Penyebab utama tim unggulan kalah berguguran di piala dunia adalah faktor para pemain pilar yang banyak tersebar di liga eropa atau luar negara asal klubnya. Sehingga pada saat disatukan dengan pemain lain membutuhkan waktu adaptasi yang lebih lama terhadap rekan setimnya, kondisi suhu dan cuaca lapangan dan juga letak geografis lapangan bola yang baru apalagi lebih tropis. Hal inilah yang paling memicu penyebab paling utama tim unggulan kalah berguguran di piala dunia khususnya 2014. Saat ini ada 20 artikel yang masuk dalam Kategori Olahraga. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif. Halaman ini bisa anda lihat dengan PC-Desktop maupun dengan Smartphone Android atau Mobile Version, Revisi ke : . Silahkan simak selengkapnya materi tentang Olahraga khususnya mengenai Penyebab tim unggulan kalah di piala dunia.

Jadwal Piala Dunia | Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2014Apa yang menyebabkan kualifikasi dan jadwal piala dunia bergulir dengan cepat? Apa penyebab tim unggulan bisa gugur dengan tim yang sama sekali tidak diunggulkan?

Piala dunia . Penyebab . Faktor . Cuaca . Tenaga . Adaptasi . Liga

Tahun ini hampir semua mata di seluruh negara sedang tertuju pada meriahnya piala dunia, ketinggalan satu pertandingan saja langsung cari jadwal piala dunia tim yang dijagokan berikutnya. Apalagi kalau merasa tim yang diunggulkan kalah. Piala dunia kali ini jadwalnya hampir semuanya malam dan dini hari, apalagi kalau cuaca sedang dingin kadang bisa malas kalau mau nonton dini hari, sudah tenaga belum penuh apalagi mata masih berat ingin tidur, tapi tidak masalah demi melihat tim yang dijagokan dan ingin melihat bintang pemain unggulan yang biasanya hanya dilihat di liga eropa saja, kini ingin melihat jika di adu setelah melewati rangkaian kualifikasi piala dunia yang ketat, faktor semacam inilah yang paling mendasari tengah malam sekalipun pokoknya nonton piala dunia dan enggan ketinggalan berita terbaru seputar serba-sebi piala dunia yang sedang ramai-ramainya.

Piala dunia adalah event sepak bola terakbar dan terbesar dunia yang diadakan FIFA (Federation International Football Association) setiap 4 tahun sekali yang mana diikuti oleh tim suatu negara yang lolos seleksi atau kualifikasi piala dunia di berbagai belahan benua yang kemudian layak mengikuti turnamen besar sesuai jadwal piala dunia. Sistem pertandingan yang digunakan sepertinya semi kompetisi, dimana negara-negara yang akan masuk ke suatu group akan di undi sebelumnya berdasarkan pilihan acak perwakilan masing-masing tim negara, Kompetisi digunakan untuk babak penyisihan group berdasarkan nilai atau poin, kemudian saat masuk 16 besar keatas menggunakan sistem gugur. Kalau misalnya dalam satu group kebetulan dihuni langsung oleh tim-tim unggulan maka akan ada salah satunya yang merasa dirugikan, Pun demikian sebaliknaya untuk tim yang belum diunggulkan aka merasa diuntungkan karena tidak langsung menghadapi time besar unggulan, jadi babak penyisihan group bisa lebih mudah. Tapi apa mau dikata semua sudah berdasarkan hasil undian yang menurut prosedur FIFA sudah fair. Event sepak bola tahunan ini paling banyak menyedot perhatian penonton dunia apalagi dengan lagu piala dunia yang gonta-ganti lebih fresh, diperkirakan jumlah penontonnya jauh lebih besar dibandingkan dengan gelanggang olympiade.

Faktor yang paling dominan menjadi penyebab tim sepak bola kalah atau gugur meskipun diatas kertas adalah tim unggulan :

  • 1. Terlalu banyak pemain bintang dan pilar pada suatu negara yang hijrah mengikuti liga-liga besar dunia, diluar negara asalnya. Sehingga pada saat dia kembali dan dikumpulkan dengan rakan tim dari negaranya maka akan membutuhkan waktu untuk adaptasi dengan rekan dan pola permainan yang baru, sulit dan lamanya pemain bintang ini beradaptasi membuat permainan (Play Game) menjadi tidak padu dan kompak, padahal sepak bola adalah tim.

  • 2. Suhu dan cuaca yang tidak sesuai dengan negara asalnya sehingga membutuhkan waktu lebih lama agar metabolisme tubuh mereka beradaptasi dengan suhu yang baru. Misalnya sebuah tim biasa bermain di negara dingin, maka saat bermain di negara tropis dan panas, maka vitalitas tenaganya agan lebih terasa cepat terkuras, akibat metabolisme pembakaran kalori yang lebih cepat. Sebaliknya tim yang biasa bermain di negara panas jika hijrah bermain dinegara yang dingin maka akan memiliki daya dan tenaga yang lebih tersimpan tidak cepat habis.

  • 3. Skill dan keterampilan individu dalam mengolah bola yang tidak merata, dan dominan pada pemain bintang saja, sehingga permainan menjadi kurang padu dan kompak saat didirijeni oleh sang bintang, karena belum peka dengan kemauan sang playmaker bintang, kadang terlihat banyaknya assist yang sebenarnya akurat tapi terlihat tidak tepat karena rekannya belum memiliki kepekaan dan kecocokan dengan gaya bermain rekannya. Jadi meskipun tim unggulan sekalipun jika bermain dilapangan dengan ritme yang acak tidak teratur, koordinasi dilapangan antara pemain satu dengan yang lainnya kurang padu dan kompak maka hasilnya hambar, dan tidak heran tim unggulan sekalipun bisa kalah dan gugur sebelum masuk 16 besar dan diatasnya.

  • 4. Kondisi geografis lapangan dan atmosfir penonton yang jauh berbeda dengan negara asalnya, atau tempat pemain dibesarkan di klub asalnya. Mengapa demikian? Sebab seorang pemain sepak bola yang mampu mem photographics geografis lapangan kedalam otaknya dalam tempo cepat, akan membuat pemain mampu memiliki tembakan, tendangan, assist dengan derajat dan ketajaman sangat akurat, Ditunjang dengan atmosfir penonton yang tepat maka mental juarapun akan semakin naik. Contoh untuk menggambarkan poin ini diantaranya adalah :

Coba anda lihat lionel messi, saat bermain dengan Barca atau barcelona, bagaimana menurut anda? Permainan olah bolanya sangat apik, sungguh luar biasa, baik gerakan dengan bola maupun pergerakannya tanpa bola , semua dilakukan dengan taraf akurasi tinggi dan hampir semua pergerakannya mengandung unsur naluri desain gol kelas atas.

  • Sekarang anda bandingkan saat messi bergabung dengan negara asalnya argentina, bagaimana? Permainan messi di brazil searasa sangat hambar dan jauh berbeda saat dengan barca. Saat messi menerima bola, ruang geraknya hampir sudah tertutup rapat. Saat messi bergerak mencari ruang semua sudah ditutup dan seperti itu seterusnya, tanpa ada inisiatif rekannya untuk mengecoh perhatian lawannya, maka praktis messi di press habis-habisan, Karena lawannya sudah tau semua kalau membiarkan messi bergerak bebas resikonya sudah pasti fatal.

  • Salah satu skill yang membuktikan ketajaman messi dengan naluri gol kelas atas dan kemampuan photographics geografis lapangan bola dengan cepat adalah saat memberikan umpan matang ke angel di maria, disanalah skill tinggi seorang messi terlihat sangat jelas, setelah berhasil melewati beberapa pemain swiss, kemudian melihat 2 pemain argentina disebelah kanan, maka messi tetap memberikan umpan ke angel di maria, meskipun secara kasat mata sudut diagonal sisi kanan luar lebih sempit untuk membuahkan gol apalagi yang indah,tapi apa kenyataannya dengan sudut diagonal sempit yang sudah ditutup penjaga gawang, gol diagonal ala lionel messi (10) diturunkan ke angel di maria (7) akhirnya GOL tercipta juga. Bagi anda yang nonton pertandingan argentina vs swiss 2014 ini pasti akan merasa sangat senang dengan adrenalin yang meninggi apalagi dibabak tambahan 15 menit kedua tepatnya dimenit ke 118, sungguh gol yang dramastis menghentikan swiss ke 16 besar. Bravo messi dan Di Maria!

Satu contoh lagi pemain bintang muda dari brazil yaitu Neymar JR (10), Saat neymar bermain di klub2 liga dunia skill driblingnya sangat fantastis sekaligus atraktif dan akrobatik, hampir semua pemain yang menghadangnya dilewati dengan halusnya meliuk-liuk sangat licin, begitu saat dia di brazil, terutama saat bermain dengan chile bagaimana? Ruang gerak neymar tertutup rapat, semua peluangnya hampir dimentahkan chile, tembakan umpan dan assist dari neymar tidak akurat, kondisi fisik dan mental semakin menurun, karena sebenarnya pada saat brazil melawan chili untuk memperebutkan tiket 16 besar, tim brazil ini sudah dalam kondisi sangat mengkhawatirkan, karena kenyataannya selama bermain, chile lebih mendominasi lapangan tengah, tapi lewat drama adu penalty akhirnya menang, mungkin karena beruntung atmosfir penontonnya memang lebih condong ke brazil sehingga mental juaranya membumbung dan menyemangati semua pemain.

Faktor yang menyebabkan tim sepak bola menang meskipun sama sekali bukan tim unggulan :

  • 1. Skill individu pemain yang merata, tanpa pemain bintang sekalipun bisa.

  • 2. Kompak dengan pola bermain yang padu dan terpola secara konsisten, baik sesuai dirijen captain maupun playmaker atau pelatihnya.

  • 3. Tidak mengandalkan hanya satu pemain pilar sebagai ujung tombak gol maupun plaumaker sebagai desainer atau motor serangan.

  • 4. Cepat beradaptasi dengan suhu, cuaca dan kondisi geografis lapangan.

  • 5. Tenaga para pemain yang bugar dan fit, terutama untuk tim-tim yang biasa bermain dalam tempo tinggi.

  • 6. Memiliki pemain-pemain inti yang lebih banyak dari lokal, dan biasa dalam satu klub. Contohnya pasangan : Libero dengan penjaga gawang, Playmaker dengan striker atau penyerang, stoper dengan gelandang tengah. Jika sebuah tim memiliki pasangan pemain pilar yang biasa bermain dalam satu klub maka pasti permainan sepak bola yan dihadirkan sangat menarik dan tempo yang tinggi, tapi sebaliknya jika salah sataunya atau beberapa ada yang sering hijrah ke liga lain, maka bisa di lihat sendiri, Tim-tim unggulan yang diatas kertas pasti menang, nyatanya kalah dan gugur bahkan dengan tim yang sama sekali tidak diunggulkan.

Pengaruh cuaca dan kondisi geografis lapangan sepak bola terhadap adaptasi pemain yang bintang sekalipun :

  • Pemain kaliber dunia dan bintang sekalipun yang biasa bermain bola pada cuaca dingin, akan cepat lelah saat bermain di cuaca tropis, apalagi adaptasi metabolisme tubuhnya dalam tempo cepat tanpa persiapan.

  • Pemain yang mudah dan cepat menyerap tata letak dimensi dan keruangan geografis lapangan, maka akan cepat mendapatkan tembakan, tendangan, assist yang akurat dan lebih terukur, dibandingkan dengan pemain yang lama beradaptasi, atau spekulasi bermain bola dengan geografis lapangan yang tidak cocok.

Faktor yang menyebabkan tenaga pemain sepak bola cepat habis dan terkuras meskipun diatas kertas memiliki jam terbang tinggi dan tenaga kuda :

  • Pola suhu yang berubah-rubah dengan cepat, kadang panas, kadang dingin, apalagi yang biasa bermain pada suhu dingin, langsung main di suhu panas, jamin tenaganya akan cepat terkuras.

  • Struktur tanah lapangan yang sedikit bergelombang bahkan tidak rata, inipun memicu pemain bola tenaganya cepat habis. Bila pemain bola biasa bermain di stadion-stadion besar dengan rumput dan struktur tanah terawat, maka staminanya lebih stabil, tapi jika pemain bola itu ikut tarkaman dikampung misalanya tidak di stadion, silahkan anda lihat pemain itu akan cepat sekali ngempos. Mau anda coba? Silahkan anda coba berlari diatas jalan aspal yang rata, setelah itu anda lari diatas pematang sawah yang struktur tanahnya tidak rata dan agak lembek, dengan jarak tempuh yang sama. Bagaimana rasanya? Pasti anda akan cepat lelah. Begitu analogi sederhana yang menggambarkan pengaruh letak geografis lapangan dan struktur tanah.

Mengapa pemain sepak bola pada satu tim yang bisa adaptasi cepat dengan kondisi lapangan lebih banyak menang :
  • Penyaluran tenaga akan lebih seimbang dengan tempo waktu yang lebih lama, sehingga stamina fit hingga akhir pertandingan.
  • Akurasi assist antar pemain menjadi akurat dan tinggi, karena sepak bola tidak hanya tentang seni tapi juga tentang keindahan sense yang bisa menyelesaikan sesuatu (Gol) dengan cepat bahkan tanpa analisa terlalu lama, hasilnya bisa sama dengan tesis profesor mengenai demografi dan geologi bertahun-tahun sampai sangat akurat.
Apakah banyaknya jadwal liga yang diselenggarakan suatu negara bisa mempengaruhi kualitas pemain inti suatu negara :
  • Jika semua pemain inti lebih banyak bermain dengan satu rekan dalam satu liga lokal, maka pada saat disatukan dalam satu timnas satu negara, adaptasinya akan lebih cepat, dalam membangun komunikasi di dalam dan di luar lapangan, karena sudah hapal karakteristik permainan setiap pemain satu sama lainnya, sehingga kompak, terpadu, permainan rapi dan konsisten, Bukan tim unggulan sekalipun lebih besar kemungkinan menangnya.
  • Sebaliknya jika semua pemain pilar, rata-rata bermain liga di negara luar tempat asalnya, maka pada saat disatukan dalam satu tim, hasilnya pola permainan tidak lagi terpadu, tidak kompak, dan miss komunikasi didalam lapangan sering terjadi, sehingga pengolahan bola saat bermain akurasinya menurun apalagi bisa membuahkan gol, Tim unggulan dan besar sekalipun lebih banyak akan gugur bahkan dengan tim yang tidak diunggulkan.
Sementara itu yang bisa disampaikan, selamat nonton piala dunia, semoga tim unggulan anda menang sampai final. Terima kasih atas perhatian dan kunjungan anda.

Tag : Terimakasih sudah menyimak posting tentang Penyebab Tim Unggulan Piala Dunia Gugur Sebelum 16 Besar semoga bermanfaat positif, inspiratif dan lebih aplikatif kedepannya. Karena memang referensi edukatif ini jika dijelaskan lebih detail dan spesifik secara ilmiah akan sangat panjang. Jika ada fasilitas download silahkan lihat di pojok kanan atas. Artikel dengan kategori Olahraga ini merupakan sub dari World Cup 1. Selamat beraktifitas dan semoga berhasil sukses untuk anda!.


Penyebab utama tim unggulan kalah berguguran di piala dunia adalah faktor para pemain pilar yang banyak tersebar di liga eropa atau luar negara asal klubnya. Supaya lebih realistis bisa lihat youtube video channel yang berisi seputar Olahraga maupun semua hal yang bisa memotivasi, menginspirasi ke arah positif dan aplikatif. Khususnya yang berhubungan dengan sepak bola. Cara melakukan juggling dengan benar, latihan fisik kelincahan dan keseimbangan. Karena olahraga ini tidak hanya sebagai cara untuk menurunkan berat badan dan lemak saja, tidak hanya membutuhkan kekuatan tenaga saja, tapi membutuhkan konsentrasi dan fokus yg khusus bisa meningkatkan keterampilan kerja yang berbau intelektual. Buka dan lihat saja di My Youtube HD Video Olahraga selengkap-lengkapnya. Silahkan cari pasti ada, khususnya yg berhubungan dengan Penyebab tim unggulan kalah di piala dunia.



Comment

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
10 dan 8=?

 
  

Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh, dengan syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa di subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik dan prosedur tidak akan direspon dan comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik materi mengenai penyebab tim unggulan kalah di piala dunia.

 
 

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel mengenai penyebab tim unggulan kalah di piala dunia :

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
   Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
10 dan 8=?
 
  
   
 
 

Post Visitor

  
Nama
E-Mail
  
Pesan / Konsul / Pertanyaan
Nama rekan anda
E-Mail rekan anda
Hasil perkalian
10 dan 8=?
 

Jika anda memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat yang anda percaya dan juga membutuhkan informasi artikel khusus tentang Olahraga ini maka, anda boleh mengirimkan info ini menggunakan email yang valid. Gunakan post visitor ini sebaik mungkin, silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar serta berhubungan dengan materi topik mengenai penyebab tim unggulan kalah di piala dunia.

 
 

Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access

-