Standar patokan ukuran hdd yang berbeda beserta contoh yang menyebabkan terdeteksi perbedaan antara yang tertera pada label fisik dengan OS yang digunakan.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 67 artikel masuk dalam Kategori Komputer. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Standar patokan ukuran hdd yang berbeda.

standar patokan ukuran hardiskStandar patokan ukuran hdd yang berbeda beserta contoh yang menyebabkan terdeteksi perbedaan antara yang tertera pada label fisik dengan OS yang digunakan.

Pernahkan anda meneliti atau lagi iseng-iseng lalu ngecek ukuran hardisk yang sebenarnya? Apa yang akan dideskripsikan disini adalah mengenai patokan standar ukuran hardisk yang ternyata berbeda antara produsen hardware dengan pembuat software. Perbedaan ini yang menyebabkan biasanya jika mungkin anda suatu saat setelah membeli hardisk, kemudian HardDisk (HDD) anda instal dan isi dengan dengan Operating System (OS) kesukaan anda ternyata menghasilkan akumulasi ukuran total yang terdeteksi berbeda setelah setup OS dengan yang tertera pada label hardisk yang anda beli, Mengapa demikian? Berikut kronoloisnya dan perhitungannya :

Standar patokan dan ukuran untuk produsen hardware yang ditanamkan dalam bios chipset hardisk :

  • 1 GB = 1000 MB

  • 1 MB = 1000 KB

Sedangkan standar untuk pembuat program atau produsen software / developer OS adalah :

  • 1 GB = 1024 MB

  • 1 MB = 1024 KB

Contoh anda membeli hardisk dengan ukuran 1000GB / 1 Terabyte, maka jika anda memasang pada socket motherboard (IDE/SATA) dan menginstalasikannya dengan OS windows misalnya yang familiar dipakai di komputer anda, Maka yang terjadi adalah :

  • Ukuran secara hardware sesuai dengan label fisik hardware adalah 1000GB / 1TB.

  • Sedangkan nanti pada saat installasi OS selesai dilakukan, Maka jika anda melihat properties pada storeage melalui windows explorer misalnya, atau file explorer apa saja yang akan anda pakai untuk mengexplore, Maka nilai totalnya adalah 1000GB / 1024MB = 976.5625MB, sesuai dengan standar patokan operating system (OS).

Sekarang anda sudah bisa mengukur dengan HDD berapa saja yang anda punya, dan menemukan alasan maupun inspirasi yang pasti mengapa terjadi perbedaan jenis (FAT dengan NTFS) maupun ukuran antara yang tertera secara fisik di body hardisk dengan kapasitas HDD yang terdeteksi setelah setup OS (Operating System) PC anda. Sementara hanya itu yang bisa disampaikan, Semoga bermanfaat dan menambah referensi, Selamat bekerja dan beraktifitas, Serta Terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan anda.