Jenis OS aplikasi untuk perangkat digital berbasis komputer, windows termasuk aplikasi paling banyak dipakai pada PC Desktop / Laptop.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 68 artikel masuk dalam Kategori Komputer. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Jenis OS aplikasi untuk perangkat digital.

JENIS OS MAUPUN APLIKASI PADA PERANGKAT BERBASIS KOMPUTER INTEL.

Jenis aplikasi perangkat lunak komputerPelajari melalui referensi yg ringkas mengenai Jenis aplikasi maupun OS pada komputer serta berbagai kategori & level maupun fungsi penggunaan program baik untuk perangkat mobile maupun desktop.

Program . Level . Fungsi . Perangkat . Referensi

OS merupakan aplikasi paling banyak dipakai pada perangkat berbasis komputer.

Program merupakan kumpulan kode logic yg tersusun secara sistematis dg sintaks tertentu & memuat mekanisme alur (Flow Chart) yg logis serta semantik untuk memecahkan masalah tertentu. Baik secara aritmatika maupun alphabet. Program memiliki fungsi utama untuk mempermudah pekerjaan konvensional menjadi terkomputerisasi serta mudah diolah maupun di manage dalam jangka panjang serta lebih compatible untuk beragam kebutuhan kedepannya. Program ada pemilik fungsi untuk pengolahan data & ada yg didesain khusus untuk mengontrol & mengendalikan perangkat keras.

 

OS Maupun APLIKASI paling banyak dipakai pada perangkat mobile / digital.

Jenis perangkat lunak berdasarkan level esensitasnya dibedakan menjadi :

  • OS (Operating System) / sistem operasi merupakan perangkat lunak inti yg menjadi pondasi bekerjanya perangkat digital & berbagai aplikasi yg terpasang didalamnya. OS ini yg mengatur unit IO (Input Output) perangkat digital contohnya seperti : komputer maupun perangkat lain yg berbasis chip processor. OS biasanya memiliki volume & kapasitas besar sebab memuat library deskripsi hardware lebih luas & fleksibel. & biasanya disimpan dalam storeage seperti hardisk. OS ini ter setup, upgrade maupun downgrade sesuai dg tingkat kebutuhan penggunanya. OS ini saat melakukan startup / booting membutuhakan loader utama seprti : IO.SYS (Mengatur input output system serta menginisialisasi peripheral), MS-DOS.SYS (Mengatur hubungan & memverifikasi program dg deisk operating system), Command.com (Berisi kumpulan perintah / syntax internal yg terdapat dalam operating system), Drvspace.bin (Memeriksa & memaksimalkan ruang / kapasitas storeage), NTLDR (Loader untuk system berbasis NT / Network). OS ini contohnya paling familiar adalah windows dari berbagai versi, DOS serta selain itu ada Linux, Unix, Solaris yng juga sudah mulai semakin banyak penggunanya dari berbagai distro. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yng wajib ada pada perngkat digital seperti komputer, sebab tanpa OS perangkat keras / hardware dg spek setinggi apa saja tak bisa maksimal bekerja karena library & deskripsi sistem ada semua didalamnya.

  • Firmware sebenarnya identik dg OS hanya saja fungsi & kapasitasnya lebih spesifik pada perangkat tertentu. Firmware ini biasanya tertanam dalam chip memory seperti EPROM maupun EEPROM & lebih permanen tdk bisa begitu saja diinstall ulang oleh pengguna, tanpa melalui mekanisme flash yng benar. Firmware memiliki extensi BIN (Binary) pada umumnya, dalam satu paket file berisi keseluruhan rutin system. Firmware biasanya terpasang pada perangkat-perangkat digital yng portabel maupun mobile seperti : handphone, smartphone, multimedia digital player, komputer portable seperti ipad & lain sebagainya. Untuk melakukan booting firmware ini membutuhkan bootloader yng berisi kode & header chip dng checksum spesifik tertentu yng nantinya akan menginisialisasi seluruh komponen digital yng terintegrasi & dikendalikan firmware ini. Untuk lebih mudah memahami ini, diberikan contoh untuk komputer yaitu : bila windows itu OS komputer maka BIOS adalah firmware komputer. Begitu kira-kira gambarannya sehing lebih mudah dipahami tingkat & penempatannya secara proporsional.

  • Kernel merupakan file yng library bagian penting OS & deskripsi sangat khusus serta berfungsi sebagai gate / jembatan perantara antara hardware dng software, untuk melihat jelas bagaimana mekanisme kernel bekerja memang tidak mudah dilihat dng cara biasa, apabila menggunakan cara yng standar bisa dng menggunakan tools maupun aplikasi ygn biasanya di bawakan OS ygn inti fungsinya sama dng task manajer, disana akan terlihat file-file apa ygn sedang behubungan & interkoneksi.

  • Aplikasi merupakan bagian / support tools dari OS maupun firmware, aplikasi ini bisa dgn fleksibel & bebas di copot & pasang oleh penggunanya, karena memang sudah diberi ruang oleh system. Aplikasi ini memiliki bentuk & jenis ygn beragam, dgn fungsi inti untuk memudahkan aktifitas konvensional menjadi lebih terkomputerisasi.



 

Jenis aplikasi berdasarkan fungsi & kegunaannya dibedakan menjadi :

  • Aplikasi Office khususnya word merupakan aplikasi paling banyak dipakai hampir setiap orang & memiliki fungsi utama untuk word processing, mengedit, menyunting & mengolah data statis. Aplikasi ini hampir ada disetiap pc, contohnya ygn familiar adalah : wordstar, ms-word, open office, wordpad, notepad & lainnya ygn identik. Untuk menjalankan aplikasi ini di pc, cukup menggunakan jenis komputer berdasarkan penggunaannya dari kelas value dgn spek hardware & perangkat sistem keseluruhan biasanya cukup berbasis intel seleron maupun amd sempron.

  • Aplikasi Spreadsheet juga bagian dari jenis apps office hanya saja fungsinya lebih spesifik untuk mengolah angka aritmatika & formulasi berbagai data lookup ygn dinamis. Contoh aplikasi ini paling familiar adalah Lotus 123, excel, open office kspread linux, & lainnya ygn berfungsi identik. Untuk menjalankan aplikasi ini kalau ingin maksimal dgn fungsi aritmatika ygn kompleks & ingin menggunakan processor dgn ALU (Aritmathic Logic Unit) lebih bagus, menggunakan komputer jenis mainstream yang berbasis intel pentium 4 / D serta AMD athlon juga bisa. Apps berbasis spreadsheet juga merupakan sekian dari beberapa aplikasi paling banyak di download & dibutuhkan banyak kalangan mengingat fungsinya juga fleksibel bisa untuk akuntan, toko, maupun pembelajaran & edukasi & semakin fleksibel dengan beragam versi serta pilihan.

  • Aplikasi Entertaiment & multi media merupakan aplikasi yang biasa dipakai untuk video editing professional, pembuatan efek animasi, Game 3D berbasis Direct-X maupun Open-GL technology, pemrograman yang mengandung script animasi & efek 3D. Untuk menghasilkan streaming maupun rendering yang memuat pixel shader maupun vertex shader yang realistis akan membutuhkan komputer dari kelas prformance yang mampu melakukan lebih banyak (Paralel) multi tasking maupun multi threading. PC yang dipakai biasanya berbasis Intel Core, HT (Hyper Threading), DC (Dual Core), C2D (Core To Duo) / bisa juga AMD 64 FX maupun X2 dengan L2 cache lebih besar dari jenis processor pc value maupun mainstream.



 

Jenis software berdasarkan perangkat yang dipakai dibedakan menjadi :

  • Software desktop yang biasa dipakai pada perangkat berbasis processor seperti komputer, laptop, notebook, netbook & lainnya. Sifatnya fleksibel terremove & dipasang sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

  • Software mobile biasa dipakai pada perangkat bergerak & lebih portabel seperti handphone, smartphone & perangkat mobile lainnya.

Humanity Book Basic ReferenceSementara itu penyampaiannya semoga referensi singkat & sederhana ini menambah wawasan & wacana mengenai aplikasi yang sekarang banyak digunakan, maupun perangkat lunak OS / software & berbagai jenis program semakin banyak versi serta pilihannya dalam memenuhi kebutuhannya. Sebelum & sesudahnya, Terima kasih atas kunjungan & kepercayaannya. Selamat bekerja & beraktifitas. Sukses adalah Hak.