Kalau lepi anda mau diisi win xp sebaiknya partisi NTFS aja karena apa ya security system yang jauh lebih baik, terutama untuk control akses file dalam jaringan atau network. Namun ada kekurangan pada NTFS yaitu Jika sudah menggunakan maka tidak bisa di downgrade ke FAT, kalaupun memaksakan downgrade secara langsung maka file-file anda akan hilang. Tapi jika plan pekerjaan tugas-tugas anda kedepan tidak banyak memakan ruang pakai FAT32 aja juga bisa karena fleksible baca tulisnya. Simak selengkapnya pengertian bagian dalam hard disk drive serta kelebihan maupun kekurangan pada setiap partisi OS. Hope your ask solved. Saat ini ada 58 artikel yang masuk dalam Kategori Komputer. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif. Halaman ini bisa anda lihat dengan PC-Desktop maupun dengan Smartphone Android atau Mobile Version, Revisi ke : . Silahkan simak selengkapnya materi tentang Komputer khususnya mengenai ASK Lepi mau diisi win xp sebaiknya partisi apa ya.

Pengertian cara kerja bagian dalam komputer terutama hard disk drive. serta kelebihan maupun kekurangan pada setiap jenis partisi juga pada flashdisk dan perbedaan penggunaan untuk OS sesuai kapasitas simpan HDD.

HDD . partisi . Pengertian . Kelebihan . Kekurangan . FAT . NTFS . perbedaan

Bagian Dalam HarddiskHDD (Hard Disk Drive) memiliki pengertian dasar dan definisi sebagai tempat penyimpanan data berkapasitas besar. Hardisk termasuk dalam golongan secondary storeage. Bagian dalam harddisk berisi perngkat keras mekanik seperti : piringan magnet, head (Pembaca Data), spindle, cakram, modul elektronik (MainBoard), dan lainnya. Harddisk juga memiliki bagian perangkat lunak seperti : bios atau firmware, partisi baik jenis FAT maupun NTFS dan linux, juga berisi data aplikasi OS maupun berkas standar. Perbedaan hardisk dengan pengertian flashdisk yaitu kalau flashdisk menggunakan chip memory flash NAND saja tanpa perangkat mekanik seperti harddisk. Setiap tipe, merk, kapasitas dan jenis HDD ini memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri sesuai dengan spesifikasinya masing-masing. Interface data dari hardisk antara lain PATA, SATA, IDE, SCSI untuk hardisk server.

Semua Hard Disk Drive (HDD) memiliki bagian utama sebelum benar-benar digunakan, yaitu yang paling familiar adalah seperti Partisi, Jenis format File Alocation Table (FAT) dan NTFS. Didalam fat inilah bagian inti track, sector, cluster berada. Analogi partisi itu identik dengan halaman pada buku setiap BAB, sedangkan FAT dengan yang berisi seperti disebutkan diatas identik dengan garis yang ada dalam kertas di buku itu. Jadi jika anda memiliki hardisk dengan ukuran besar identik dengan anda memiliki buku tulis yang memiliki jumalah halaman, garis, bab, yang juga sangat banyak dan besar dalam kapasitas simpan. Namun demikian HDD ini memiliki standar ukuran dan patokan tersendiri antara pengembang hardware dan produsen os atau istilahnya program dan software serta bagian aplikasinya. Perbedaan standar ukuran ini akan terasa saat anda membeli hardisk dengan ukuran yang tertera pada label misalkan 1X-GB, maka setelah anda format dengan jenis partisi dan file sistem diatas, maka kapasitasnya saat dilihat di system properties file explorer OS familiar seperti windows misalnya maka ukurannya menjadi 0.99X-GB, jadi sebenarnya yang menyebabkan perbedaan sedikit selisih ukuran kapasitas total saat hdd ready to use adalah patokan ukuran standar yang berbeda antara creator hardware dan perangkat lunak seperti OS. Jika anda ingin lebih lengkap dan terperinci maka anda bisa simak juga mengenai cara kerja komputer dari mulai pertamakali dinyalakan (Booting) sampai dengan dimatikan (Shutdown) serta penempatan fungsi hdd dan penempatannya sebagai secondary storeage.

Pada bagian berikut ini akan diberikan lebih jelas mengenai bagian partisi serta file system pada storeage (HDD, FDD, Flash Disk, Etc), karena sebenarnya struktur dan konstruksi baca (read) tulis (write) pada storeage identik baik secara directly maupun sequential, anda bisa simak langsung melalui tabel berikut ini sehingga lebih jelas dan deskriptif serta mudah dimengerti dan dipahami baik dari segi penjelasan maupun diferensiasi diantara bagian-bagiannya.

Pengertian

Kelebihan

Kekurangan

FAT 16, sebenarnya sebelumnya ada fat-12 pada saat OS berbasis Console seperti Dos belum GUI, Kemudian saat DOS mencapai versi 6.00 keatas dan keluar OS GUI, FAT 16 release. OS yang bisa dimasukan didalamnya seperti DOS, Windows 95/97/98/ME bahkan unix linux xenix dulu ada yang bisa dimasukan meskipun akhirnya berdiri sendiri dengan file system yang berbeda.

  • Compatible untuk berbagai jenis OS.

  • Masih bisa digunakan untuk storeage seperti fdd/disket.

  • Jika OS berukuran 4GB keatas OS tidak bisa dimasukan. Karena jumlah cluster dan kapasitas total simpan yang dibatasi.

  • Tidak mendukung kompresi, enkripsi dan kontrol akses dalam partisi

FAT 32 mulai di kenal pada sistem Windows 95 SP2, merupakan pengembangan FAT16.

  • Kemampuan menampung jumlah cluster yang lebih besar dalam partisi.

  • Mengembangkan kemampuan harddisk menjadi lebih baik dibanding FAT16.

  • Terbatasnya Operating System yang bisa mengenal FAT32.

NTFS merupakan file system yang benar benar berbeda di banding teknologi FAT. NTFS merupakan file system standar untuk Windows Xp/NT.

  • Security system yang jauh lebih baik, terutama untuk control akses file dalam jaringan atau network.

  • Support untuk kompresi file, cluster dan bahkan support enkripsi data.

  • Tidak kompatibel dengan Operating System lain yang terinstall di komputer yang sama (Double OS) bahkan juga tidak terdetek apabila anda melakukan StartUp Boot menggunakan floopy.

  • Jika sudah menggunakan NTFS maka tidak bisa di downgrade ke FAT, kalaupun memaksakan downgrade secara langsung maka file-file anda akan hilang, jika tidak backup terlebih dahulu.

TIPS : Untuk itu sangat disarankan kepada anda untuk menyediakan partisi yang kecil saja yang menggunakan file system FAT di awal partisi. Partisi ini dapat anda gunakan untuk menyimpan Recovery Tool apabila mendapat masalah, sehingga pc lebih recoverable. Selain itu penggunaan file system FAT juga bisa meringankan cara kerja OS komputer karena lapisan sekuritas sector dan cluster tidak serumit NTFS. Hal ini akan terasa saat scandisk atau check disk (CHKDSK).

Jadi dengan adanya penjelasan singkat padat dan sudah disederhanakan diatas dalam tabel diharapkan akan lebih jelas mengenai perbedaan FAT dan NTFS sehingga mungkin bisa sedikit menambah referensi anda dalam memilih baik akan downgrade maupun upgrade jenis partisi yang akan anda pilih, baik sesuai dengan kebutuhan, kapasitas storeage yang anda punya, maupun untuk plan kedepan dalam memenuhi tuntutan pekerjaan anda sehari-hari didepan komputer yang semakin kompleks, Semoga referensi pengertian dan bagian dalam harddisk ini bermanfaat positif dan aplikatif serta menunjang. Terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan anda, Selamat bekerja dan beraktifitas, salam..

Tag : Terimakasih sudah menyimak posting tentang Pengertian bagian dalam hard disk drive semoga bermanfaat positif, inspiratif dan lebih aplikatif kedepannya. Karena memang referensi edukatif ini jika dijelaskan lebih detail dan spesifik secara ilmiah akan sangat panjang. Jika ada fasilitas download silahkan lihat di pojok kanan atas. Artikel dengan kategori Komputer ini merupakan sub dari HDD Block and Partition. Selamat beraktifitas dan semoga berhasil sukses untuk anda!.




Comment

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
8 dan 7=?

 
  

Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh, dengan syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa di subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik dan prosedur tidak akan direspon dan comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik materi mengenai ask lepi mau diisi win xp sebaiknya partisi apa ya.

 
 

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel mengenai ask lepi mau diisi win xp sebaiknya partisi apa ya :

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
   Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
8 dan 7=?
 
  
   
 
 

Post Visitor

  
Nama
E-Mail
  
Pesan / Konsul / Pertanyaan
Nama rekan anda
E-Mail rekan anda
Hasil perkalian
8 dan 7=?
 

Jika anda memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat yang anda percaya dan juga membutuhkan informasi artikel khusus tentang Komputer ini maka, anda boleh mengirimkan info ini menggunakan email yang valid. Gunakan post visitor ini sebaik mungkin, silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar serta berhubungan dengan materi topik mengenai ask lepi mau diisi win xp sebaiknya partisi apa ya.

 
 

Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access

-