MCSCV Logo Background Banner -


Logo Info Yang Baru -

Cara mendeteksi dan mengatasi aneka permasalahan pada HP mulai dari yg bersifat standar maupun unconditional baik fw dan modulnya.

Start dari : Vcc positif, negatif dan BSI-Line. Kemudian hardware tools, Screw mounter pinset tool, PC OS compatible, Maintenance IC BGA, dan meng-kondisikan ketenangan dan kesegaran (FIT and Freshness). Simak selengkapnya tutorial dasar troubleshooting HP. Saat ini ada 47 artikel yang masuk dalam Kategori Handphone. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif. Halaman ini bisa anda lihat dengan PC-Desktop maupun dengan Smartphone Android atau Mobile Version. Silahkan simak selengkapnya materi tentang Handphone khususnya mengenai ASK Gmn Cara Mendeteksi dan Mengatasi Aneka Permasalahan HP Tutorial Dasar.

 Syarat mengatasi kerusakan dan masalah aneh reparasi hp sehingga anda bisa menjadi teknisi spesialis servis handphone semua kerusakan bahkan untuk pemula sekalipun nantinya bisa.

Masalah . Aneh . Syarat . Solusi . Spesialis . Download

Solusi Permasalahan Servis Hp! - Setiap teknisi spesialis servis Hp (HandPhone) sudah pasti tidak ingin mendapatkan kerusakan maupun permasalahan servis hp yang aneh-aneh dan sukar dianalisis. Memang pada kenyataannya yang namanya dunia servis hp kadang ada saja masalah konsumen itu, ada yang ringan ditanyakan ke teknisinya, ada yang memang sudah patut ditanyakan ke teknisinya. Jika anda sekarang ini sedang menjalankan usaha sebagai teknisi hp, maka untuk lebih preventif supaya tidak timbul permasalahan aneh servis hp maka anda bisa simak tips dan solusi berikut ini, yaitu mengenai hal yang jarang diperhatikan saat servis hp tapi bisa menjadi syarat mutlak kalau anda ingin lancar dan sukses servisan hpnya. Mengingat servis hp itu termasuk peluang usaha yang potensial dalam jangka panjang bagi siapa saja yang mau menekuni dan mempelajarinya. Karena dunia servis hp dan perbaikan ponsel dengan berbagai dongle dan flasher box yang semakin canggih pula. Sekarang ini memang fasilitas download untuk mendapatkan referensi perbaikan hp semakin banyak ditemukan dan sudah tidak tertutup seperti zaman dulu kala. Meskipun memang untuk menemukan satu yang spesialis dan terbaik akan sangat sulit karena memang jumlahnya banyak sekali di internet. Tapi diharapkan dengan referensi kali ini bagi anda yang serius ini menekuninya bisa mendapatkan referensi yang tepat untuk mengembangkan keterampilan servis hp bahkan meskipun berangkat dari pemula sekalipun pasti bisa.

Jika anda memiliki keterampilan spesialis servis hp jalas sangat banyak manfaatnya baik untuk sendiri maupun untuk usaha sampingan maupun usaha inti. Sebab saat ini hp yang mengarah ke jenis smartphone dengan berbagai merk dan tipe sudah semakin berkembang dan sudah menjadi kebutuhan umum semua lapisan masyarakat. Harga Hp sekarang juga semakin murah dan terjangkau dengan berbagai penawaran menarik dan diskon besar-besaran pada semua merk hp. Dengan garansi vendor yang semakin pendek karena mengurangi operasional QC maupun RnD. Atas dasar inilahteknisi spesialis servis hp semua jenis kerusakan semakin dibutuhkan di setiap daerah di indonesia.

Pernakah anda mengalami masalah aneh pada saat servis hp? Yah, bagi anda yg sudah berkecimpung dalam dunia spesialis repair ponsel, atau bahkan bagi anda yg baru saja memulainya, pasti sudah pernah mengalaminya. Apakah yang dimaksud masalah aneh? Masalah yg dimaksud disini bukan aneh-aneh, Tapi sebenarnya adalah logis dan rasional namun jarang diperhatikan, Sehingga karena kurang referensi dan analisa akhirnya menganggap masalah aneh.

Trouble maupun kerusakan masalah aneh servis hp yang ditimbulkan disini maksudnya adalah sebuah kondisi yang timbul ketika kita sudah menjalankan seluruh prosedur teknis secara normal, namun menghasilkan result repair yang berbeda. Itulah entri poinnya. Contoh yang realistis saat anda mendayagunakan segenap kemampaun spesialis cara servis hp pada kondisi mati total (matot) karena basah terkena air pastinya analisa akan lebih sistematis secara keseluruhan dan membutuhkan teknik yang tidak biasa saja. Apagai jika anda sedang servis ditunggu konsumen anda pasti rasanya lebih tertekan, sudah servisan sulit, butuh konsen malah diajak ngobrol sama konsumen, proses perbaikan dan servis hp jadi lama.

Okay, TP looks oke - Berikut ini beberapa rangkuman sekaligus TIPS singkat mengenai hal tersebut dan teknis sederhana untuk anda mengatasinya (Fokus, Teilit, Konsentrasi dan Cermat), Syarat utama melakukan servis hp atau repair modul ponsel maupun Elektronika Digital :

  • 1. POIN Utama : Pastikan VCC (Catu Daya) dalam kondisi bagus dan relevans, Baik Vcc dan Daya (I) - Ampere. Jika anda menggunakan Baterai pastikan dalam kondisi ter-charge secara penuh, Jika anda menggunakan sumber tegangan luar seperti adaptor / PSU khusus, Pastikan PIN (+), (-), dan BSI (Line) untuk triger, Sesuai dengan konsumsi HP yg akan anda repair dalam keadaan normal, Jadi meskipun ponsel yg akan anda repair MATOT Sekalipun, Kondisi CATU Daya yg terpenuhi adalah sangat vital, Patikan tidak terjadi Distorsi Vcc atau I-Relevans Core voltage.

  • 2. Pastikan perangkat hardware tools, seperti flash kabel, baik single atau anda yg menggunkan universal kabel flasher, Memiliki konektifitas yang bagus dalam mengalirkan vcc dan data, Untuk sederhanya mengecek kondisi ini adalah dengan menggunakan AVO Metter analog, Lebih baik lagi menggunakan yg digital. Gunakan mode BUZZING dan tempelkan tep-tep avo metter anda pada ujung-ujung PIN kabel anda, jika BUZZING Ear (Terdengar bunyi beep dengan normal) pada setiap LOOP Ujung demi ujung pinnya, maka Sudah bisa dipatikan kabel anda memiliki konduksi yang bagus. Anda juga bisa mengukurnya dengan menggunakan mode SHOOT dengan resistansi 1k, atau sesuai dengan skala pengukuran yang anda mudah pahami saja, Jika menunjukan 0.00 (Shoot), berarti konduksi tembaga pada pin anda sudah bagus, lakukan ke beberapa pin sampai FIX.

  • 3. Pastikan OBENG, Screew Mounter, istilahnya yah DREI, Dalam kondisi CLEAN atau bersih dan bebas korosi, Karena Screew Driver (Obeng) yang clean akan meminimalisir, percikan bijih germanium atau besi, pada saat anda membuka dan menutup Screw (Mur Baud). Karena anda sudah pasti tahu komponen-komponen dalam ponsel memiliki jarak dan ukuran milimetter setiap NATnya, Terutama pada komponen BGA. Sehingga dengan Clean screw (obeng) atau tools lain, maka meminimalisir trouble lain dari trouble aslinya yang sedang anda hadapi. Simple namun jarang diperhatikan, jangan meremehkan kondisi ini, terutama saat anda selesai melakukan repairing dan perbaikan.

  • 4. Pastikan anda memiliki PC dengan OS dan Tools yang compatible, dan paling penting Tata folder-folder khusus untuk repair dan maintenance, sampai anda benar-benar nyaman menggunakan dengan cara cepat dan efektif, anda pasti tau, me-repair hp tidak seperti bekerja dengan SpreedSheet Office yang cukup dengan satu lokasi file, Tetapi menggunakan folder yang berbeda-beda, baik untuk setting, tools, firmware, flasher, referensi HW jumping, dan anda harus melakukannya secara simultan, Semakin anda efektif dan cekatan menata file kerja anda secara cepat dan efisien, anda akan semakin nyaman bekerja, Tidak seperti mencari satu jarum dalam lapangan explorer, Sehingga yang timbul adalah cara kerja yang penuh ketelitian, kecepatan tinggi, FRESHNES, FAIRNESS dan Harmony.

  • 5. Pastikan anda dalam kondisi FIT, Jika anda belum sarapan pagi, silahkan sarapan pagi, Jika anda belum makan siang, silahkan makan siang lebih dulu, Jika anda belum makan malam, silahkan persiapkan makan malam anda dengan nyaman, apapun makanan kesukaan anda, apapun lauk pauknya, Jika anda nyaman, maka pikiran anda akan jernih dan Clean from noice. Anda sudah pasti memahami, Bahwa merepair perangkat digital / elektronika digital / modul digital seperti dalam hal ini HP, Anda tidak membutuhkan tenaga yang banyak, TETAPI Memakan energy yang cukup banyak, karena anda lebih dominan bekerja dengan otak anda, Karena memang secara medis otak processor anda paling membutuhkan energy yang banyak. Jika anda belum yakin silahkan anda boleh menanyakan pada rekan / saudara / sahabat atau kerabat anda yang paling anda percaya dan lebih memahami akan hal ini, sehingga anda lebih mantap.

  • 6. Berusaha untuk tenang, rileks. Pastikan anda mencapai fokus dan konsentrasi yang memadai, Seberapa dominan anda fokus dan konsentrasi, anda yang lebih memahami, intinya semampu dan semaksimal mungkin, Karena ini penting untuk menambah ketelitian anda bekerja dengan FW-FW yang beragam agar relevan dengan modul hardware, Dan menambah ketelitian anda saat mencoplok maupun me-replace komponen terutama IC Berjenis BGA. Jangan lupa untuk berusaha berdoa dan memohon pada Sang Pemurah Hati, agar selalu mendapatkan kemudahanNya. Jika anda sedang melakukan pekerjaan spesialis apapun yang membutuhkan ketelitian tinggi, maka sebenarnya anda tidak hanya membutuhkan Intelektual dan intelegensi saja, tapi anda butuh kepekaan dan benar-benar menjiawai dengan postitif apa yang anda kerjakan, Jika anda memiliki hoby dan menjadi pekerjaan anda akan merasa nyaman, Jika anda nyaman anda akan menemukan passion anda, Jika anda tenang maka pikiran anda akan semakin jernih dan tidak ter-distorsi oleh noice (Clean From Noice). Selanjutnya silahkan perhatikan beberapa hal sederhana berikut ini, dan ini adalah FREE Updates untuk anda, Silahkan simak dengan teliti dan cermat, karena sebenarnya sederhana tidak selalu berarti simple, tapi merupakan ringkasan dan entry poin agar bisa lebih kita pahami bagaimana mengaplikasikannya dengan tepat dan relevans.

Berikut ini beberapa troubleshooting dan solusi cara mengatasi permasalahan spesialis servis hp bisa anda lihat pada tabel perbandingan :

Kondisi Normal

Masalah Yang Timbul

Solusi

Dongle Flasher sudah terdeteksi dengan benar, Driver tools flasher sudah menggunakan versi baru, Firmware sudah menggunakan keluaran teranyar atau versi yg lebih tinggi dari hp yg anda repair, Menggunakan DUAL Line flash, Contohnya : Anda menggunakan dongle MXKey lalu menggunakan UFS sebagai interfacenya.

Ponsel mau masuk local mode, mau masuk pada flash mode, bisa di info dan di UI, TAPI pada saat selesai flash, yang timbul adalah blinking, White Screen, Hang, Keluar logo dengan lama, Susah diunlock, Kadan mau di UI setting dan kadang sulit di info, Hingga akhirnya blank over, bahkan cotact retailer mode, dll.

Cek dan teliti pada port USB anda, Apakah hanya dongle flasher, smart card, chip hwk yang tertancap? adakah store age maupun device lain selain itu? Jika YA, Silahkan copot device yang tidak diperlukan, pasang hanya dongle dan smart card saja, KENAPA? Karena cara kerja modem USB, Maupun flashdisk, sama dengan cara kerja flash dalam write dan read address register, Karena kemungkinan yang terjadi adalah proses penulisan (writing) flashing terganggu cachenya oleh device lain, sehingga hasil flash kurang optimal.

Anda juga bisa menggunakan cara dan metode cross repair, Contoh sederhananya adalah full flash menggunakan satu dongle, kemudian unlock dengan dongle lain, Misal : Anda full flash pakai UFS, kemudian unlock menggunakan MxKey, atau sebaliknya. (DO Its Gently)


Kondisi Normal

Masalah Yang Timbul

Solusi

Setelah anda selesai memasang IC BGA seperti flash/eprom menggunakan blower, tentunya dengan standar teknis yang sudah anda pahami, Setelah itu pasti anda akan cek kan? Apakah IC yang anda pasang sudah ready di flash/diprogram ulang, anda bisa cek dengan tanda First Boot dan Second Bootnya, Untuk nokia, jika keduanya lancar berarti IC telah siap diprogram, karena sudah mau booting. Jika pada type lain, cek Info / Dengan cara berhubungan, jika IC Mau booting, Maka akan mengeluarkan Info Merk IC, Seri IC, serta jenis gate (Termasuk NAND atau NOR), jika ini sudah terdeteksi, pasti IC siap diflashing.

Ponsel bisa diflash dengan satu dongle, tapi pada saat ditengah-tengah atau mencapai progress diatas 50% flashed, macet dan Tdeng2x! Keluar progress error merah.

Tapi .. pada saat diflash atau rewrite pakai jaf, mxkey, mxbox, Flash berjalan sampai selesai 100%, Namun hasilnya adalah tetap Blank, Blinking dan Hang, tidak bisa booting? Bagaimana mengatasi hal ini? cukup kompleks kan?

Solusinya : cobalah anda berhenti mengotak-atik dan mencoba-coba flashing firmware, cobalah untuk cabut semua kabel flash dan sumber catu daya. Anda bisa coba cara berikut ini :

1. Cek PIN kabel data flash, Terutama sumber catu daya, Dan paling penting sekali adalah PIN BSI Line, pastikan ketiga Node kutub tegangan memiliki konduksi yang bagus, Jika sebelumnya anda menggunakan karet gelang untuk penjepit, ganti dan gunakan penjepit permanen dengan screw untuk menjaga Getaran / Vibra dari CPU yang berdengung.

2. Untuk IC flashnya, Coba terlebih dahulu Re-Heat dengan siongka secukupnya, merata pada setiap sisi segi empat, tanpa celah udara, usahakan gunakan siongka yang setengah cair, jadi tidak begitu padat tapi juga tidak terlalu cair. Gunakan penggong atau penjepit PCB dengan posisi yang se-simetris mungkin, jangan miring atau bergeser-geser, untuk menghindari alokasi yang tidak tepat. Pusatkan blower anda jangan ditengah-tengah IC tapi merata, Gunakan feeling anda, jika anda sudah merasa !Trep.., akhiri blowering anda, Tunggu sekitar 2 Menit-3menit, Untuk menyesuiakan suhu panasnya, Setelah itu baru anda gunakan kipas angin untuk mendinginkan namun jangan terlalu kencang, Gunakan kecepatan sedang sperti dengan batas-1 kecepatan. Ini untuk menjaga stabilitas suhu IC setelah proses re-heating.

Setelah selesai dengan langkah ini, Teliti saat memasang catu daya ke pcb hp, kemudian periksa konektifitas pin (+), (-), (Bsi Line), dan pastikan anda menggunakan firmware yang seversi atau diatasnya. Indikasinya jika anda berhasil melakukan cara ini, menurut pengalaman : Proses booting IC (1th + 2nd Boot) Lebih cepat, dan proses inisialisasi address map flash, lebih cepat, sehingga pada saat RX TX Read - Erase - WRITING, akan lebih lancar dari sebelumnya dan tidak tersendat-sendat, Jika progress sudah 100% jangan buru-buru melakukan unlock maupun Setting default, Tunggu dan lihat layar ponsel yang anda repair, jika sudah tidak putih, dan mengeluarkan tampilan local mode / flash mode beserta versi firmware sesuai yang anda masukan, Maka ponsel siap anda defaultkan dengan UI, Info maupun unlock. Dan selesai, ponsel akan kembali booting dengan normal. Jika dengan cara ini belum menunjukan hasil maksimal atau belum fix, mau tidak mau anda harus mengganti dan me-replace ic flashnya. Tapi jika anda teliti dan cermat, kesalahan sedikit saja bisa diminimalisir dan diantisipasi, agar lebih efektif dan efisien.

Spesialis Servis HP Semua Kerusakan! - Info tambahan download bagi anda yang merasa masih pemula dan ingin segera mulai belajar menjadi teknisi spesialis servis hp dan serius menekuninya bahkan dari dasar-dasar silahkan bisa download program servis hp disini. Gunakan email yg valid dan aktif karena seluruh paket file installer akan terkirim langsung ke email anda saat itu juga. Dengan paket download program latihan servis hp tersebut anda bisa belajar mulai dari dasar penggunaan alat dan tools flash servis hp semua jenis kerusakan sampai dengan cara aktivasi semua jenis dongle dan flasher kerusakan hp. Jangan ragu untuk mulai belajar servis hp bahkan untuk anda yang masih pemula sekalipun jika anda serius dan sungguh-sungguh menekuninya pasti bisa menjadi teknisi spesialis servis hp.
Sementara hanya itu meteri mengenai : masalah dan kerusakan aneh pada servis hp serta syarat perbaikan dan solusi spesialis untuk mengatasinya yang bisa disampaiakan buat anda untuk melengkapi tutorial cara servis hp, Kurang lebihnya mohon maaf, Semoga referensi singkat dan sederhana permasalahan servis hp ini bisa sedikit membantu anda dalam melakukan proses repair ponsel sebagai spesialis servis hp semua kerusakan. Untuk anda yang mungkin masih pemula, hal penjelasan diatas bisa menjadi bekal biar bisa servis hp apa saja semua tipe dan merk. Terima kasih atas kunjungan dan Kepercayaan anda, Selamat bekerja dan beraktifitas, Sukses selalu untuk anda.

Untuk tambahan referensi yang berhubungan dengan Cara mengatasi masalah REPAIR HP silahkan bisa membuka halaman Kategori Handphone yang didalamnya juga berisi sub materi tentang basic repair hpv21230512.




Comment

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
7 dan 1=?

 
  

Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh, dengan syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa di subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik dan prosedur tidak akan direspon dan comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik materi mengenai ask gmn cara mendeteksi dan mengatasi aneka permasalahan hp tutorial dasar.

 
 

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel mengenai ask gmn cara mendeteksi dan mengatasi aneka permasalahan hp tutorial dasar :

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
   Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
7 dan 1=?
 
  
   
 
 

Post Visitor

  
Nama
E-Mail
  
Pesan / Konsul / Pertanyaan
Nama rekan anda
E-Mail rekan anda
Hasil perkalian
7 dan 1=?
 

Jika anda memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat yang anda percaya dan juga membutuhkan informasi artikel khusus tentang Handphone ini maka, anda boleh mengirimkan info ini menggunakan email yang valid. Gunakan post visitor ini sebaik mungkin, silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar serta berhubungan dengan materi topik mengenai ask gmn cara mendeteksi dan mengatasi aneka permasalahan hp tutorial dasar.

 
 

Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access