MCSCV Logo Background Banner -


Logo Info Yang Baru -

Cara memperbaiki power supply komputer ATX dengan memahami lebih awal jenis kerusakan.

PSU (Power Supply Unit) pada catu daya PC Mainboard PCB Micro ATX. Saat ini ada 60 artikel yang masuk dalam Kategori Komputer. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif. Halaman ini bisa anda lihat dengan PC-Desktop maupun dengan Smartphone Android atau Mobile Version. Silahkan simak selengkapnya materi tentang Komputer khususnya mengenai Cara memperbaiki power supply komputer ATX.

langkah & analisa Cara Memperbaiki Power Supply Unit Komputer Yang Rusak menggunakan komponen yg tepat ataupun equivalent.

PSU . FUSE AC 220V . transistor power switching 2SC3039 . diode brigde . diode bank . pembangkit PWM . PCB . komponen

cara service psu atxPower Supply PSU Komputer merupakan sumber listrik utama yg menyediakan tegangan + 12V, -12V, + 5V, -5V, & sinyal POR (Power On Reset) utk mengaktifkan motherboard. Daya maksimal yg dapat di konsumsi oleh power supply ini sekitar 200 watt dg tegangan masuk sebesar 220 V AC dari PLN. Dengan efisiensi yg sangat tinggi power supply ini sekitar 200 watt dapat menyediakan tegangan sebesar + 5V dg arus sekitar 15 - 20 A utk keperluan peralatan digital motherboard, disk drive, hard disk, fan prosessor, CD-Rom Drive & card-card yg dimaksudkan pada slot motherboard. Kalau beban power supply berlebihan, maka komputer akn tdk jalan / dapat berjalan tetapi tdk normal terutama pada saat kelistrikan yg di butuhkan meningkat sampai limit. Kerusakan yg sering terjadi ialah akibat beban berlebihan, tegangan masuk yg tak stabil, sistem ground ygn tak baik, & sebab-sebab lain. Gangguan paling fatal buat untuk power supply ialah kalau enggak mengeluarkan tegangan sama sekali, walaupun sdh di beri tegangan masuk sesuai dg kebutuhan. Cara praktis buat memperbaiki power supply komputer dapat di lakukan sebagai berikut :

  • [1]. Lepaskan kotak power supply dari cassing agar memudahkan memeriksa rangkaian elektronik & lepaskan seluruh kabel dari alat-alat lain. Bukalah kotak power supply sambil memeriksa fisik komponen elektronik, barangkali ada ygn terbakar dapat diketahui.

  • [2]. Periksalah FUSE AC 220V dari sumber listrik luar, lepaskan FUSE tersebut dari soketnya & ukur hubungan kawat pengamannya dg ohm-meter pada posisi X1. Jarum ohm-meter harus menunjukkan nilai sekitar 0 ohm, ygn berarti FUSE tersebut masih baik. Kalau ohm-meter menunjukkan angka ygn tak terhingga, berarti FUSE sdh putus, harus diganti baru. Jangan melakukan sambungan kawat pada FUSE ygn telah putus, karena batas arus lelehnya mungkin akn menjadi lebih besar & hendak menyebabkan kerusakan bagian lain.

  • [3]. Kalau FUSE baik / telah diganti baru tetapi masih juga enggak dapat mengeluarkan tegangan DC, maka lanjutkan dg memeriksa transistor power switching 2SC3039 (dua buah) ygn bertugas sebagai kendali catu daya secara PWM. Lepaskan dua transisitor 2SC3039 tersebut dari PCB & lakukan pemeriksaan kondisi masing-masing dgn multimeter. Kalau salah satu transistor rusak untuk menggantinya sebaiknya keduanya diganti dgn transistor baru, agar karakteristiknya terjamin & simetris, ketidakseimbangan karateristik dua transistor ini menyebabkan gangguan stabilitas tegangan DC ygn dikeluarkan power supply.

  • [4]. Lepaskan diode brigde / empat buah diode bank perata ygn langsung meratakan arus listrik AC pada bagian masukkan, periksalah kondisi diode ini dgn multimeter. Kadang sering terjadi salah satu diode-nya bocor / hubungan singkat, sehingga arus listrik AC ikut masuk ke rangkaian switching & melumpuhkan power supply secara keseluruhan transistor power hendak ikut rusak, terbakar. Bahkan kalau tingkat kebocoran diode ini ini sangat besar, maka trafo switching bakal meleleh, kawatnya terkelupas, & terhubung singkat, kerusakan ini yng paling fatal.

  • [5]. Periksa juga transistor pembangkit pulsa power on reset, juga kapasisitor & resistor yng terdapat pada rangkaian basis transistor tersebut. Kalau rangkaian transistor ini bekerja dgn baik, maka seluruh hasil regulasi tegangan DC bakal di reset oleh pembangkit PWM & akibatnya power supply tidak mengeluarkan DC sama sekali. Gantilah transistor baru kalau dari pengetesan transistor POR ini ternyata rusak. Begitu juga kalau kapasitor di test akan kering, nilainya berubah, maka harus di ganti baru dgn nilai yng persis sama dng sebelumnya.

  • [6]. Karena Power Supply komputer umunya bekerja dng temperatur yng lebih tinggi dari suhu ruangan, maka ada kemungkinan karena panas yng berlebihan menyebabkan solderan kaki-kaki komponen / kabel-kabel ada yng terlepas. Periksalah seluruh solderan pada PCB Power Supply lebih bagus lagi pastikan hubungannya di perbaiki dng jalan di solder ulang dng timah yng lebih lunak (encer, flux 60/40). Sehingga hubungan kabel / kaki komponen yng mungkin longgar dapat di jamin bersambung kembali & umumnya power supply akan dapat bekerja normal kembali.

  • [7]. Komponen aktif yang pengetesannya tidak dapat di lakukan dng multimeter adalah ICTL494 yang bertugas sebagai pembangkit PWM untuk mengendalikan transistor power switching bekerja. IC ini hanya di test dengan membandingkan terhadap IC yang normal pada power supply yang lain yang sejenis. Pergunakan soket IC yang dicurigai rusak dengan IC pembanding yang masih bagus.

  • [8]. Kalau proses pemeriksaan & pergantian komponen yang rusak sudah dilakukan secara keseluruhan, maka cobalah power supply dihidupkan dengan memasang beban berupa disk drive saja. Periksalah apakah kipasnya berputar, ukur tegangan kabel yang berwarna kuning (+12), merah (+5), biru (-5), biru (-12), orange (POR) terhadap kabel warna hitam (ground). Kalau parameter tegangan pada kabel-kabel tersebut sudah benar, matikan power supply & gantilah bebannya dengan motherboard / beban lengkap seperti semula, cobalah sekali lagi.

Untuk tambahan : kadang komponen dlm PSU tidak semua tersedia di pasaran, terutama PSU ATX jenis baru. Komponen yang biasanya agak susah ditemukan di pasaran adalah transistor triac mwpun mosfet. Namun kalau kamu memiliki program persamaan transistor dapat mencari yang equivalent untuk menggantinya sesuai dengan karakteristik komponen yg akan di replace. Kalau kamu membutuhkan contoh datasheet misalnya transistor fcs9013 dapat mendownloadnya untuk referensi saja supaya lebih memahami konsep & spesifikasi inti transistor maupun IC. Sementara itu yg dapat disampaikan, sebelum & sesudahnya, Terima kasih atas kunjungan & kepercayaan anda. Selamat bekerja & beraktifitas.


Untuk tambahan referensi yang berhubungan dengan Cara Memperbaiki Power Supply Unit Komputer Yang Rusak silahkan bisa membuka halaman Kategori Komputer yang didalamnya juga berisi sub materi tentang Cara Memperbaiki Power Supply Unit Komputer Yang Rusak.




Comment

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis pakai format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
8 & 6=?

 
  

Silahkan jika serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh. Syarat komentar : gunakan data valid, terutama email aktif & subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik & prosedur tidak akan direspon. Comment harus sesuai topik materi perihal cara memperbaiki power supply komputer atx.

 
 

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel bab cara memperbaiki power supply komputer atx :

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
   Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
8 & 6=?
 
  
   
 
 

Post Visitor

  
Nama
E-Mail
  
Isi Pesan
Nama rekan
E-Mail
Hasil perkalian
8 & 6=?
 

Jika memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat juga membutuhkan informasi artikel khusus ttg Komputer ini maka boleh mengirimkan info ini menggunakan email valid. Gunakan post visitor sebaik mungkin, silahkan isi form post visitor diatas secara baik & benar serta materi topik berhubungan tentang cara memperbaiki power supply komputer atx.

 
 

Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access