Jika ingin LCD awet tahan lama dari kerusakan maka perhatikan analisa berikut.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 68 artikel masuk dalam Kategori Komputer. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Jika ingin LCD awet tahan lama dari kerusakan.

Saat ini hampir komputer desktop maupun laptop menggunakan layar LCD, karena monitor LCD memang memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan monitor CRT, dimana monitor LCD ini lebih aman untuk kesehatan mata karena low radiations & mengkonsumsi sumber daya listrik tidak sebanyak monitor CRT, meskipun layar CRT lebih tahan panas. Jika anda adalah salah satu pengguna monitor LCD, maka monitor jenis ini perlu diperhatikan prosedur pemakaian & tempo penggunaanya, Karena LCD memiliki beberapa komponen vital yang sebenarnya riskan terhadap suhu tinggi.

Kerusakan yang paling sering terjadi pada monitor LCD yaitu :

  • POIN-1 : LCD Mati Total tidak ada raster sama sekali - Untuk jenis kerusakan ini biasanya yang kena adalah bagian AC-Maticnya, Untuk komponen seperti transistor maupun kapasitor mungkin masih ada penggantinya, asalkan bukan travo maupun ac-matic bahkan inverternya yang kena, Karena jikaLCD inverter yang kena maka akan sulit sekali mencari penggantinya, karena komponen ini penghasil cahaya neon pada cream lamp. Karena berdasarkan berbagai pengalaman repair, jika me-repair LCD kok yang terkena sudah inverter bahkan cream lamp maka minta ampun untuk mencari penggantinya karena sulit menggunakan seri equivalen mengingat komponen ini bisa dibilang menghasilkan daya paling tinggi. Kalaupun ada penggantinya, harganya cukup mahal.

  • POIN-2 : Layar LCD tiba-tiba blur mengeluarkan gambar kabur & membias - Biasanya jenis kerusakan ini karena frame maupun elemen carbon pada LCD ada yang kotor / mengeluarkan serbuk arang, sehingga gambar jadi membias, Kalau elemen carbon belum luka, mungkin masih bisa diatasi dengan membersihkannya menggunakan air lunak semacam alkohol / cuka yang berkadar 40 - 70%, Tapi jika sudah luka maka harus ganti satu frame dengan rangkanya, & akhirnya harus ganti LCD.

  • POIN-3 : LCD mengeluarkan dot - Jika dalam kondisi demikian, bisa segera dibersihkan dengan air lunak tadi, namun juga tergantung jika dot diluar screen utama maka masih bisa dibersihkan, namun jika berada didalam solusi terakhir adalah membongkarnya, meskipun ada cara lain yaitu membersihkannya dengan metode penguapan / sublimasi dengan teknik khusus, teknik ini cukup sulit karena membutuhkan pengalaman & jam terbang sangat khusus seperti untuk menangani kerusakan poin-1.

  • POIN-4 : Saat dinyalakan led power laptop normal tapi LCD Blank layar hitam, meskipun LED Power nyala / blink tapi ketika dapat input masukan dari VGA tetap saja berkedip-kedip seperti tidak dapat signal vga, Jika mengalami kerusakan ini, biasanya yang harus direplace adalah IC Suspend yang mengatur dim switch triger vga dengan LCD, / jika berbentuk chipset bisa direset itupun jika jelas diketahui pin data & resetnya, Karena LCD keluaran terbaru biasanya IC suspend sudah terintegrasi dengan chipset gambar rgb-nya / ( IC Driver LCD).


Berikut ini tips sederhana merawat LCD agar lebih awet & tahan lama :

  • 1. Gunakan LCD maksimal 4 - 5 jam, setelah itu matikan dengan tombol power digit sekaligus tegangan AC 220nya, karena jika hanya dengan tombol power, sebenarnya ac-matic LCD masih mengikat tegangan meskipun belum diumpan ke modul penghasil gambar (Chipset Image Engine) maupun RGB. Kelalaian melakukan ini biasanya berdampak pada kerusakan poin-1 diatas.

  • 2. Gunakan LCD dengan frekuensi rate tidak terlalu tinggi, Misalkan LCD mampu menampilkan resolusi maksimal 1280 X 1024 85HZ, Maka sebaiknya gunakan frekuensi refresh rate 60HZ, Karena getaran yang terlalu tinggi terutama untuk layar-layar dengan inchi besar sepert 19 Inch ketas biasanya lebih peka pada frekuensi tinggi & jika sudah terlalu lama, biasanya mengakibatkan krusakan jenis poin-2 diatas.

  • 3. Pakailah LCD di tempat / ruangan yang bisa dijaga kebersihannya, & jangan membawa makanan yang mengandung minyak didepannya, Jika suka ngemil / makan sambil menggunakan komputer dengan layar LCD, sebaiknya hentikan dahulu acara kerja dengan komputer anda, & pindah ke lain tempat yang memang khusus untuk makan makanan kesukaan anda, Karena percikan sedikit saja meskipun tak terlihat biasanya akan menimbulkan noktah yang permanen & jika dibiarkan terlalu lama bisa menimbulkan dot pitch seperti kerusakan pada poin-3.

  • 4. Usahakan jika memiliki socketnya, pakailah input jangan DB-9 keluaran VGA (Sinyal Analog) tapi gunakan input digital menggunakan socket DFI (Sinyal Digital) karena sinyal ini memiliki triger lebih halus ketimbang sinyal analog, & dengan cara ini bisa membuat IC-Suspend LCD lebih awet & tahan lama, Gunakan ini jika menggunakan VGA yang support DFI, Karena tidak semua vga memiliki keluaran output DFI & tidak semua LCD memiliki sinyal digital, meskipun sekarang rata-rata LCD sudah compatible dengan socket ini. Signal analog dari vga dengan socket DB-9 ini yang paling dominan menyebabkan kerusakan poin-4. Terutama jika resolusi vga card dibawah standar monitor LCD yang digunakan, Jadi pakai VGA usahakan yang mampu menghasilkan resolusi diatas monitor LCD yang digunakan.

Sedikit info tambahan mengenai perbedaan LED & LCD secara garis besar Jika LED biasanya inverter dihubungkan ke dioda led back light. Sedangkan LCD biasanya terhubung ke Cream Lamp. Kalau dalam monitor CRT fly back langsung dihungkan ke tabung. Untuk laptop yg berhubungan dengan grafis harus bisa menganalisa kerusakan pada LED / fleksibel tidak bisa langsung vonis dibagian layarnya. Perhatikan dengan baik hal yg tidak & boleh dilakukan pada laptop terutama pada bgian layar/monitornya. Sementara hanya itu yang bisa disampaikan, Terima kasih atas kunjungan & kepercayaan anda, semoga referensi singkat mengenai perawatan LCD untuk desktop maupun untuk portable seperti laptop ini bisa bermanfaat & membuat LCD lebih awet & tahan lama. Selamat bekerja & beraktifitas.