Istilah inti yg biasa digunakan pada perumahan dan properti. Dalam halaman ini anda juga bisa mempelajari berbagai tipe rumah dan metode pembiayaan dengan syarat dan realisasi sesuai dengan ketentuan developer rumah maupun kreditur bagi anda yg mengajukan permohonan KPR. Simak dan download Business POS Finance Tools bagi anda yg membutuhkannya. Terima kasih sebelumnya atas kepercayaan anda. Semoga bermanfaat positif dan aplikatif. Selamat bekerja dan beraktifitas. Saat ini ada 6 artikel yang masuk dalam Kategori House and Property. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif. Halaman ini bisa anda lihat dengan PC-Desktop maupun dengan Smartphone Android atau Mobile Version, Revisi ke : . Silahkan simak selengkapnya materi tentang House and Property khususnya mengenai Istilah Pada Perumahan dan Properti.

Jika anda mengelola perumahan dan membutuhakan vocabullary tambahan serta Business Management POS finance tools untuk mengotomatisasi & meringkas  manajemen anda, maka boleh simak yg berikut :

Pelajari kembali berbagai istilah inti pada properti dan perumahan yang akan anda bangun dan dapatkan dengan sistem pembiayaan untuk berbagai tipe bahkan dengan syarat jauh lebih terjangkau dengan proses realisasi yang cepat.

Properti . Istilah . Tipe . Pembiayaan . Syarat . Realisasi

Usaha Rumah Dan Istilah PropertiPerumahan dan properti bisa di bilang salah satu sektor yang cukup vital dan dibutuhkan dan masuk pada kategori fast moving. Dalam dunia properti dikenal banyak istilah yang paling dominan dan memiliki kohesi yang relevan dengan siapa saja yang terhubung didalamnya. Terutama untuk anda yang mengelola bisnis properti atau sedang mengawalinya. Karena bisnis di sektor properti ini tidak mutlak hanya kekuatan finansial saja tapi juga membutuhkan cakrawala pengetahuan teknis baik yang berhubungan langsung dengan bangunan maupun manajemen dan keuangannya. Istilah-istilah penting didalamnya ini yang sudah diringkas dan bisa diibaratkan peta, jadi jika akan melewati jalan dengan memahami peta skala dan ukurannya maka diharapkan bisa tepat pada tempat dan habitat yang tepat. Karena bisnis di dunia properti ini butuh plan dan perancangan sangat matang dan harus berhubungan dengan rekan-rekan maupun relasi yang tidak hanya satu bidang.

Berikut ini beberapa istilah dalam bisnis permuahan dan properti maupun vocabullary yg dominan digunakan dan berhubungan dengan bangunan, ini sudah diringkas pada yang inti-inti saja supaya lebih mudah dipahami :

  • Developer adalah pihak institusi maupun perorangan yang membuat dan mengembangkan memiliki rumah dengan berbagai ukuran serta tipe. Dengan sistem pembayaran bisa cash maupun kredit dengan tenor tertentu. Dan biasanya ada beberapa devolepor yang menggunakan program untuk mengelola customer finance agar mudah dimanajemen terutama yang mengambil tenor tinggi.

  • Arsitek adalah orang yang berprofesi sebagai pembuat gambar desain bangunan dengan supaya nyaman digunakan dan indah dipandang (Eye Candy).

  • Teknik sipil adalah orang yg memiliki profesi dan bertugas penuh dalam merencanakan kekuatan bangunan, bagaimana menghemat biaya operasional dan melakukan manajemen pelaksanaan pembangunan dengan waktu dan skala tertentu. Agar proyek berjalan lebih tepat waktu dan memberi kenyamanan pada konsumen nantinya. Terutama yg sudah memesan maupun indent lebih dahulu.

  • Master plan atau site plan adalah denah gambar komplek perumahan yang berisi tata letak geografis lokasi rumah, jalan, fasilitas umum dan lainnya dalam satu kawasan lahan.

  • Lahan adalah tempat yang digunakan untuk seluruh rumah atau perumahan dalam satu sektor tanah. Biasanya dalam ukuran hektar. Yang nantinya akan dikembangkan dan dibagi dalam bentuk kapling dengan berbagai piliha tipe. Supaya konsumen punya pilihan yang optinal dari yang paling murah sampai yang paling mahal. Dan developer mempunyai stok rumah yang variatif pilihannya sehingga bisa meringankan pilihan customer.

  • LB (Luas Bangunan) adalah jumlah ukuran keseluruhan bangunan dalam satu LT. Semakin besar ukuran LB maka harganya akan semakin tinggi.

  • Cluster adalah pembagian kawasan yang dilakukan pihak developer untuk membagi lahan master plan menjadi beberapa komplek perumahan. Setiap komplek dilengkapi dengan eksterior gerbang pagar tersendiri sebagai pintu masuk sekaligus pos keamanan dibagian pintu masuk perumahan.

  • KM (Kamar Mandi) - Spesifikasi ini biasanya ditunjukan dalam jumlah KM dalam satu bangunan interior rumah.

  • KT (Kamar Tidur) - Sama dengan KM biasanya ditunjukan juga dalam jumlah. Semakin banyak km dan kt ini maka nilai bangunan akan semakin mahal.

  • LT (Luas Tanah) adalah jumlah ukuran tanah keseluruhan yang nantinya digunakan oleh developer maupun pemilik modal untuk mendirikan bangunan rumah.

  • Kopel adalah dinding pembatas yang menyatu atau berhimpitan pada deretan dua atau lebih rumah dan biasanya dipakai di permuahan menengah atau kebawah tergantung dari pengelola dan pengembang.

  • Superblok adalah kawasan khusus yang digunakan untuk mengintegrasikan berbagai fungsi vital dalam satu kawasan contohnya fasilitas untuk perkantoran, bisnis dan perdagangan, pemukiman, rekreasi dan kebutuhan lain yg biasa ada diluar pemukiman namun terintegrasi dan terpusat untuk berbagai aktifitas dan kebutuhan yang menghuni kawasan tersebut. Superblok bisa disebut kota mandiri (Self Contained City) dan bisa dibilang cukup elite namun karena fasilitasnya lebih banyak memberikan kemudahan. Superblok juga disebut kota didalam kota (City Within City).

Tipe adalah simbol untuk mengistilahkan jenis rumah yang akan dibangun maupun yang sudah siap ditempati atau akan di jual ke pengguna atau end user. Contoh ilustrasinya : Type 36 (Total luas bangunan adalah 36M2), Type 45, 90, 120, dan lainnya sama cara memahaminya, bedanya hanya pada ukuran bangunan.

  • Bangunan Mentah adalah bangunan yg dibuat sebagai dasar pondasi standar type suatu rumah tanpa aksesoris interior dan eksterior. Artinya hanya inti suatu rumah. Tujuan utamanya adalah menyediakan hunian atau rumah dengan harga paling minimalis murah dan terjangkau. Serta memberikan kebebasan dan fleksibilitas pada pengguna jika kedepan bangunan akan di expand maupun ditambah baik oleh pemilik rumah secara bertahap atau permintaan ke developer.

  • Bangunan Matang adalah bangunan yang dibuat secara mendasar oleh developer baik setelah ataupun sebelum terjual ke konsumen atau pembeli. Dan memenuhi kriteria tambahan aksesoris interior maupun eksterior sesuai dengan permintaan konsumen. Seperti tambahan untuk teras, garasi, dapur dan lainnya. Tipe konsumen kelas ini biasanya cukup kuat dari segi pembiayaannya maka tidak dilakukan secara bertahap tapi langsung saat menjelan atau akan dihuni.

Berikut ini istilah yang berhubungan dengan pembiayaan dan keuangan serta paling banyak dan familiar diketahui :
  • Cash atau kontan adalah cara pembiayaan secara langsung dari pihak konsumen ke pihak developer atau pemilik rumah sebelumnya. Pembayaran dengan cara seperti ini dilakukan oleh kelas konsumen atau orang-orang tertentu saja dan bisa dibilang minoritas. Karena jika langsung spontan membayar untuk ukuran tipe 36 saja harga cashnya sudah berapa? dan itu sangat bisa ditolerir.
  • KPR (Kredit Pemilikan Rumah) yaitu salah satu fasilitas yang diberikan pihak kreditur (contoh paling familiar adalah bank) kepada calon pengguna rumah baru dengan sistem pembayaran pada tenor atau jangka waktu kredit tertentu. Cara menghitung KPR kredit cicilan rumah ini memiliki konsep yang sama pada jenis anuitas flat dan sliding rate. Yang membedakan hanya prosedur dan kebijakan pada tiap kreditur sebab provisi dan administrasinya biasanya berbeda antara kreditur satu dengan lainnya. Namun saat ini pemerintah telah mengeluarkan program kredit rumah yang bersubsidi. Sehingga KPR ini semakin diminati banyak pengguna dari berbagai lapisan karena makin terjangkau. Dan membuka peluang kerja baru untuk sektor development perumahan.
  • Provisi adalah imbalan atau biaya yang diberikan kepada kreditur atas diterbitkannya fasilitas untuk debitur. Jumlah dan besarannya sesuai dengan kebijakan kreditur.
  • Down Payment (DP) / Uang Muka adalah sejumlah uang yang dibayarkan debitur ke developer sebagai pembayaran awal untuk pembelian tanah dan bangunan.
  • Agunan (Collateral) adalah jaminan yang nantinya diserahkan debitur kepada kreditur agar mendapatkan kredit atau pembiayaan. Dimana kapasitas dan besaran agunan sesuai dengan kebijakan maupun tata aturan dari kreditur.
  • Anuitas Rest adalah perhitungan pembebanan bunga efektif kepada debitur dengan periode tahunan. Jika debitur membayar lebih untuk mengurangi angsuran pokok kredit, maka akan mendapat pengurangan beban dan waktu pelunasan akan berakhir lebih cepat dari tenor (masa cicilan) yg diajukan atau disepakati sebelumnya.
  • Flat rate adalah angsuran pokok serta bunga setiap bulan tetap sampai pinjaman lunas.
  • Floating Rate (Bunga mengambang) adalah tingkat suku bunga setiap bulan bisa berbeda-beda tergantung kanaikan maupun penurunan suku bunga bank.
  • Loan (Pinjaman) adalah dana yang disediakan kreditur untuk debitur dengan pemberian bunga dalam jumlah tertentu yang harus dilunasi secara bertahap (nyicil) dalam waktu yang sudah ditentukan atau disepakati keduanya.
  • Supaya lebih realistis jika anda ingin mengetahui seklaigus menerapkan berbagai fungsi loan dan kredit serta manajemen untuk usaha dan bisnis yg anda kelola misalnya, maka bisa download Business Management POS Finance Tools terbaru. Bisa digunakan oleh debitur dalam memilih kredit yg sesuai dengan kondisi keuangan, atau kreditur untuk mempercepat pembuatan list tabel kredit secara otomatis sesuai dengan kebutuhan.
  • Refinancing (Pembiayaan Ulang) adalah mengubah atau mengganti struktur pinjaman lama dengan yang baru baik untuk memperoleh suku bunga lebih ringan atau bahkan untuk maningkatkan plafond kredit. Jika dipindahkan dari kreditur satu ke lainnya disebut take over kredit.
Syarat mengajukan KPR pada kreditur biasanya paling lazim dan umum adalah berurutan sebagai berikut, jika akan disesuaikan dengan bank misalnya tinggal diadaptasikan secara spesifik pada bank pemberi kredit, antara lain :
  • 1. Mengisi Form Aplikasi Permohonan / Pengajuan atau Apply.
  • 2. Foto Copy (FC) KTP (Suami & Istri) bagi yg telah menikah.
  • 3. Pas Foto 3X4.
  • 4. FC Kartu Keluarga.
  • 5. FC Surat Nikah (Bagi yang sudah).
  • 6. FC Bukti WNI (Untuk non pribumi maupun naturalisasi).
  • 7. FC Tabungan Bank (Tempat anda menabung).
  • 8. Surat keterangan instansi atau kelurahan.
  • 9. Perincian penghasilan / Slip Gaji (Suami dan istri) bagi yg sudah menikah.
  • 10. FC SK Terakhir (Bagi PNS).
  • 11. Sertifikat, IMB, PBB terakhir.
  • 12. Agrrement dari kuasa potong gaji (Bagi PNS).
  • 13. FC NPWP (Jika mengambil kredit diatas 50jt).
  • 14. Menutup kredit lama jika akan menaikan plafon kredit.
  • 15. Syarat administrasi lain jika ada sesuai dengan kebijakan pemberi kredit.
  • Ketentuan KPR : Lokasi rumah yang akan dibeli atau ditempati bebas pilih. Rumah layak huni / ditempati dan dapat dilewati kendaraan roda empat.
Proses realisasi KPR secara umum adalah sebagai berikut :
  • 1. Membayar angsuran pertama sesuai dengan daftar tabel cicilan yang diterbitkan oleh pihak kreditur. Jenis kredit dan suku bunga yg diambil sesuai dengan kebijakan kreditur baik jenis anuitas flat atau sliding rate.
  • 2. Membayar biaya provisi, administrasi, survei atau penilaian, notaris.
  • 3. Mendapatkan asuransi jiwa, kebakaran, dll.
  • 4. Untuk poin 1,2,3 jumlah dan besarannya disesuaikan dengan pihak kreditur.
Cukup banyak memang syaratnya kalau ingin KPR meskipun saat ini para kreditur semakin kompetitif dengan produk seperti KPR ini dengan memberikan syarat yang lebih mudah dan dengan proses realisasi yang cepat. Feed back yg diterima debitur jika menggunakan KPR adalah pembiayaan awal dan angsuran yang terjangkau di banding harus membayarnya secara cash atau kontan, kecuali jika pengguna mampu dan menginginkannya. Sebelum dan sesudahnya terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan anda. Semoga referensi ini bisa bermanfaat positif dan aplikatif baik untuk anda yang akan mengajukan, mengelola maupun memberikan kredit. Selamat bekerja dan beraktifitas.

Tag : Terimakasih sudah menyimak posting tentang Istilah Inti Yg Biasa Digunakan Dalam Perumahan dan Properti semoga bermanfaat positif, inspiratif dan lebih aplikatif kedepannya. Karena memang referensi edukatif ini jika dijelaskan lebih detail dan spesifik secara ilmiah akan sangat panjang. Jika ada fasilitas download silahkan lihat di pojok kanan atas. Artikel dengan kategori House and Property ini merupakan sub dari Housing Vocabulary 01. Selamat beraktifitas dan semoga berhasil sukses untuk anda!.




Comment

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
9 dan 10=?

 
  

Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh, dengan syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa di subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik dan prosedur tidak akan direspon dan comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik materi mengenai istilah pada perumahan dan properti.

 
 

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel mengenai istilah pada perumahan dan properti :

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
   Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
9 dan 10=?
 
  
   
 
 

Post Visitor

  
Nama
E-Mail
  
Pesan / Konsul / Pertanyaan
Nama rekan anda
E-Mail rekan anda
Hasil perkalian
9 dan 10=?
 

Jika anda memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat yang anda percaya dan juga membutuhkan informasi artikel khusus tentang House and Property ini maka, anda boleh mengirimkan info ini menggunakan email yang valid. Gunakan post visitor ini sebaik mungkin, silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar serta berhubungan dengan materi topik mengenai istilah pada perumahan dan properti.

 
 

Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access

-