Pengertian warm boot maupun cold boot pada proses restart di PC maupun perangkat mobile seperti smartphone dan HP. Saat ini ada 58 artikel yang masuk dalam Kategori Komputer. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif. Halaman ini bisa anda lihat dengan PC-Desktop maupun dengan Smartphone Android atau Mobile Version, Revisi ke : 78190. Silahkan simak selengkapnya materi tentang Komputer khususnya mengenai Warm Cold Booting Pengertian Proses Restart PC Mobile HP.

Pengertian dan konsep dasar restart pada perangkat digital berbasis processor seperti pc ponsel handphone pda dan lainnya, serta perbedaan reset dengan restart dalam sistem cara kerja komputer

Restart . Jenis . Soft . Hard . Otomatis . Manual . Komputer . Ponsel

Cara Kerja Komputer Saat Restart - Apa perbedaan restart dengan reset? beda-beda tipis dan agak lumayan pelik ini, perbedaannya begini : kalau restart saja itu hanya melibatkan flex memory atau cache saja, yang dikosongkan hanya memori temporer tanpa memasuki area primer. Sedangkan reset yaitu aktivitas yang disamping melibatkan pengosongan flexible memory dan cache juga akan mengembalikan setting default pada memori primer atau primary storeage. Lalu bagaimana dengan perbedaan hard booting dengan soft booting pada komputer? kalau untuk yang ini baca disini cara kerja komputer dari mulai booting sampai shutdown, disana lengkap sekali. Reset bisa dilakukan secara manual yang melibatkan aktivitas fisik langsung, sedangkan secara otomatis reset bisa dilakukan karena terprogram atau programmable. Reset to factory default juga sangat familiar dalam dunia ponsel yang sekarang sudah mulai merambah menjadi smartphone.

Pengertian Restart pada perangkat berbasis komputer maupun perangkat digital lainnya adalah proses dimana sebuah perangkat digital mengalami titik jenuh dan membutuhkan reboot ulang agar data-data yang tersimpan secara temporer pada cache memory bisa di kosongkan dan digunakan kembali dari awal / titik nol, dengan kondisi ini perangkat digital berplatform microcihips akan bisa kembali bekerja normal sesuai dengan instruksional yang terintegrasi dalam firmware / bios yang mengontronya..

Jenis restart sendiri dibagi menjadi dua bagian, yaitu

  • soft restart / reset,

  • dan hard reset/restart.

Soft restart merupakan cara untuk mereset perangkat digital berbasis microchip / komputer yang mekanismenya lebih banyak dipengaruhi oleh aktifitas halus perangkat lunak, tanpa memodifikasi hardware secara signifikan, cara ini biasanya digunakan sebagai cara preventif supaya perangkat bisa kembali normal sebelum komponen chip utama mengalami titik jenuh.

Sedangkan hard reset/restart pada perangkat berbasis chip maupun komputer adalah kebalikan dari proses soft reset/restart, yaitu proses reset yang lebih banyak dipengaruhi oleh mekanisme yang berhubungan dengan aktifitas hardware, dan biasanya akan memodifikasi konstruksional hardware/komponen, baik secara signifikan/menyeluruh maupun perbagian saja. Proses hard reset biasanya dilakukan dengan cara Jumper/menyambung, Memotong/cutting, Menyentuh komponen pada titik vital /test point dan tentu melibatkan pengguna komputer saja secara langsung. hard reset/restart lebih beresiko tinggi jika dilakukan tanpa basic dan dasar yang memadai mengenai konstruksional kompleks perangkat digital tertentu terutama berbasis chipset maupun komputer, karena bersentuhan langsung dengan hardware/komponen, untuk melakukan proses ini harus dengan extra hati-hati.

soft reset/restart dan hard restart sendiri masih dibagi menjadi dua bagian, yaitu

  • secara otomatis bekerja dengan sendirinya,

  • dan secara manual.

restart otomatis biasanya proses restart yang terjadi karena perubahan struktur komponen yang paling banyak dipengaruhi oleh perubahan komponen pada suhu tertentu (overheat) komponen yang mengalami overheat akan menyebabkan induksi dan transmisi data pada perangkat berbasis microchip akan mengalami restart karena dis-fungsi / dis-informasi yang menyebabkan firmware dalam sebuah microchip salah menerjemahkan digit algoritma tertentu, sehingga terjadilah restart otomatis yang kinerjanya terkontrol oleh sensor suhu.
Sedangkan restart manual adalah restart yang dilakukan secara sengaja tanpa mempertimbangkan kinerja perangkat digital secara menyeluruh. contoh mekanisme dan proses restart pada perangkat berbasis chip maupun komputer dan juga ponsel antara lain :
contoh restart komputer dan cara mengatasinya: keterlambatan processor menerima data dari storeage akibat lonjakan maupun penurunan catu daya power suplay yang drop dan rusak, yang menyebabkan blue screen, sehingga komputer restart dengan sendirinya. Kerusakan beberapa peripheral yang juga mengakibatkan bluescreen bsod dan restart.
Contoh restart ponsel seperti : Blinking, White blinking, restart, Blank White Screen, Close Application, Red Blink. Untuk penanganan pada komputer biasanya yang familiar dan lazim dilakukan adalah dengan menganti peripheral dan menginstallasi ulang sistem operasinya dari awal sampai dengan driver komponen/modul/card pengganti terpasang dengan baik. Sedangkan penangan pada perangkat mobile seperti ponsel/pda/handphone, biasanya familiar dengan cara mengganti komponen/sparepart/chip vital sebelum melakukan installasi ulang atauproses flashing, maupun unlocking dalam mengembalikan bootcore/bootblock pada perangkat digital yang tertanam dalam microchip, eeprom, erom, bios, etc. Semoga informasi yang sederhana ini bisa menambah wawasan mengenai konsep dasar dan pengertian restart pada perangkat digital berbasis komputer maupun mcrochips. Sementara itu yang bisa disampaikan mengenai pengertian restart dan perbedaan dengan reset pada perangkat digital, terima kasih atas kunjungan dan kepercayaannya, semoga bermanfaat, salam..

Tag : Terimakasih sudah menyimak posting tentang Warm Cold Booting | Pengertian Proses Restart | PC Mobile HP semoga bermanfaat positif, inspiratif dan lebih aplikatif kedepannya. Karena memang referensi edukatif ini jika dijelaskan lebih detail dan spesifik secara ilmiah akan sangat panjang. Jika ada fasilitas download silahkan lihat di pojok kanan atas. Artikel dengan kategori Komputer ini merupakan sub dari pengertian restart reset komputer chip. Selamat beraktifitas dan semoga berhasil sukses untuk anda!. Info terbaru ini merupakan revisi ke : 78190.




Comment

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
5 dan 7=?

 
  

Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh, dengan syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa di subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik dan prosedur tidak akan direspon dan comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik materi mengenai warm cold booting pengertian proses restart pc mobile hp.

 
 

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel mengenai warm cold booting pengertian proses restart pc mobile hp :

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
   Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
5 dan 7=?
 
  
   
 
 

Post Visitor

  
Nama
E-Mail
  
Pesan / Konsul / Pertanyaan
Nama rekan anda
E-Mail rekan anda
Hasil perkalian
5 dan 7=?
 

Jika anda memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat yang anda percaya dan juga membutuhkan informasi artikel khusus tentang Komputer ini maka, anda boleh mengirimkan info ini menggunakan email yang valid. Gunakan post visitor ini sebaik mungkin, silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar serta berhubungan dengan materi topik mengenai warm cold booting pengertian proses restart pc mobile hp.

  • yusnijar - ****ngyusnijar@yahoo.com mengirimkan pesan ke (mas hendri/****endri@yahoo.com) at 17/02/2012 - 11:16:39
    "saya : yusnijar di komputer saya terjadi hal seperti ini yang tulisanya ( reboot and select proper boot device or insert boot media in selected boot device and press a key )..... tolong berikan penjelasan dan cara mengatasinya agar saya tidak kesulitan dalam problom komputer yang seperti ini ! Salam Sukses..."
 
 

Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access

-