Pengertian Konsep Dasar Datasheet danMikrokontroler (Microcontroller) Dalam Dunia Teknik Elektronika Analog dan Digital.

Bagi anda yang memiliki basic dalam bidang keilmuan ini pasti sudah tidak asing lagi dengandatasheet dan mikrokontroler, Karena dalamteknik elektro pada kelas / fase tertentu, ini lebih menjadi fokus akan kompetensi. Berikut ini ada beberapa segmen dan pengertian dasardatasheet dan Mikrokontroler yang sudah biasa anda temukan.

Datasheet
Adalah dokumen yang berisi ringkasan kinerja dan karakteristik lain dari komponen (misalnyakomponen elektronik), sub-sistem (misalnya power supply) atau perangkat lunak yang cukup terinci untuk digunakan oleh seorang enginer untuk merancang komponen ke dalam system, Biasanya datasheet diciptakan oleh produsen dimulai dengan halaman pengantar yang menggambarkan keseluruhan dokumen,diikuti dengan daftar komponen tertentu, dengan informasi lebih lanjut tentang konektivitas perangkat. Dalam kasus-kasus dimana terdapat source code yang relevan untuk memasukkan, biasanya disertakan di dekat akhir dokumen atau dipisahkan menjadi file lain.

_________________________________________________________________________________________________________________

Sebuah datasheet khas untuk komponen elektronik sebagian besar mengandung informasi berikut:

  • Nama Produsen

  • Nama dan Nomor Produk

  • Daftar format paket yang tersedia (dengan gambar) dan kode pemesanan

  • Properti perangkat

  • Deskripsi Singkat fungsional

  • Pin dan koneksi diagram

  • Supply tegangan, konsumsi daya, arus masukan, temperatur untuk penyimpanan, operasi, dll)

  • Tabel spesifikasi DC (berbagai suhu, tegangan suplai, arus masukan dll)

  • Tabel spesifikasi AC (berbagai suhu, tegangan suplai, frekuensi dll

  • Masukan / keluaran gelombang bentuk diagram

  • Diagram perangkat fisik yang menunjukkan minimum / khas / dimensi fisik maksimum, termasuk lokasi kontak dan ukuran

  • QC Uji sirkuit

  • Kode untuk pemesanan paket berbeda dan kriteria kinerja

  • Warranty dan disclaimer mengenai penggunaan perangkat

  • Aplikasi yang direkomendasi, seperti kapasitor filter diperlukan, sirkuit tata letak papan, dll

  • Tanggal dan Kode Revisi pada akhir halaman

  • Errata Datasheet (Daftar revisi sebelum masuk proses manufaktur)

_________________________________________________________________________________________________________________

Mikrokontroler (Microcontroller)

  • Sebuah mikrokontroler (MCU) adalah sebuah komputer kecil di satu sirkuit terpadu yang terdiri dari CPU yang relatif sederhana yang dikombinasikan dengan fungsi pendukung seperti osilator kristal, timer, sensor, serial dan analog I/O dll

  • Program memori dalam bentuk flash NOR atau ROM OTP juga sering disertakan pada chip, serta, biasanya kecil, R/W memori.

  • Mikrokontroler dirancang untuk aplikasi kecil. Dengan demikian, berbeda dengan mikroprosesor yang digunakan dalam komputer pribadi dan aplikasi kinerja tinggi, kesederhanaan sangat ditekankan.

  • Beberapa mikrokontroler dapat beroperasi pada frekuensi clock serendah 32KHz, karena ini cukup untuk beberapa aplikasi, dan memungkinkan konsumsi daya rendah (miliwatt atau microwatts).

  • Mikrokontroler memiliki kemampuan untuk mempertahankan fungsi sambil menunggu interupsi; konsumsi daya ketika sedang idle (CPU clock dan peripheral paling off) mungkin hanya nanowatts, sehingga banyak dari mikrokontroler cocok untuk aplikasi tertentu dengan baterai/suplay daya yang lebih tahan lama.

  • Mikrokontroler digunakan untuk produksi perangkat dengan kinerja otomatis dan terkontrol menurut fungsi dan logika, seperti sistem kontrol mesin mobil, remote kontrol, mesin kantor, peralatan, peralatan listrik, dan mainan. Dengan mengurangi dimensi dan ukuran perangkat maka biaya bisa ditekan dibandingkan dengan desain yang menggunakan mikroprosesor terpisah, memori, dan input/output perangkat, Microcontroller menjadikan proses pembuatan sebuah perangkat digital menjadi lebih ekonomis.

_________________________________________________________________________________________________________________

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Kepercayaan Anda.
Selamat Bekerja dan Beraktifitas.



Materi yang sedang anda lihat sekarang mengenai perbedaan mikrokontroller dengan microprocessor. Saat ini ada 9 artikel yang masuk dalam kategori datasheet. Termasuk dalam halaman ini penjelasan terkait mikrokontroler dirancang untuk aplikasi kecil. dengan demikian, berbeda dengan mikroprosesor yang digunakan dalam komputer pribadi dan aplikasi kinerja tinggi, kesederhanaan sangat ditekankan. . Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif.




Comment

Post Visitor

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel mengenai perbedaan mikrokontroller dengan microprocessor :

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
1 dan 10=?

 
  

Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh, dengan syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa di subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik dan prosedur tidak akan direspon dan comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik materi mengenai perbedaan mikrokontroller dengan microprocessor.

  
Nama
E-Mail
  
Pesan / Konsul / Pertanyaan
Nama rekan anda
E-Mail rekan anda
Hasil perkalian
1 dan 10=?
 

Jika anda memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat yang anda percaya dan juga membutuhkan informasi ini maka anda boleh mengirimkan info ini menggunakan email yang valid, Silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar serta berhubungan dengan materi topik mengenai : perbedaan mikrokontroller dengan microprocessor, Gunakan post visitor ini sebaik mungkin.

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
  

Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
1 dan 10=?
 
  
   
   
   


Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access

-