Tutorial Cara Memperbaiki Power Supply yang Mati Rusak (DROP) dg cek blok inti : adaptor, regulator, stabilizer, ac-matic switching. Tutorial pertama yaitu melepas psu dari beban modul utama / mainboard, Kemudian plug-in tegangan 220v AC dan jumper kabel (POR - Powr On Reset) abu2 dan hijau, setelah jumper apakah psu on?, Jika ya on, cek dengan avo dan tambahan beban seperti cdrom atau lainnya yang memiliki polaritas tegangan +12v +5v -12v -5v , Lihatlah apakah jarum berdetak / mengeluarkan angka tidak stabil? Jika ya ini pertanda psu drop. Untuk mempercepat analisa bisa dengan cara melihat fisik komponen utama dioda bridge, capacitor. Jika komponen itu bagus tidak hitam atau berbau menyengat, Maka lanjut cek pada transistor triac dan travo ac-matic, Selengkapnya silahkan simak. Semoga tutorial ini menambah referensi dalam memperbaiki psu drop. Saat ini ada 6 artikel yang masuk dalam Kategori Elektronika. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif. Halaman ini bisa anda lihat dengan PC-Desktop maupun dengan Smartphone Android atau Mobile Version, Revisi ke : 96617. Silahkan simak selengkapnya materi tentang Elektronika khususnya mengenai Tutorial Cara Memperbaiki Power Supply yang Mati Rusak DROP.

Cara dan langkah cek PSU yang drop tegangan maupun Matot sesuai dengan blok inti power supply unit. dan berusaha memperbaiki dengan komponen dari hasil analisa yang tepat.

Blok . Langkah . Tegangan . PSU . Matot

Cara melakukan cek pada power suplay yang rusak, baik pada kondisi drop dan mati total. Cara yang paling aman yaitu dengan melepaskan power suplay dari modul elektronika yang menjadi beban utamanya, Dalam Hal ini yang akan dibahas adalah power suplay atx yang merupakan power suplay komputer. Sebelum membahas mekanisme, langkah, dan cara-cara perbaikan lebih jauh, diharapkan pembaca sudah memiliki basic mengenai elektronika, terutama dan khususnya pada blok Catu Daya / Power Supplay unit, seperti adaptor, regulator, stabilizer, ac-matic, dan switching.

Langkah dan cara pertama yang dilakukan dalam pengecekan power suplay atx adalah :

  • 1. Melepaskan Power Suplay dari modul utama dalam hal ini motherboard.

  • 2. Masukan tegangan utama 220v ke plug PSU Atx, kemudian jumper antara kabel berwarna Hijau dan Abu-abu, Jika pada saat jumper, Fan PSU berputar, berarti kondisi PSU masih dalam kondisi cukup dalam mengeluarkan tegangan 12V dan 5V

  • 3. Tes dengan cara menambahkan beban pada PSU Atx, dengan cara memasukan CDROM / Beban apapun yang membutuhkan tegangan : +12V +5V kemudian jumper pada posisi seperti poin-2, dan pada socket tegangan yang kosong, masukan AVO Metter / alat ukur tegangan, baik digital maupun analog, pada skala 50, untuk mengukur tegangan 12 dan 5 Volt tersebut, jika pada saat PSU Atx hidup dengan beban tersebut tadi, dan Jarum AVO berdetak / AVO digital mengeluarkan angka yang berubah-rubah, maka bisa dipastikan Power Suplay Unit (PSU) ATX Dalam kondisi drop. Namun jika angka tetap stabil tidak berubah, maka ini jug bisa menjadi indikator cara mendeteksi psu yg bagus untuk pc.

  • 4. Jika ternyata pada cara pengecekan pada Power Suplay Unit (PSU) yang drop sudah sesuai dengan poin-3, langkah selanjutnya adalah melepaskan semua beban, dan alat ukur seperti yang dijelaskan pada poin-3, kemudian buka PSU, dan lihat pada bagian utama : AC-Matic, Regulator, Adapter Bridge, transistor triac, Dengan cara mudah yaitu melihat bentuk fisik komponen, apabaila bentuk fisik komponen berubah dan mencurigakan dengan di tandai bau yang menyengat, panas berlebihan, berwarna kehitaman, maka dengan langkah dan cara mudah ini, anda bisa ganti komponen tersebut, biasanya pada Capacitor berukuran 1000uF/12V dan 1000uF/10v pada bagian regulator akhir.

  • 5. Jika dengan langkah yang mudah ke empat, tidak bisa ditentukan komponen yang rusak, maka bisa dilakukan dengan cara cek langsung komponen, dengan langkah awal adalah, mencabut komponen jumper/spull yang mengkoneksikan / menjembatani antara AC-Matic 220V dengan Blok Regulator, setelah selesai, baru cek regulator dan mencari / mengukur kapasitor yang dianggap trouble dan membikin drop.

Untuk PSU Atx yang mati total (matot) biasanya tidak akan mengeluarkan tegangan apapun seperti yang ditunjukan dalam poin-2, untuk PSU Mati total, yang harus dicek pada langkah awal adalah melakukan cek pada konektifitas kabel 220V dan proteksi jumper tegangan 220V, jika dalam keadaan putus, maka ganti dengan kabel dan jumper yang baru, jika masih tetap mati total, kerusakan utamanya paling sering dan biasanya adalah pada bagian AC-Matic utama, yang memiliki fungsi sebagai step-up kuat arus, dan lebih spesifik lagi adalah pada bagian TRIAC-Transistor, yang berfungsi vital sebagai filter maupun proteksi utama sebelum tegangan dari AC-Matic diumpan ke blok regulator utama pada PSU, Transistor TRIAC ini memiliki type dan jenis yang berbeda-beda tergantung dari jenis dan Merk PSU yang digunakan, dan juga besaran wattnya. Untuk PSU Integrated seperti untuk laptop, ciri kerusakan dan proses cara memperbaiki laptop rusak psunya, juga identik stepnya, hanya saja peralatan dan jenis komponennya sudah bga ball.
Terima Kasih Atas Kunjungan dan Kepercayaan anda, Semoga referensi singkat dan sangat sederhana ini bisa menambah referensi untuk anda dalam menangani dan cek power suplay unit atx yang rusak baik karena dropt tegangan, maupun karena mati total.

Tag : Terimakasih sudah menyimak posting tentang Tutorial Cara Memperbaiki Power Supply yang Mati Rusak (DROP) semoga bermanfaat positif, inspiratif dan lebih aplikatif kedepannya. Karena memang referensi edukatif ini jika dijelaskan lebih detail dan spesifik secara ilmiah akan sangat panjang. Jika ada fasilitas download silahkan lihat di pojok kanan atas. Artikel dengan kategori Elektronika ini merupakan sub dari cara cek power suplay rusak. Selamat beraktifitas dan semoga berhasil sukses untuk anda!. Info terbaru ini merupakan revisi ke : 96617.




Comment

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
2 dan 2=?

 
  

Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh, dengan syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa di subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik dan prosedur tidak akan direspon dan comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik materi mengenai tutorial cara memperbaiki power supply yang mati rusak drop.

 
 

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel mengenai tutorial cara memperbaiki power supply yang mati rusak drop :

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
   Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
2 dan 2=?
 
  
   
 
 

Post Visitor

  
Nama
E-Mail
  
Pesan / Konsul / Pertanyaan
Nama rekan anda
E-Mail rekan anda
Hasil perkalian
2 dan 2=?
 

Jika anda memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat yang anda percaya dan juga membutuhkan informasi artikel khusus tentang Elektronika ini maka, anda boleh mengirimkan info ini menggunakan email yang valid. Gunakan post visitor ini sebaik mungkin, silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar serta berhubungan dengan materi topik mengenai tutorial cara memperbaiki power supply yang mati rusak drop.

  • laki oh - ****_oh@ymail.com mengirimkan pesan ke (qmet asoy/****_ok@yahoo.com) at 05/04/2011 - 01:57:34
    "tutorial memperbaiki PSU PC"
  • Sri Mulyani - ****910av@yahoo.com mengirimkan pesan ke (rie chie/****chie28@yahoo.co.id) at 14/10/2011 - 14:20:41
    "kerusakan pada catu daya"
 
 

Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access

-