Meningkatkan kinerja PC OS dengan tuneupCara menggunakan tuneup utilities untuk mempercepat fungsi dan kinerja komputer dengan berbagai konstruksi peripheral tanpa harus overclock maupun mengganti hardware.

kinerja komputer . TuneUp . konstruksi . Fungsi . Overclock . hardware

Sebenarnya banyak sekali cara mempercepat kinerja komputer selain menggunakan tuneup utilities, Tetapi karena tuneup utilities merupakan salah satu dari sekian banyak Tweaking tools untuk mempercepat kinerja OS khususnya berbasis windows, berikut ini uraian mengenai tata cara dan konsep dasar dalam menggunakan tuneup utilities untuk mempercepat proses-proses maupun kinerja komputer.

Mengapa banyak yang menggunakan TuneUp Utilities Karena tools ini sangat mudah digunakan dengan fungsi menu yang mudah dimengerti dan familiar, serta memiliki fasilitas yang benar-benar mampu mendongkrak kinerja komputer dalam penggunaannya secara signifikan diluar installasi OS secara standard tanpa setting dan setup tertentu, TuneUp Utilities ini bisa digunakan pada berbagai platform OS berbasis windows dan sangat familiar penggunaanya, karena full berbasis GUI tidak seperti disktool / pc-tools jaman dahulu. Dan juga tools yang satu ini juga berhati-hati dalam membersihkan cache maupun temporary files, semua bisa dikonfigurasi penggunanya sehingga nyaman digunakan, dan tidak langsung membersihkan files yang dianggap temporer.

Tune Up Utilities memiliki beberapa konstruksi dan konsep dasar penting dalam operasional dan menggunakannya dalam mempercepat kinerja PC / komputer, berikut ini adalah menu-menu penting dalam Tune Up Utilities :

  • One Click Maintenance : Fungsi utamanya adalah melakukan tweaking dan cek register program serta temporary file yang tidak sesuai dengan source file yang tidak lagi digunakan di windows secara simultans, dengan cara ini register-register dan temporer file yang berada dalam cache dan temp file akan dihilangkan semua secara simultan hanya dengan satu kali klik, maka register dan temporer file yang tidak digunakan windows akan dihilangkan dari daftar register, cara ini efektif dan sangat efisien, karena menggunakan cara ini dalam tuneup utilities sangat mudah dalam mempercepat kinerjanya langsung dan signifikan.

  • Start Up Management : Fungsi utamanya adalah melakukan setting secara manual aplikasi-aplikasi yang akan di load pada saat komputer/OS start up masuk desktop pertama kali, dengan option ini anda bisa mengatur sendiri, aplikasi-aplikasi yang sekiranya memberatkan kinerja komputer dan menghilangkan/men-disable aplikasi tersebut agar dalam menggunakan komputer pada saat startup dan booti bisa lebih dipercepat.

  • Process Management : Fungsi utamanya untuk mengaktifkan dan menon aktifkan proses-proses dibalik layar / dalam task manager, agar tidak membebani cache / RAM, pada saat OS windows digunakan atau dioperasionalkan, dengan option ini spyware, tread, aplikasi-aplikasi yang bersifat resident bisa terlihat dan bisa didisaktif maupun diaktifkan secara manual, cara inipun sangat bisa diandalkan dalam mengurangi beban cache dan mempercepat kinerja komputer anda.

  • Disk Tools / Disk Management : Fungsi utamanya adalah melakukan proses scandisk, defrag, unerase file, dari file file temporer yang sudah tidak digunakan atau file yang rusak karena teralokasi pada track dan cluster yang rusak pada harddisk, dengan options ini, file akan lebih rapi tertata secara alfabet dan mudah diakses pada saat operasionalnya, cara inipun sangat pas untuk anda yang memiliki banyak data / aplikasi yang memiliki identitas-identitas tertentu.

Untuk menggunakan dan mengaplikasikan cara-cara tersebut diatas, jika anda sudah memiliki tuneup utilities, tinggal anda sesuaikan menu-menu diatas sesuai dengan tuneup utilities yang anda miliki, karena Tune Up Utilities memiliki tampat dan struktur menu yang agak berbeda pada setiap versinya, Tetapi Fungsi utamanya tetap sama dari versi satu ke versi berikutnya maupun dengan sebelumnya, dan intinya tuneup utilities merupakan salah satu dari sekian banyak tools untuk tweaking dalam mempercepat kinerja OS berbasis windows. jika menggunakannya betul-betul tepat sesuai dengan konstruksi hardware PC anda dan sesuai dengan konfigurasi standard windwos anda. Dan dengan tune-up ini tidak akan me-reset account windows anda, jadi penggunaannya sangat safe untuk semua kalangan karena memang operasionalnya mudah dan familiar. Tune up ini merupakan alternatif tweaking yang bisa meminimalisir faktor yang menyebabkan komputer lambat dan sekaligus meningktkan performanya dengan membersihkan file temporer.

Pengertian Tweaking Overclock dan Perbedaan Keduanya Meskipun Identik.
  • Tweaking bisa diartikan sebuah cara untuk memaksimalkan kinerja sebuah perangkat/tool diatas fungsi normal/standarnya. Sehingga dengan nge-tweak diharapkan perangkat maupun tools bisa lebih memiliki kecepatan dalam ber-akselerasi (Performance), Tanpa mengganti perbagian komponen atau keseluruhan komponen dalam satu struktur baku. Perbedaan dengan Overclock terletak pada orientasinya yang cenderung pada hardware dan lebih high risk. Yang umum dibahas disini tentunya PC meskipun bisa diterapkan pada hal lain dengan konsep yang sama namun dengan metode dan mekanisme yang berbeda.
  • OverClocking memiliki pengertian sebagai cara untuk memicu beberapa fungsi standar yang sudah baku pada sebuah perangkat dengan tujuan utama untuk memacu kecepatan akselerasi dalam mendapatkan performa maksimal tanpa merubah hardware keseluruhan. Dengan cara ini sebuah perangkat bisa berjalan dengan kecepatan lebih tinggi dengan suhu yang stabil tanpa mempengaruhi perubahan fisik akibat konsumsi panas berlebih apalagi sampai membuat trouble hingga PC menjadi blue maupun black screen total.
WARNING! : Untuk cara ini tidak dianjurkan untuk coba-coba karena High Risk!. Anda bisa mencobanya dengan catatan anda didampingi rekan atau teman maupun siapa saja yang anda anggap memahami seluk-beluk teknik overclocking, sehingga anda lebih safe karena memiliki acuan yang jelas. Kecuali jika anda sudah memahami resiko dan fungsi utama secara keseluruhan. Karena overclock maupun tweaking bisa benar-benar meningkatkan performance tapi bisa juga fatal jika tidak cermat melakukannya.
Terima Kasih atas Kunjungan dan Kepercayaan Anda. Semoga bermanfaat aplikatif tips yang ringan dan sederhana ini dalam meningkatkan kinerja komputer sebagian maupun keseluruhan tanpa harus mengganti hardware maupun peripheral bahkan sampai melakukan tweaking hardware. Meskipun suatau saat anda akan upgrade maupun nge-tune hardware pc anda, jika anda ragu, silahkan minta didampingi rekan, saudara, teman atau sahabat anda yang paling anda percaya memahami seluk beluk hardware sehingga bisa memberikan input yang tepat dengan apa yang anda butuhkan.


Materi yang sedang anda lihat sekarang mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan tune up. Saat ini ada 6 artikel yang masuk dalam kategori os windows. Termasuk dalam halaman ini penjelasan terkait kelebihan menggunakan tune up yaitu bisa mengurangi beban registry os (resource cpu), kekurangannya adalah data registry bisa crach jika dilakukan berulang-ulang. karena fungsi utama tune up adalah meng-crosscheck data registry dengan existensi file yang berada dalam folder file dan subnya.. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif.



Comment

Post Visitor

Tanya Jawab

  • Comment from ardan syahputra (N/A) - ******.link21@gmail.com at 16/02/2013 - 07.41.30.AM : "mas saya pake os w7. Baru2 ini saya pake tune up utility tp knp d saat sesi defrag registry tiba2 laptop sya blue screen, sya pke paket instalan ghost dr service center.mohon solusinya"
    Replay Adm :

    Paket Ghost / Recovery Console dari service center maupun bundling bawaan laptopnya, itu sudah berisi bundle brand laptop anda, Saat registry di defrag, Tune Up Utilities akan mempertahankan apa yang dianggap perlu dan menghilangkan apa yg dianggap tidak sesuai menurut tuneup, Nah kadang-kadang ada REGISTER Proses dan penjadwalan memory yang ada di registry win itu terhapus oleh tuneup, sehingga proses deadlock dan menyebabkan blue screen. Solusinya silahkan di coba :

    • Jika akan menjalankan tuneup di recovery console mode, Pastikan semua Firewall Windows di aktifkan. Supaya registry yang penting-penting untuk win anda terlindungi firewall dan tidak di otak-atik tuneup saat defrag registry.
    • Jika sudah blue screen, tentunya untuk mengembalikan bisa coba system restore, Jika tidak bisa di normal mode, jalankan dulu di safe mode, biarkan beberapa menit jangan langsung restore, dan tunggu apa ada notifikasi dari win memory, kalau kosong dan tidak ada, bisa langsung restore.
    • Jangan lupa untuk menggunakan TuneUp Utilities dengan VERSI yang tepat, Karena setiap platform windows memiliki struktur registry yang berbeda satu sama lain, karena pemakaian tuneup dengan versi yang tidak tepat/timpang bisa juga memicu blue screen dan akan kompleks jika menganalisa kinerja tool yang bersebrangan namun berefek blue screen. Carefully to tuni your pc.. Thanks for visits..

    _________________________________________

    Link Exchange : Bagi yg menginginkan tukar link, silahkan masuk ke bagian L-Exchanges khusus OS Windows (Jika masih tersedia).


  • wahyu saputro - ****u_saputro99@yahoo.co.id mengirimkan pesan ke (new pujangga/****pujangga@yahoo.com) at 25/08/2011 - 15:02:34
    "tolong kasih tahu saya cara menggunakan tune up 2011 dengan komplit"
    Replay Adm : Ok, untuk posting content itu memang basic dan konsep dasarnya, coba teliti kembali dan sesuaikan operasionalnya dengan Versi Tune Up yang anda gunakan, atau Anda bisa masuk ke MENU >> Fast Search Online, untuk coba mencari topik dan konten yang mungkin sesuai dengan yang anda butuhkan, Terima kasih atas kunjungan dan kepercayaanya.

    _________________________________________


  • Note : Untuk tanya jawab umum yg berhubungan dengan OS Windows, jawaban dikirimkan melalui email anda yang telah subscribe.


    Comment

    Post Visitor

    Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan tune up :

       
    Nama
     

    E-Mail

     

     

     

    Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

    Comment

     

    Hasil perkalian
    6 dan 10=?

     
      

    Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh, dengan syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa di subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik dan prosedur tidak akan direspon dan comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik materi mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan tune up.

      
    Nama
    E-Mail
      
    Pesan / Konsul / Pertanyaan
    Nama rekan anda
    E-Mail rekan anda
    Hasil perkalian
    6 dan 10=?
     

    Jika anda memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat yang anda percaya dan juga membutuhkan informasi ini maka anda boleh mengirimkan info ini menggunakan email yang valid, Silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar serta berhubungan dengan materi topik mengenai : kelebihan dan kekurangan menggunakan tune up, Gunakan post visitor ini sebaik mungkin.

      

    Nama
     
    Alamat
     
    Kota
     
    E-Mail
     
    Telepon
     
      
      

    Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

    Hasil perkalian
    6 dan 10=?
     
      
       
       
       


    Statistic And Geographics


    Simple Content For Fast Access

    -