Dasar dasar Reparasi dan Servis Handphone

Repair, reparasi, perbaikan, servis pada handphone/ponsel/hp/PDA/perangkat mobile atau perangkat bergerak lainnya adalah aktifitas teknis untuk mengatasi kerusakan agar bisa digunakan kembali sesuai dengan permintaan penggunanya. Baik trouble dari sisi firmware maupun hardware / sparepartnya.

______________________________________________________________________________________________________________

Aktifitas perbaikan secara teknis ini bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk anda sendiri, teknisi, maupun CC (Customer Care). Adapaun tingkat kualitas dari hasil maintenance atau repair, ditentukan oleh kualitas perangkat yang digunakan dan kualitas pengalaman dan jam terbang, maupun kekuatan ilmu pengetahuan yang dimilikinya mulai dari elektronika analog, digital sampai dengan komputer atau perangkat hard dan soft yang berhubungan dengan komputer, Semakin kuat pengetahuan disisi ini, maka siapapun anda akan bisa melakukan aktifitas teknis servis/perbaikan/maintenance dengan rapi dan tepat guna, dan dengan cost yang terjangkau.

Apakah untuk bisa melakukan aktifitas teknis ini harus melalui kursus dalam tempo tertentu? Sebenarnya tidak demikian asalakan anda memiliki ilmu pengetahuan yang memadai dari yang sudah disebutkan diatas tersebut, Tapi jika anda lebih confident untuk mengikuti pelatihan maupun kursus dan anda memiliki dana lebih, maka silahkan terserah anda saja, itu hak anda. Karena mengikuti pelatihan ponsel tidak membutuhkan biaya sedikit untuk investasi awal, karena saat ini perangkat untuk repairnyapun sangat beragam dengan aktivasi ke vendor yang semakin ketat.

______________________________________________________________________________________________________________

FAKTA dan REALITA :

Mental yang harus disiapkan sebelum repair. Apakah repair ponsel bisa menjadi peluang usaha? jawabannya sudah pasti bisa, meskipun ini bukan hal baru, dengan syarat dan catatan :

  • Anda memiliki lingkungan yang strategis. Lingkungan yang nyaman dan mendukung bakat dan keahlian anda. Karena untuk benar-benar advance melakukan ini dibutuhkan waktu untuk fokus dan konsentrasi melebihi anda dari sekedar mengerjakan PR atau soal-soal pelajaran anda di sekolah/kuliah. Karena pada realitanya aktivitas ini langsung berhubungan dengan praktisi, langsung praktek dan menangani masalah dan troubleshooting, Tanpa waktu yang anda luangkan dan (Fokus konsentrasi) yang cukup, anda akan sulit belajar dan butuh waktu lama.

  • Anda mau fokus dan benar-benar belajar dari dasar, rokie, midle sampai dengan advance. Untuk bisa melakukan aktifitas troubleshooting ini, membutuhkan totalitas apalagi jika anda sangat ingin sampai advance dan expert. Karena realitanya dilapangan banyak yang berhenti ditengah jalan, karena belajarnya yang setengah-setengah, istilahnya dalam dunia repair ponsel Semi Flashing bukan Full Flashing.

  • Anda memiliki jaringan market - maksudnya adalah rekan/teman yang sepemikiran dengan anda. Dimanapun anda berada dan apapun yang anda lakukan, jika sudah memasuki dunia usaha, dunia bisnis, dunia kerja, Anda akan membutuhkan ini.

  • Bisa dan mampu memabagi waktu dengan baik, Karena membagi waktu bisa menjadi hal yang sulit, Sederhana tapi jangan anda remehkan ini. Baik waktu istirahat, waktu belajar, waktu praktek, dan lainnya anda yang lebih tahu waktu anda gunakan. Lakukan fokus untuk satu hal tanpa mengesampingkan hal lainnya, baik anda masih sekolah/kuliah maupun yang telah memiliki rutinitas sebelumnya. Lakukan jika anda benar-benar mau mengusahakannya.

  • Ingat dengan baik : Mempelajari elektronika digital, atau perangkat mobile programmable apalagi sampai teknis maintenance/repair tidak hanya membutuhkan IQ, Intelegensi dan kekuatan pengetahuan terkait didalamnya. TETAPI membutuhkan kepekaan Hati/Perasaan dan Feeling naluri anda (Intuisi). Kenyataannya begini mempelajari hal yang rumit tidak hanya membutuhkan IQ dan intelegensi, tapi lebih membutuhkan ketekunan, kesabaran, daya juang!. Untuk realita teknisnya : Perhatikan suatu saat anda memasang dan mencoplok/mencopot IC (Integrated Circuit) baik IC kaki seribu / kaki laba-laba atau bahkan IC-BGA Ball yang ukurannya teramat kecil dalam ukuran Milimeter saja menggunakan hot blower. Contoh ada IC-BGA berukuran 5X5Milimeter, dengan Ball/Kaki IC dibawahnya berjumlah 25Pin (5x5Matric), saat anda melakukan reballing dan memasang ke PCB dengan jarak perpin adalah dalam gugus milimeter dan memanaskan IC / Tinols (Timah)..

  • Maka pertanyaan untuk anda? Apakah benar, jika anda berhasil memasang IC BGA tersebut hingga LCD mengeluarkan cahaya (Lighting) Booting/ada tanda-tanda self post (ON), Hanya membutuhkan IQ dan Intelegensi? Jawabannya tidak saudara.., anda membutuhkan feeling, naluri, kepekaan, ketekunan, kesabaran dan menjiwai apa yang anda lakukan selain faktor intelektual (Seperti batas Nat IC dan dsb,etc anda lebih tahu). Tak tahu lagi bagaimana menjelaskan pada anda seni dan estetika didalamnya, karena ini bukan ranahnya. Mohon maaf jika ada kekurangannya, Jika masih anda kurang yakin maka anda boleh tanyakan pada rekan/teman/saudara/relasi yang anda anggap lebih atau anda percayai memiliki pengalaman pada hal ini, silahkan tanyakan saja biar lebih yakin dan mantap, OK.

  • Dan terakhir tergantung dari motivasi anda, apakah benar-benar untuk usaha dan konsekuen sampai advance? atau sekedar menambah pengetahuan? itu terserah anda...

Yang jelas, silahkan penuhi syarat tersebut jika anda bisa melihat dan mengembangkan peluang usaha ini, dan silahkan tidak perlu memenuhi syarat diatas jika anda hanya ingin belajar menambah pengetahuan saja.

Kok kelihatannya rumit? trus apa benar-benar bermanfaat mempelajari itu? seberapa jauh manfaatnya?, Saudara yang baik : lebih baik mengutarakan yang sebenarnya rumit tapi jika anda tekun anda akan mendapatkan kemudahan, Daripada menjelaskan terlalu mudah tapi pada kenyataanya nantinya malah mempersulit, betul bukan.. (Ini realistis).

Rumit tidaknya itu tergantung kapasitas dan pemahaman anda, dan sejauh mana anda menempatkan niat dan mengusahakannya.

  • Suatu saat anda belum mendapatkan manfaat maksimal, setelah anda full versi mempelajari ini baik dari versi rookie, midle tire, sampai advance, Tapi belum mendapat manfaat maksimal ketika diaplikasikan pada dunia usaha, dunia kerja, dunia bisnis, jangan menyerah begitu saja! Meskipun anda membutuhkan benefit dari 3 dunia itu, Yakin dan percayalah ada yang benar-benar memahami seberapa dominan anda menggunakan otak, naluri, hati dan seberapa dalam isi jiwa anda. Komponen itu adalah komponen inti aset berharga anda dari pemberian-Nya, Maka dari itu maksimalkan potensi yang anda punya, anda tinggal mengusahaknnya dan tergantung niat maupun motivasi anda. Hal yang mungkin rumit dan complicated jika anda lewati dengan ketekunan dan kesabaran, akan membuat anda lebih mudah mendalami bidang lain dan lebih mudah anda menemukan peta jalan invisible.

______________________________________________________________________________________________________________

WARNING! : Sebelum menyimak dan mempraktekan lebih jauh, Silahkan pahami apa yang ada dalam pikiran dan benak anda, Tanamkan dan temukan motivasi anda seperti yang sudah disebutkan diatas. Jika anda belum memliki pondasi atas apa yang benar-benar menjadi pikiran dan benak anda, disrankan lebih baik close site ini sekarang! karena anda nanti tidak mendapatkan manfaat yang signifikan, dan supaya waktu anda tidak terbuang sia-sia. Silahkan fleksible terserah dengan anda saja. OK! Literatur yang akan disampaikan dan direlease disini bukan untuk coba-coba.

______________________________________________________________________________________________________________

Dasar-dasar repair ponsel, sebelum memasuki inti repair ponsel :
Pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi teknisi HP secara keseluruhan jika diringkas, paling tidak sebagai berikut : Memiliki pengetahuan mengenai elektronika analog. Pelajari dasar-dasar komponen dan teknik pengukurannya, baik menggunakan AVO Analog maupun menggunakan AVO Digital. Pengetahuan ini akan membantu anda memahami komponen dan pengukuran untuk menemukan solusi pada sparepart yang rusak dan membutuhkan replace. Dengan elektronika analog, diharapkan anda juga bisa membaca jalur PCB maupun menerjemahkan jalur yang tergambar dalam Maintenance User Guide / skema jalur kedalam perangkat yang anda hadapi. Elektronika analog sangat membantu anda dalam menjembatani anda memahami elektronika digital nantinya.
Memiliki dan menambah pengetahuan mengenai elektronika digital. Pelajari dasar-dasar elektronika digital, terutama untuk dasar intinya pelajari berbagai jenis IC programmable, EPROM, EEPROM, FLASH EPROM, FLASH EROM, Mulai dari kapasitas, karakteristik logic dan catu daya (Dalam hal ini TTL Clock Triger). Pengetahuan ini akan membantu anda nantinya dalam memperbaiki dan menganalisa kerusakan programmable IC atau lazimnya IC-Flash dan mulai dari, memasukan (flash), menghapus (erase), mengganti/mereplace/mengupdate (update), menutup (locking), membuka (unlocking), membuka dan menutup (Interlocking). Konsep ini bisa anda terapkan kelak untuk perbaikan EROM, CID, RPL, IMEI, PM, MCU, PPM, Image, Content Area, User Area, Flex Memory Area, GDFS, test point.
Berusaha sebisa anda mampu untuk selalu up to date, mengikuti perkembangan Firmware atau sistem operasi perangkat mobile, FW untuk ponsel atau perangkat mobile saat ini banyak sekali jenisnya, mulai dari firmware static sampai dengan dinamic OS seperti android, Symbian OS, MS Pocket mobile dsb. Anda bisa mengikuti perkembangannya, melalui vendor-vendor resmi sarasoft, mxkey, mxbox box hti, spiderman, v-king, infinity, Tentunya jika anda memiliki hak resmi atau account yang resmi (OEM) dari setiap box flasher yang anda punya, tipe apa saja boleh asal anda memiliki CHIP-ID / HWK-ID + Account Khusus, untuk bisa mendapatkan akses resmi. Karena saat ini hampir seluruh flash box memiliki Autentifikasi Khusus baik dari sisi account maupun Chip dongle yang anda miliki, Tanpa memiliki ini secara lengkap, akan mempersulit anda terutama dalam analisa hard dan soft troubleshooting, dan mempersulit jika akan melakukan perbaikan yang berhubungan dengan digit firmware, baik blok per blok maupub system per subsystemnya.
HWK-ID / CHIP-ID (Chipset ID) adalah Hardware Key Identifier, semacam key security / password yang dipatenkan dalam bentuk hardware, hardware key ini berisi algoritma khusus yang mampu menggeneralisasikan SN, Seri Chipset, Validitas dan identitas produksi, kedalam bentuk serial khusus unik yang bersemayam pada eprom. HWK-ID ini mampu mendeteksi tools hard dan soft dongle atau flasher yang OEM (Original), jadi jika anda memiliki flasher bukan OEM atau 3rd party, Maka tidak bisa mendapatkan fasilitas unlimitted repairing tools. Dari flasher + firmwarenya. Yang paling familiar saat ini adalah UFS untuk interface, dan untuk CHIP-ID bisa menggunakan HWK maupun MX-Key, Mx-Box, Se-Tools, dan lainnya sesuai kebutuhan dan budget anda. Selalu update Chip-ID/HWK-ID menggunakan tools terbaru agar tidak tertinggal seri-seri baru semua type ponsel, ini khusus untuk yang OEM.

______________________________________________________________________________________________________________

Jenis-jenis box flasher yang paling familiar digunakan :
  • UFS (Universal Flasher Software) - Ufs ini memiliki konsep all in one flash, interface flasher ini bisa di gunakan hampir seluruh type ponsel, variannya antara lain : Tornado, Phoenix, Twister, dari SaraSoft. UFS ini bisa dikombinasikan menggunakan UFC untuk Mx-Key, Mx-Box, Chip-HWK, JAF, SE-Tools, dan lainnya tergantung SIM donglenya pas atau tidak dan terutama sekali OEM (Original). Syarat untuk menggunakan perangkat ini silahkan lihat disini. atau struktur hp bb5 disini.
  • SPIDERMAN + USB Pin Finder. Box ini digunakan khusus repair ponsel china semua merk all type, dan bisa juga untuk repair beberapa jenis BB, Spiderman identik dengan V-King, Infinity, dll yang serumpun, namun yang menjadi kelebihan adalah adanya PIN Finder USB yang bisa mendeteksi jenis IC flash apapun yang tertanam pada perangkat mobile ini, mulai dari jenisnya, tipe, sampai dengan kapasitas dan Pin yang akan dilewati untuk falshing dan lainnya.

Download video tutorial repair ponsel menggunakan beberapa tools, untuk dasar-dasar operasional tools, activasi, dan untuk troubleshooting dasar. Berbagai box dan UFX UFC Etc.(Download!)

Untuk yang lainnya hanya hardware tambahan saja seperti blower, pinset, penggong (papan penjepit), siongka, tinol, AVO (Digit/Analog), obeng (Screw Tools) semua tipe dan kutub. Sementara itu yang bisa disampaikan, semoga bisa bermanfaat positif dan aplikatif. Terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan anda, Semoga selalu dalam kemudahan-kemudahan, Selamat belajar, bekerja dan beraktifitas. Semoga referensi singkat ini bisa menambah semangat sebelum mempelajari lebih banyak lagi latihan mengenai basic tutorial service hp, yang bisa didownload. Terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan anda.


Materi yang sedang anda lihat sekarang mengenai memperbaiki dan menambah ilmu tentang perbaikan kerusakan hp. Saat ini ada 36 artikel yang masuk dalam kategori handphone. Termasuk dalam halaman ini penjelasan terkait cara awal dan dasar-dasar agar bisa baik hardware dan software agar bisa bermakna aplikatif dan fleksible dalam jangka pendek dan bahkan panjang. simak dengan teliti dan cermat semoga bermanfaat positif dan lebih berkembang.. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif.

download-packageJika anda membutuhkan, disediakan juga : Fasilitas Download Instant tambahan untuk materi Handphone, Terutama yang sesuai dengan list diatas.



Comment

Post Visitor

Tanya Jawab

  • Comment from anshori (anshorimex.wordpress.com) - ******in.anshori@gmail.com at 30/01/2012 - 16.14.15.PM : "ini benar2 bagus"

    _________________________________________

    Link Exchange : Bagi yg menginginkan tukar link, silahkan masuk ke bagian L-Exchanges khusus Handphone (Jika masih tersedia).



  • Note : Untuk tanya jawab umum yg berhubungan dengan Handphone, jawaban dikirimkan melalui email anda yang telah subscribe.


    Comment

    Post Visitor

    Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel mengenai memperbaiki dan menambah ilmu tentang perbaikan kerusakan hp :

       
    Nama
     

    E-Mail

     

     

     

    Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

    Comment

     

    Hasil perkalian
    5 dan 7=?

     
      

    Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh, dengan syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa di subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik dan prosedur tidak akan direspon dan comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik materi mengenai memperbaiki dan menambah ilmu tentang perbaikan kerusakan hp.

      
    Nama
    E-Mail
      
    Pesan / Konsul / Pertanyaan
    Nama rekan anda
    E-Mail rekan anda
    Hasil perkalian
    5 dan 7=?
     

    Jika anda memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat yang anda percaya dan juga membutuhkan informasi ini maka anda boleh mengirimkan info ini menggunakan email yang valid, Silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar serta berhubungan dengan materi topik mengenai : memperbaiki dan menambah ilmu tentang perbaikan kerusakan hp, Gunakan post visitor ini sebaik mungkin.

      

    Nama
     
    Alamat
     
    Kota
     
    E-Mail
     
    Telepon
     
      
      

    Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

    Hasil perkalian
    5 dan 7=?
     
      
       
       
       


    Statistic And Geographics


    Simple Content For Fast Access

    -