MCSCV Logo Background Banner -


Logo Info Yang Baru -

Cara memperbaiki hard disk bad sector tidak bisa di format yaitu menggunakan DM (Disk Manager) dan HDD Regenerator.

Apabila kerusakan hard disk tidak bisa diformat karena hardware maka harus menggunakan PC-3000 AT lengkap dengan card PCI khusus format firmware HDD. Saat ini ada 59 artikel yang masuk dalam Kategori Komputer. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif. Halaman ini bisa anda lihat dengan PC-Desktop maupun dengan Smartphone Android atau Mobile Version, Revisi ke : 78188. Silahkan simak selengkapnya materi tentang Komputer khususnya mengenai Memperbaiki hard disk bad sector tidak bisa di format.

Cara memperbaiki hard disk / HDD bad sector tidak bisa di format.

dg langkah repair yg tepat sesuai dg jenis kerusakan hardsik! PEMULA SEKALIPUN pasti BISA!

Memperbaiki . Jenis . hardware . software . Kode . Repair

cara repair hdd bad sector

Bagaimana cara memperbaiki hardisk rusak tidak bisa diformat? caranya tergantung jenis kerusakan yg kamu alami, apa karena aktivitas fisik ataupun komponen hardware yg rusak apa karena sifat logis magnetis software. Selain itu tipe partisi yg sebelumnya rusak juga dapat mempengaruhi hasil perbaikan & repair unformated hardisk & bad sector. Hardisk kalau sdh bad sector baik hard marking mwpun soft marking pasti akn berpengaruh pada sistem cara kerja komputersecara kseleuruhan sejak pertama kali komputer dinyalakan. Ciri paling khas kalau hardisk susah diformat & bandel karena lama sekali proses formatnya adalah di bios saja dideteksi susah, kadang kode firmware & merk hardisk pun berubah ini yg terparah, kalau masih kedetek & hanya bad sector kemungkinan masih dapat dipulihkan. Cara memperbaiki hardisk bad sector & susah diformat paling umum yaitu menggunakan hardisk regenerator, DM (Disk Manager) & tools bawaan dari vendor hardisk itu sendiri, meskipun hardisk jaman sekarang sdh jarang dibawakan. Yang akn dijelaskan disini lebih awal adalah dasar-dasar perbaikan & pengetahuan tentang hardisk terlebih dahulu, supaya kamu bs mengambil langkah yg tepat, karena ketepatan kamu memilih tools perbaikan hardisk & kecocokannya dg kerusakan hardisk yg kamu alami sangat menentukan berhasil tidaknya perbaikan hardisk. Karena memang memperbaiki hardisk bad sector & susah diformat kadang tdk tokcer diselesaikan dg satu teknik & satu tools saja.

Untuk memperbaiki hard disk yg rusak / mungkin rusak sampai tdk bs di format, Langkah-langkah yg harus di perhatikan adalah mengenal terlebih dahulu jenis-jenis kerusakan hard disk, supaya solusi perbaikan pada hard disk yg rusak bs dg cara yg tepat, apalagi pada hard disk yg telah mutlak tdk bs di format, pasti akn membutuhkan analisa & cara perbaikan dg perlakuan yg khusus.

Jenis Kerusakan Hard disk secara umum dibedakan menjadi 2 :

  • Kerusakan Hardware

  • Kerusakan Software

Kerusakan HDD bad sector karena hardware biasanya indikasinya adalah mati toal, motherboard hard disk mati & terbakar, platter hard disk tergores, spindel hard disk macet, & lainnya. Jenis kerusakan hardware adalah kerusakan pada hard disk yg disebabkan karena faktor fisik & biasanya bersifat permanen bila perangkat keras / hardware / spare part penggantinya tdk sanggup ditemukan karena memang keterbatasan spare-part hardware. Indikator kerusakan ini biasanya :

HDD mengeluarkan bunyi yg aneh & tdk beraturan. Dlm posisi ini hdd tdk terbaca & terdeteksi.

Led HDD menyala terus menerus saat booting & tak blinking sebagai tanda aktivitas pembacaan data hdd, biasanya loading hendak lama sekali.

HDD Lebih cepat panas, & biasanya meyebabkan PC gampang sekali Hang.

PC Sering blue screen, dg mengeluarkan pesan yg intinya berhubungan dgn "Dumping cache, memori. bad cluster", tapi bila direstart sanggup normal lagi, & sanggup kambuh lagi & berulang-ulang seperti itu, ini indikasi kerusakan hardware, jangan merepair OS karena kmu hanya hendak kehilangan banyak waktu saja.

HDD sanggup diformat 100% tetapi pada saat digunakan macet-macet, & sering blue screen, ini berarti buffer HDD yg rusak.

Hardisk cepat panas bila tak segera diatasi maka juga hendak memicu hdd cepat rusak akibat hardware karena konduktor pada chip yg memuai diluar ukuran standarnya meskipun sangat kecil (micron).

Kerusakan HDD bad sector karena software adalah jenis kerusakan hard disk ygn disebabkan oleh faktor non fisik, indikasi kerusakan hard disk karena faktor non fisik antara lain : Bad Shadow, Bad Cluster, Bad Marking, Virus, Boot loader, firmware, hard disk tak terdeteksi bios, seri & type hard disk kacau, kapasitas hard disk terdeteksi lebih kecil dari asliny & lainnya. Indikator kerusakannya :

  • HDD sangat lama loading meskipun LED blinking menandakan ada aktifitas pembacaan, tapi blinking berulang-ulang, tanda ada bad sector, karena spindle terjebak membaca data ygn rusak pada sector yg rusak berulang-ulang. indikasi ini juga biasanya kelihatan pas setup OS baru beberapa tahap sdh tak terdeteksi sampai blue screen.

  • HDD Susah di format, meskipun kapasitas & tipenya mampu terdeteksi dgn baik di bios pc.

  • HDD mengeluarkan kode FW ygn aneh-aneh pada saat PC/Kompi/Laptop startup pertama kali, biasanya kode FW & SN berubah-rubah, Ini terjadi apabila HDD sdh benar-benar tak mampu boot & self check (Namun ini jarang terjadi (minoritas), apabila hdd digunakan dgn standard saja), contoh mengeluarkan kode hdd : Ares, Calipso, Athena, Cyclops, ESP, DSP, Minerva, Apollo, Artemis, Hermes, Mercury, Venus, Hesphaestus, Dionysus, Areois, Areia, Aphrodite. Namun diantara indikator tersebut ygn paling lazim adalah kode hieroglyph seperti Ares, Athena, Calipso, & kombinasi ASCII. Tapi tak semua type jenis hardisk memiliki kode blok error ygn sama, berbeda-beda satu dgn ygn lainnya, tergantung karakteristiknya terutama pada tipe, seri, & jenis FW (Firmware) ygn tertanam/bersemayam didalamnya.

  • Kode error ygn keluar biasanya disebabkan karena HDD terlalu panas pada bagian chipsetnya sehingga mengganggu konduktifitas data antara IDE/Sata ke Bridge Motherboard, sehingga type ygn sesungguhnya tak mampu diterjemahkan bios motherboard. Untuk mengatasi ini apabila HDD kmu besar & memuat data / file-file penting & membutuhkan recovery biasanya dibutuhkan repair FW pada board HDD. WARNING! Untuk repair ini tak direkomendasikan utk coba-coba, bilamana kmu ingin repair & recover berusahalan utk mendapatkan pengawasan & didampingi Rekan/Teman/CS/Relasi kmu ygn benar-benar paham prosedur & konstruksinya secara teknis, Karena enggak Dapat utk Coba-coba.

  • Kalau km SCANDISK dgn posisi full scan, biasanya ada tanda BAD ygn biasanya menyebar. Namun berurutan antar blok.

  • Pada saat mengcopy file / aktifitas ygn berhubungan dgn baca tulis data/file, biasanya bakal mengeluarkan pesan "Error reading file" meskipun km yakin bahwa antara sumber (source) dgn target tempat penyimpanan masih bagus secara fisik, ini indikator cache hdd yg trouble / konduktifitas transfer data melalui kabel IDE/Sata terganggu.

  • Dan biasanya HDD ygn kena bad shadow (Marking) juga mampu dikarenakan terkena dampak melakukan defrag ygn terlalu sering sehingga proses kerja platter & keping magnetic hdd lebih cepat panas & berinduksi tinggi. Karena defrag memang bermanfaat positif tetapi juga ada negatifnya bilamana dilakukan dng berlebihan.

  • Dan lainnya, masih banyak lagi, Namun intinya identik dng trouble-trouble ygn disebutkan diatas.

Proses & teknik repair cara memperbaiki hardisk yang tidak bisa diformat baik itu karena bad sector maupun memang belum terdeteksi spesifikasi & kapasitasnya yang akan dijelaskan disini dengan syarat & kondisi hardisk engkau masih terdeteksi artinya firmware bios hardisk engkau masih bagus, dikau bisa menggunakan tools berikut langkah perbaikan & keterangannya :

  • 1. Langkah yang pertama memperbaiki hard disk tidak bisa diformat yaitu menggunakan DM (Disk Manager) semisal hardisk dikau memang belum terdeteksi kapasitasnya, sector, track, & wpcom. Pakai ini lebih dahulu jangan langsung di regenerator, seandainya mau hasilnya maksimal, memang ini akan memakan waktu lama terutama seandainya hardisk dikau berukuran besar, tapi hasilnya jamin seandainya kerusakan hardisk dikau bukan penuh akibat fisik / hardware.

  • 2. Langkah yang kedua memperbaiki HDD bad sector yaitu baru menggunakan HDD Regenerator idealnya versi 1.5 sampai 1.7 tergantung anda punya yg mana, sama saja. Lakukan langkah yang kedua ini jika anda sudah yakin hardisk anda sudah terdeteksi penuh spek & kapasitasnya, cara intinya pilih menu scanning and fix bad sector, tinggal tunggu sampai selesai, jika muncul logo B artinya ditemukan BAD, jika muncul logo R, artinya BAD Repaired.

PERHATIAN : Kalau hardisk anda sudah banyak datanya & hdd masih kedetek maka langsung lakukan langkah kedua sehingga data lama anda tidak hilang. Langkah pertama dilakukan hanya jika memang hardisk anda tidak terdeteksi sama sekali di BIOS komputer/laptop. Cara diatas bisa dilakukan siapapun bahkan untuk pengguna, karena tampilan software repair itu mudah sekali dipahami bahkan yang baru mulai.

Info tambahan untuk memperbaiki hardisk yang kena firmware & biosnya, langkahnya lebih pelik karena anda harus flash dahulu chipset hardisknya menggunakan PC3000 AT & interface khusus PC MX Safe Adapter PCI/ISA / emulatornya jika anda berani. Flashing disesuaikan dengan merk hdd, kapasitas, seri & tipe chipsetnya & ini paling sering pada hardisk maxtor. Perbaikan ini tidak cukup dengan software repairer bad sector saja tapi butuh hardware & interface tambahan supaya hardisk bisa masuk pada posisi safe mode & siap di flash. WARNING : Untuk cara ini sama sekali tidak direkomendasikan untuk pemula, karena membutuhkan pengalaman & jam terbang khusus sebab harus paham terperinci sector, cluster, track, wpcom, & rumpun FW hardisk, Harga toolsnya juga mahal terutama interface flashernya. Kalau spekulasi resikonya tinggi!, jika anda mengalami kerusakan parah tingkat ini lebih baik ganti baru saja, / jika anda butuh recovery datanya, serahkan saja kepada orang / teknisi yang sudah pengalaman / orang yang anda percaya mampu & bisa, di kota tempat tinggal anda.

Terima kasih atas kunjungan & Kepercayaan Anda, Semoga referensi singkat & sederhana mengenai cara memperbaiki hardisk yang tidak bisa diformat & bad sector ini bermanfaat positif & aplikatif untuk anda, Selamat bekerja & beraktifitas, selamat mencoba & salam..


Untuk tambahan referensi yang berhubungan dengan Memperbaiki hard disk bad sector tidak bisa di format silahkan bisa membuka halaman Kategori Komputer yang didalamnya juga berisi sub materi tentang memperbaiki harddisk rusak tidak bisa diformat. Info terbaru ini merupakan revisi ke : 78188.




Comment

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis pakai format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
8 & 10=?

 
  

Silahkan jika serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh. Syarat komentar : gunakan data valid, terutama email aktif & subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik & prosedur tidak akan direspon. Comment harus sesuai topik materi perihal memperbaiki hard disk bad sector tidak bisa di format.

 
 

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel bab memperbaiki hard disk bad sector tidak bisa di format :

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
   Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
8 & 10=?
 
  
   
 
 

Post Visitor

  
Nama
E-Mail
  
Isi Pesan
Nama rekan
E-Mail
Hasil perkalian
8 & 10=?
 

Jika memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat juga membutuhkan informasi artikel khusus ttg Komputer ini maka boleh mengirimkan info ini menggunakan email valid. Gunakan post visitor sebaik mungkin, silahkan isi form post visitor diatas secara baik & benar serta materi topik berhubungan tentang memperbaiki hard disk bad sector tidak bisa di format.

 
 

Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access