Cara membersihkan headlamp mobil yang kusam dan buram bahkan tanpa harus menggunakan bahan bahkan alat khusus teknisi untuk berbagai jenis efek dan penyebab hingga mika menjadi kinclong kembali.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Murah dan Cepat. Sekarang ada 26 artikel masuk dalam Kategori Olahraga. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Cara Membersihkan Headlamp Mobil Hingga Kinclongnya Pol.

bila lamp cover depan mobil kusam, sementara belum tau cara membersihkannya karena sepengetahuan dibutuh peralatan & obat khusus, Maka simak yg baru ini :

Cara membersihkan headlamp mobil yg kusam & buram bahkan tanpa harus menggunakan bahan bahkan alat khusus teknisi untuk berbagai jenis efek & penyebab hingga mika menjadi kinclong kembali. Murah & Cepat!

Headlamp . Penyebab . Bagian . Jenis . Bahan . Alat . Cara . Teknisi

Bersihkan HeadLamp KinclongPengertian Headlamp merupakan komponen dalam mobil pemilik posisi dibagian paling depan sebagai lampu sorot penerangan. Saat ini rata-rata headlamp terbuat dari bahan mika maupun plastik tak terbuat dari kaca murni seperti mobil-mobil jaman dulu kala, sehingga harus mendapatkan perhatian sangat intensif agar tampilan mobil secara keseluruhan tetap kinclong. Headlamp yg kusam masih terbersihkan hingga kinclong kembali, dg catatan bahan parem & alat yg dipakai tepat pada tingkat kekusaman yg tepat. Karena penyebab buram & kusamnya headlamp ini beragam sekali. Sehingga membutuhkan cara & teknik sangat khusus & bahkan bila sudah sampai flek dibagian dalam membutuhkan teknisi headlamp yg profesional & ahli dibagain khusus lampu.

  • Headlamp yg kusam & bures apalagi baret-baret akan mempengaruhi ketajaman nyala & sorot lampu, sehingga saat mengemudi akan membutuhkan fokus lebih tinggi & membuat pengendara lebih tegang apalagi bila baru latihan setir mobil susah itu pasti karerna saat bawa mobil sudah lebih tegang di malam hari. Namun bila jeli, teliti & hati-hati maka headlamp akan tetap melong & kinclong dalam waktu yg lama. Idealnya umur headlamp adalah 3 sampai 4 tahun ganti mika.

Penyebab headlamp menjadi kusam & buram :

  • Karena umur mobil yg sudah tua / lama.

  • Malas membersihkan headlamp terutama setelah kena air hujan. Mengapa demikian karena air hujan mengandung serbuk butiran yg kasar, bila dibiarkan mengendap terus-menerus akan menggerus permukaan cat / dalam hal ini mika headlamp, bila sudah tergerus permukaannya akan merembes kedalam headlamp, & apabila nanti kena sinar terlalu lama, maka saat panas akan memuai & tambah lebar, apabila suhu terlalu signifikan perbedaannya antara bagian luar & dalam headlamp, maka efeknya akan buram, menguning & kusam. Kalau sudah seperti ini sudah parah, mau tak mau harus diganti yg baru & harga headlamp original cukup menguras kantong alias mahal.

  • Frame Chrome yng bocor, tergores maupun berlubang. Kadang saat kita berkendara tdk terasa apabila headlamp menyentuh sesuatu, gesekan maupun getaran yng ditimbulkan tdk jarang akan meninggalkan luka baik berpori-pori kecil maupun besar, terutama dibagian dekat kipas radioator, udara & debu akan masuk & lama-kelamaan melumpur. Ciri khas apabila dampak ini terjadi adalah headlamp dari luar kinclong, tapi apabila dilihat dari samping kelihatan kehitaman, apabila melihat ini segera bongkar & rawat pada ahli headlamp mobil supaya ter cek & di tambal kebocorannya.

  • Pengembunanan karena lem yng sudah usang. Lem yng sudah usang & lama akan mengeras, kalau sudah sangat keras biasanya akan korosi, kalau sudah berpori & dekat dg heatsink radiator maka akan mengembun karena heatsink saat mesin tidak nyala akan sangat dingin.

  • Bagian luar yng menguning.

  • Splet kena cahaya lampu yng terlalu panas sehingga merusak mika bagian dalam.

  • Daya lampu (Watt) yng tidak seimbang. Gunakan lampu bohlamp yng seimbang kanan kiri & dianjurkan sesuai dg ukuran pabrikan, terutama kalau akan di variasi.

Bagian inti yng terdapat dalam headlamp :

  • Lampu dekat, jauh, left righting, right righting.

  • Frame Chrome yng mengkilap untuk memantulkan & memendarkan cahaya dng fokus yng sempurna.

  • Mika pembungkus / Lamp Cover, pembungkus ygn terbuat dari plastik / mika.

Jenis kerusakan warna mika headlamp :

  • Bagian luar termasuk ringan, mengerjakan sendiri dng urutan ygn benar.

  • Bagian dalam termasuk kelas berat, harus dikerjakan oleh teknisi ygn membidangi khusus headlamp, karena bongkar pasang headlamp butuh keahlian & alat-alat khusus.

12 Bahan umum / obat ygn biasa dipakai untuk memberishkan headlamp agar kinclong kembali :
  • 1. Sanpoly Wax.
  • 2. Kit Wax Gold.
  • 3. White Compound / kompon ygn putih. Fiber Compund untuk headlamp ygn kusamnya sudah parah.
  • 4. Amplas paling halus, dipakai dng air & harus dalam kondisi basah saat ngamplas kalau diperlukan saja. Digunakan oleh teknisi headlamp ygn profesional & sudah tinggi jam terbangnya.
  • 5. Air bersih.
  • 6. Lap Microfiber.
  • 7. Lap Chamois.
  • 8. Kanebo jenis lap ygn berdaya serap tinggi.
  • 9. Waxco Lamp Covers. Untuk melindungi mika dari panas matahari.
  • 10. Lap kering & bersih.
  • 11. Pasta Gigi ygn mengandung whitening khusus. Pasta gigi terpakai dari merk apa saja, ygn penting mengandung whitening khusus & extra.
  • 12. Cairan penghilang jamur mika / kaca.
Notes : Bahan & alat ygn sering dipakai secara standar untuk kelas kekusaman yang ringan bagian luar biasanya : nomor 2, 3, 5, lap bersih & kering, 8, & 11. Bahan lain hanya dipakai seperlunya terutama untuk kelas berat & teknisi headlamp profesional. Karena untuk kelas berat biasanya butuh tambahan : Obeng, Scope, Heater, hari dryer, blower uap panas, grenda dgn pembungkus bulu microfiber kering, & lem karet.
Cara membersihkan headlamp yang sudah kusam :
  • Teknik membersihkan headlamp untuk kelas ringan dibagian luar terkerjakan sendiri, caranya : bersihkan mika headlamp dgn air bersih, cuci sepertia biasanya, setelah itu lap dgn kanebo. Setelah agak kering, gunakan lap microfiber yang diberi pasta gigi secukupnya, usap keseluruh bagian mika headlamp. Biarkan & diamkan sebentar, setelah itu gunakan lap chamois setengah basah untuk membersihkan pasta giginya. Setelah bersih gunakan lap kering & bersihkan sampai kering. Setelah kering & bersih, silahkan lihat bedanya, kalau dirasa sudah cukup maka sampai disitu saja sudah kinclongnya pol kan. kalau masih terasa kurang kinclong, lanjutkan dengan memberikan compound putih merata keseluruh mika headlamp, biarkan & diamkan sebentar, kemudian gunakan lap kering dengan gerakan memutar merata sampai bersih, setelah kering tinggal menggunakan kit gold wax untuk lebih kinclong sekaligus melindungi mika headlamp dari sinar ultraviolet. Untuk kelas ringan bagian luar, sampai disini saja sudah cukup & kinclongnya pol kan. Apalagi jika mika headlamp masih orisinil & belum pernah ganti.
  • Teknik mengatasi headlamp untuk kelas berat yaitu karena flek di bagian dalam headlamp. jika ini terjadi maka jika belum paham benar slah & celah cara bongkar pasang headlamp, lebih baik serahkan pengerjaannya pada teknisi ahli & khusus yang biasa menangani headlamp. Karena tidak semua bengkel variasi mobil, salon mobil akan berani melakukan ini karena resikonya akan mengembun & bisa lebih parah kusamnya. Cari & temukan orang yang dipercaya maupun teknisi headlamp yang benar-benar ahli untuk mengerjakannya, tarifnya memang cukup mahal karena memang tingkat kseulitannya cukup tinggi terutama saat bongkar pasang sampai jadi & terjamin kebersihannya tidak mengembun. Tarifnya bisa berkisar 50 sampai 150rb per headlamp (kalau mau nego sendiri ya boleh), tapi hasilnya terjamin benar-benar seperti headlamp baru jika sudah selesai dikerjakan, apalagi jika pengerjaannya cepat & tertunggu. Tarif pengerjaan headlamp ini ditentukan oleh : bahan yang digunakan, alat yang digunakan, & kualitas hasil yang diinginkan.
Notes : Kalau teknisi headlamp yang sudah profesional & ahli, maka bahan yang dipakai malah justru lebih sederhana hanya saja teknik yang dipakai untuk membersihkan headlamp butuh skill & keahlian sangat khusus serta fokus ketelitian yang matang. jika headlamp sudah berhasil dicopot & dibongkar, maka bagian luar hanya dengan kit wax gold sedangkan bagian dalam dengan sanpoly wax, untuk finishing dengan lem karet tembak untuk melapisi bagiang tepi & lem pasir untuk menutup / ndempul bagian chrome yang mungkin bocor sebagai penyebab kusamnya headlamp selain beberapa dari 12 bahan diatas.
Sementara itu tips penyampaiannya terutama untuk mengatasi headlamp kusam kelas ringan dibagian luar, semoga bermanfaat & terpraktekan langsung. Selamat bekerja & beraktifitas. Terima kasih atas kunjungan & kepercayaannya.