arus listrik yang digunakan. Semakin besar arus listriknya, Maka semakin jelas warnanya.