MCSCV Logo Background Banner -


Logo Info Yang Baru -

Pengertian dan konsep kerja berbagai audio digital dan variannya yang terdapat pada perangkat digital, seperti PC, HP, Smartphone, Etc.

Saat ini ada 59 artikel yang masuk dalam Kategori Komputer. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif. Halaman ini bisa anda lihat dengan PC-Desktop maupun dengan Smartphone Android atau Mobile Version. Silahkan simak selengkapnya materi tentang Komputer khususnya mengenai Pengertian File Perangkat Audio Digital.

Pengertian dan Konsep Dasar File Audio Digital dan Jenis maupun Variannya dalam Berbagai Perangkat Digital.

MP3 MPEG . AMR . WAV . AAC . MIDI . WMA . 3GP . MP4 . AVI . WMV

Berikut ini adalah beberapa jenis file audio digital seperti MP3, AMR, WAV, AAC, MIDI, WMA, 3GP, MP4, AVI, WMV dan beberapa penjelasan secara singkat dan teknis mengenaipengertian dan konsep dasar file-file tersebut di encode dan bisa digunakan pada berbagai media portable.

  • MP3 MPEG Audio Layer 3 merupakan file Audio yang terkompressi, file ini berisi digit kode data Audio dalam algoritma tertentu, jadi sebenarnya pada saat file MP3 diputar, dan mengeluarkan signal Audio dalam bit rate tertentu, data-lah yang sebenarnya dibaca processor kemudian di terjemahkan ke kanal card/modul Audio digital, pada bit rate tertentu. Kualitas suara MP3 Audio ditentukan oleh bit rate dan frekuensi Audionya, Sedangkan harmonisasi nadanya ditentukan oleh kemampuan MCU / CPU / Processor dan Chip Audionya dalam memproses kode bit-rate Audio dan frekuensinya (Kemampuan Streaming dan Encoding). File MP3 ini paling familiar pada masyarakat khususnya pengguna PC dan Perangkat Mobile (Ponsel/handphone), karena ukurannya yang kecil dengan kualitas suara yang hampir sama dengan CD Audio (Track File). dan Flexible dalam multi sharing.

  • AMR (Adaptive Multi Rate) merupakan file Audio codec yang terkompressi, file ini ber ekstensi AMR, dan berukuran sangat kecil, File ini dihasilkan dari sebuah encoder yang menyesuaikan dengan kemampuan processing dan streaming MCU/CPU, sehingga file yang dihasilkan memiliki bit-rate yang sesuai dengan MCU/CPU/Processor yang digunakan, file ini biasanya lebih banyak di tanamkan pada perangkat mobile (Embeded File), dan bisa di transformasikan dalam bentuk fileMP3.

  • WAV (WAVeform Audio Format) Merupakan file Audio yang tidak terkompressi dan berukuran besar, file ini berbasis trackAudio, Sehingga Encoder dalam menghasilkan file WAV tidak ditentukan oleh kekuatan streaming processor/mcu/cpu, bit-rate yang dihasilkan tergantung bit-rate modul sound card dan store-age yang digunakan. FileWAV bisa disebut file yang universal, karena bbisa di kompressi ke beberapa jenis fileAudio/format Audio. Karena data-data digit kode Audio didalam fileWAV sangat lengkap secara menyeluruh, sehingga encoder file lebih mudah menerjemahkan algoritma data Audio ke bentuk/transform format lainnya.

  • AAC (Advanced Audio Coding) merupakan file Audio yang terkompressi sangat kecil tapi mempertahankan kualitas suaranya, file ini dihasilkan oleh encoder yang memiliki algoritma dan logika digit codeAudio yang rumit, maka dari itu file berukuran kecil tapi suara dan kualitasnya bisa dipertahankan oleh player dengan plugin tertentu, kinerja file ini pada saat di encode maupun di putar player tertentu ditentukan oleh kemampuan streaming dan encoding dari processeor/mcu/cpu dalam menerjemahkan kode digit Audio dalam format AAC, sehingga bisa terdengar menjadi signal Audio yang bisa diperdengarkan usernya.

  • MIDI (Musical Instrument digital Interface) yaitu file yang berisi hanya tangga nada Audio yang kemudian diterjemahkan oleh intrument interface dari sebuah processorAudio / encoder, keragaman tangga nada yang dihasilkan atau yang bisa didengarkan tergantung dari jumlah chanel dari sound card/ processorAudio yang digunakan. File MIDI berukuran sangat kecil karena hanya berisi kode tangga nada yang dipahami algoritmanya oleh interfaceAudio yang terdapat dalam soundcard/processor Audio. File MIDI sangat familiar dengan berbagai jenis perangkat mobile karena ukurannya yang kecil, dan familiar terhadap berbagai jenis processorAudio, baik kelas rendah,menengah, dan kelas tinggi.

  • WMA (Windows Media Audio), Merupakan file yang memiliki pengertian teknis kompressi yang hampir sama dengan MP3, namun membutuhkan decoder / streaming processor yang lebih tinggi diatas decoder MP3, untuk bisa maksimal memainkan file ini.

  • 3GP merupakan file video standard yang digunakan dalam perangkat mobile, secara garis besar file ini adalah file hasil dari kompilasi file kompressi Audio dan video dalam resolusi yang compatible untuk perangkat mobile/ponsel dengan ukuran yang portable dan beragam.

  • MP4 merupakan file video hasil rendering dari kompilasi file terkompresi MP3 dan File Video dengan standard resolusi PAL dan NTSC Video dalam ukuran yang lebih kecil dari file berbasis MPEG.

  • AVI (Audio Video Interlaced) merupakan file hasil rendering dari kompilasi file Audio dan video dengan standard resolusi PAL dan NTSC Video dengan ukuran yang lebih besar dan memiliki track chanel / layer yang lebih kompleks, dan biasanya di jadikan source untuk pembuatan DVD dengan berbasis DOLB Ydigital (Dengan chanel Audio dan video Multi Layer)

  • WMV (Windows Media Video) secara teknis memiliki pengertian dasar yang sama dengan file AVI, MP4, 3GP, yang berbeda hanya pada type dan jenis kompressi datanya. File ini biasanya bisa dibuka pada ponsel-ponsel smartphone berbasis windows pocket mobile. Pada pc file ini biasanya dibuka dengan win media player.


Untuk tambahan referensi yang berhubungan dengan Pengertian dan Konsep Dasar berbagai jenis File Audio digital silahkan bisa membuka halaman Kategori Komputer yang didalamnya juga berisi sub materi tentang konsep audio digital.




Comment

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis pakai format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
2 & 10=?

 
  

Silahkan jika serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh. Syarat komentar : gunakan data valid, terutama email aktif & subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik & prosedur tidak akan direspon. Comment harus sesuai topik materi perihal pengertian file perangkat audio digital.

 
 

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel bab pengertian file perangkat audio digital :

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
   Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
2 & 10=?
 
  
   
 
 

Post Visitor

  
Nama
E-Mail
  
Isi Pesan
Nama rekan
E-Mail
Hasil perkalian
2 & 10=?
 

Jika memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat juga membutuhkan informasi artikel khusus ttg Komputer ini maka boleh mengirimkan info ini menggunakan email valid. Gunakan post visitor sebaik mungkin, silahkan isi form post visitor diatas secara baik & benar serta materi topik berhubungan tentang pengertian file perangkat audio digital.

 
 

Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access