MCSCV Logo Background Banner -


Logo Info Yang Baru -

Pengertian elektronika adalah cabang ilmu yg mempelajari aplikasi teknologi arus kuat dan lemah dari komponen analog, digital sampai dengan komponen terintegrasi Microchip.

Saat ini ada 6 artikel yang masuk dalam Kategori Elektronika. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif. Halaman ini bisa anda lihat dengan PC-Desktop maupun dengan Smartphone Android atau Mobile Version. Silahkan simak selengkapnya materi tentang Elektronika khususnya mengenai pengertian elektronika.

Pengertian Microchip & perbedaan konsep cara kerja Chipset dg Microprocessor.

Pengertian . cara kerja . chipset . Microprocessor . Perbedaan

Dasar dari teknologi microchip sebenarnya ada pada pengembangan dioda germanium & transistor, dua komponen inilah yg mendasari terbentuknya microchip, sebagai komponen yg memiliki kinerja kompleks dg berisi tidak hanya hardware saja tetapi berisi program / firmware, microchip dalam jangkah kinerjanya tidak hanya mengolah signal analog tetapi lebih dominan mengolah signal digital utk di transformasikan pada keluaran akhir pada perangkat analog, utk pengertian sederhanya microchip sebenarnya berisi perintah - perintah relay yg sangat kompleks yg di bakukan dalam bentuk algoritma utk menyelesaikan sebuah proses dalam sistem elektronika, / pada satu blok modul elektronika.

Dalam tulisan singkat ini tidak akan membahas terlalu mendasar & mendetail dari nol, karena kalau di jelaskan benar-benar dari titik nol, akan sangat banyak & membutuhkan banyak referensi & kajian, baik dalam bentuk pengertian dasar secara terminologi ataupun dasar-dasar exactnya. Dianjurkan jika anda ingin memahami lebih banyak, silahkan bisa membaca & mendapatkan materi mengenai konsep kerja bios, perbedaan ilmu pengetahuan & teknologi, & lainnya bisa anda temukan disitus ini, jika bingung dalam navigasi menu, silahkan masuk pada menu fast search utk mencari topik yg anda inginkan. Dan juga dianjurkan buat membaca materi ini anda sudah memahami konsep elektronika digital, yg juga bisa anda temukan disitus ini.

Literatur singkat mnegenai teknologi microchip ini lebih ditunjukan secara umum & universal agar penjabaran secara ilmiah lebih bisa di pahami oleh kebanyakan / umum, karena jika penjabarannya terlalu teknis, akan membingungkan bagi pembaca terutama yg memiliki background bukan dari teknik, terutama teknik elektronika ataupun pemrograman.

Microchip, IC (integrated Circuit) Bagaimana teknologi dua benda ini? bagaimana memahami & membedakan konteksnya? & apa peranya dalam perkembangan dunia teknologi khususnya berbasis pemrograman & elektro / electronic?

  • Pengertian Microchip adalah kumpulan komponen elektronika yg terintegrasi dalam satu medium dalam ukuran yg kecil bahkan dalam ukuran sangat kecil (micron), komponen didalamnya bekerja & terkait satu sama lain dalam satu sistem algoritma / alur logika, yg akan memberikan result / output tunggal setelah melewati proses sesuai dg alur yg terdapat dalam microchip itu sendiri. Microchip dibentuk dalam ukuran yg diperkecil dg tetap mempertahankan struktur dasar & kinerjanya baik secara aritmetis mwpun menurut algoritma didalamanya. Microchip tidak hanya berisi hardware saja tetapi seperti dijelaskan diatas, didalamnya sudah terintegrasi firmware/program yg berisi struktir algoritma digital.

IC (Integrated Circuit) sebenarnya tidak jauh berbeda dg microchip, hanya saja memang agak sulit membedakan keduanya, karena memang sama-sama komponen elektronika yg terintegrasi, Perbedaannya sebenarnya ada pada sistem rangkaian komponen & kinerjanya. Jika microchip berisi rankaian digital & analog sedangkan IC lebih berisi komponen elektronika analog yg diperkecil dalam satu sirkuit terintegrasi, Microchip memiliki peran dalam control & bisa sebagai sensor logika, yg hasil keluaran / outputnya nanti akan dikerjakan oleh komponen seperti IC. Jadi secara logika saja microchip memiliki kedudukan lebih tinggi dibandingkan IC. Memang IC & microchip secara harafiah terlihat sama, tapi jika dijabarkan secara lebih rinci akan terlihat perbedaannya baik dari segi terminologinya & harafiahnya.

Bagaimana cara kerja microchip? Secara sederhana analogi apa yg sebenarnya dikerjakan microchip adalah sebagai berikut : Alur logika sebuah rumusan pemikiran panjang mengenai sebuah target / solusi, kemudian disederhanakan dalam deret poin-poin rinci logika, kemudian dipetakan dalam flow chart, flow chart tersebut berisi algoritma tertentu, & keseluruhan algoritma ini akan menghasilkan output tunggal yg tertanam dalam microchip. Keluar masuknya deret algoritma ini melalui beberapa gerbang (gate) yg biasa disebut dg gerbang logika. Dalam dunia elektronika digital ada beberapa gerbang dasar seperti AND, OR, NOT & pengemgbangannya dalam gate NAND, NOR, NNOT. Untuk memahami ini & contoh bagaimana simulasi & kinerjanya, anda bisa membaca pada konsep dasar elektronika digital, anda bisa temukan dihalaman lainnya. Dan keseluruhan dari rentetan baris logika yg tersusun sistematis dalam suatu algoritma inilah yg dikerjakan microchip.

Microchip memiliki peran ygn sangat besar dalam perkembangan dunia teknologi, terutama elektronika & pemrograman, dg adanya microchip ini perangkat elektronika, bisa dibentuk dalam ukuran ygn portable & mobile, contoh perangkat ygn mengintegrasikan microchip didalamnya seperti Komputer, Handphone, Cellular, Digital Player, & berbagai jenis perangkat penghitung & perangkat komunikasi, jika disebutkan satu-satu contohnya akan sangat banyak, & mungkin anda lebih paham & familiar dgn hasil aplikasi microchip ini. Integritas komponen & integritas algoritma ygn tertanam dalam microchip akan menentukan kualitas & dimensi perangkat digital. Contoh dari analogi ini adalah perangkat seperti ponsel ygn sekarang ini memiliki kinerja hampir sama dgn komputer, artinya tidak terbatas pada fungsi dasarnya sebagai alat komunikasi / communicator, tetapi lebih kompleks dari itu. Semua ygn tertanam didalamnya mampu menyelesaikan perintah & logika-logika dari algoritma ygn sangat rumit, maka dari itu ada beberapa ponsel berbasis OS modern seperti SYMBIAN, ANDROID, Pocket Mobile, & lainnya, ada ygn dikategorikan sebagai SMARTPHONE, mengapa? Karena didalamnya tertanam microchip ygn mampu menyelesaikan algoritma-algoritma rumit ygn kompleks & mentransformasikannya menjadi sebuah fasilitas cerdas ygn mudah digunakan banyak orang dalam membantu menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus / secara simultan pada satu medium saja. (User Friendly).

Jika anda termasuk salah seorang ygn saat ini menggunakan smartphone, coba pada waktu luang anda diam sejenak & pahami bagaimana program-program didalamnya bekerja, diluar ygn sering anda lihat dilayar menu smartphone anda, coba pahami mengapa jika koordinat tertentu disentuh (Touch Screen Smartphone) maka akan menuju pada suatu koordinat menu ygn berisi beberapa bloks ygn lebih banyak & kompleks, bagaimana itu bisa terselesaikan tanpa deadlock? yah jawabannya karena dalam microchip tersebut terdapat algoritma sistem cerdas ygn mampu menerjemahkan aktifitas-aktifitas ygn berhubungan dgn logika menjadi sebuah target & tujuan tunggal setelah melalui proses ygn kompleks dari logic.

  • Apakah membuat program itu sulit? tentunya jawaban ini akan sangat relatif tergantung kapasitas anda masing - masing, & tergantung pada konteks apa & menyelesaikan logika seperti apa program itu dibuat, difungsikan & digunakan pada perangkat seperti apa. Analogi sederhananya : Membuat program itu adalah membukukan logika berpikir manusia dalam bentuk ygn baku & terprosedur menjadi bentuk algoritma ygn dimengerti engine / sistem elektronik / lebih luas ygn dimengerti komputer. Seseorang yng membuat program / seorang programmer akan berpikir secara simultan baik skeptis menurut logika berpikir manusia & alur algoritma yng dimengerti engine seperti yng disebutkan diatas, Tingkat kerumitannya tergantung dari target & solusi yng akan dipecahkan dalam output / keluaran tunggal.

Bagaimana memahami ini secara sederhana? ok, contohnya seperti ini : anda mungkin akan sangat memahami jika ada rumusan a+a=hasil penjumlahan variabel a, / a x a = a2 , & berbagai operasional dasar bilangan. Nah sekarang pertanyaanya : bisakah anda mentransformasikan dalam sebuah baris program supaya dimengerti engine? bisakah anda menerjemahkannya dalam baris program yng akan bekerja jika variable apapun yng akan dimasukan akan menghasilkan bentuk perkalian & penjumlahan, Itulah analogi yng paling sederhana, diluar hal-hal yng berhubunngan dgn algoritma yng rumit & kompleks. Apa contoh sederhananya? dari implementasi logika ini & microchip? contohnya adalah Kalkulator yng biasa anda gunakan / mesin hitung, coba anda pahami mengapa setiap variable / angka yng anda tekan & difungsikan dalam sebuah operasi matematika akan menghasilkan output & keluaran tunggal? yah, tentu dalam kalkulator tertanam microchip yng didalamnya sudah dilengkapi dgn program, & program tersebut berisi algoritma / rentetan logika operasinal bilangan. Ingat itu hanya contoh sederhana saja, supaya lebih bisa dipahami & dimengerti kalangan luas.

Pengertian chipset adalah komponen terintegrasi seperti ic namun didalamnya sudah memuat komponen yng lebih khusus melakukan proses inti logic seperti processing, switching, interupt, layanan input output, triger, relay & delay, timer time slot & clock. Komponen yng ada didalamnya, terhubung secara sistematis sesuai dgn konsep algoritma yng tertanam didalamnya sesuai dgn target kinerja sistem yng dibebankan. Chipset sebenarnya lebih kompleks dari processor, hanya saja jika processor merupakan system, sedangkan chipset adalah sub-systemnya, & didalam chipset ada processor kelas menengah bukan main processor system keseluruhan, Memang agak pelik membedakannya, karena keduanya sama-sama komponen terintegrasi, Tapi jika anda sudah memhami elektronika digital terutama teknik switching, trigging, check-summary ic eeprom, mungkin bisa lebih sedikit nampak mudah kelihatannya dng pemahaman ini. Bagaimana dng microprocessor? Pada inti secara keseluruhan Microprocessor adalah komponen berbasis micron yng didalamnya memuat inti logic dalam mengatur seluruh relay sistem utama secara aritmatis buat menuju satu target tunggal dng mengkombinasikan seluruh proses pada sub-sistem chipset kemudian menarik sebuah kesimpulan tunggal, inilah tugas utama processor. Sedangkan processor bekerja berdasarkan algoritma digit / konsep gerbang logika. Kurang lebihnya secara singkat seperti itu teknisnya.

Bagaimana Memahami Perbedaan Microchip Mikrokontroller, Microprocessor, IC (integrated circuit), & komponen elektronika analog? Apa peran komponen tersebut? & Bagaimana Saling Berhubungan?

  • Untuk membedakan beberapa komponen diatas, memang akag sulit terutama menemukan kalimat & bahasa yng tepat buat membedakannya & menjelsakannya lebih sederhana, Untuk menjelaskan ini hampir sama seperti anda membedakan pengertian & pemahaman mwpun perbedaan mengenai ilmu (sains), pengetahuan, & teknologi. Untuk lebih sederhana akan dicoba menjabarkan ini dng lebih sederhana & semoga mudah dipahami.

Untuk microchip & IC, sudah beberapa diantaranya dijelaskan diatas secara singkat, Sekarang mikrokontroller & microprocessor. Mungkin buat memahami analogi ini , bisa digambarkan sebagai berikut : IC -> Microchip -> Microprocessor -> Mikrokontroller. Didalam microchip terdapat IC, didalam Microprocessor terdapat microchip, Didalam Mikrokontroller terdapat ketiga komponen tersebut. Intinya secara sederhana microchip & microprocessor sama-sama mengerjakan deret logika dalam algoritma tertentu utk menghasilkan proses tunggal & menggunakan komponen elektronika khusus sesuai dng fungsi & kapasitas microchip / microprocessor itu sendiri. Dalam microprocessor terdapat beberapa microchip yng disatukan dalam satu medium microprocessor & menjalankan multiple proses secara bergantian, karena proses itu sangat cepat maka bisa hampir simultan karena interval antara proses yng satu dng yng lainnya bergantian dalam tempo milidetik, dalam dunia komuter sehari-hari dikenal dng Multitasking. Anda pasti familiar dg komputer yg mampu mengerjakan banyak proses secara bersamaan / simultan pasti ditentukan oleh kekuatan & jenis microprocessornya/processornya. Sedangkan mikrokontroller hampir sama dg Komputer yg diperkecil, karena dalam mikrokontroler terdapat ketiga komponen diatas & beberapa komponen elektronika, dalam mikrokontroller sudah terdapat RAM, ROM, EPROM, EEPROM, Microprocessor, Microchip, & semuanya terintegrasi dalam ALU (Aritmetik Logic Unit). Untuk lebih rinci anda bisa review mengenai mekanisme kerja ic bios maupun mengenai dasar perbedaan ilmu pengetahuan & teknologi.


Untuk tambahan referensi yang berhubungan dengan Pengertian Teknologi Microchip dan Perkembangannya Dalam Dunia Digital silahkan bisa membuka halaman Kategori Elektronika yang didalamnya juga berisi sub materi tentang pengertian teknologi microchip.




Comment

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis pakai format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
4 & 4=?

 
  

Silahkan jika serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh. Syarat komentar : gunakan data valid, terutama email aktif & subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik & prosedur tidak akan direspon. Comment harus sesuai topik materi perihal pengertian elektronika.

 
 

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel bab pengertian elektronika :

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
   Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
4 & 4=?
 
  
   
 
 

Post Visitor

  
Nama
E-Mail
  
Isi Pesan
Nama rekan
E-Mail
Hasil perkalian
4 & 4=?
 

Jika memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat juga membutuhkan informasi artikel khusus ttg Elektronika ini maka boleh mengirimkan info ini menggunakan email valid. Gunakan post visitor sebaik mungkin, silahkan isi form post visitor diatas secara baik & benar serta materi topik berhubungan tentang pengertian elektronika.

 
 

Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access