cara merawat printer agar awet dan tahan lamaCara Mengatasi Printer Yang Tidak Keluar Tintanya dan Merawat Agar Awet & Tahan Lama.

tinta tidak keluar . solusi tahap ringan . reset . download resetter tools . Merawat Printer . Nozel garis-garis

A. Cara mengatasi maupun memperbaiki cartridge printer tinta yang tidak keluar tintanya dengan melakukan sedikit pembersihan dan pencucian pada permukaan nozle cartridge (Ini Cara sederhana dan simpel):

  • 1. Siapkan air hangat secukupnya dan tuang pada mangkuk, gelas atau apa yang anda punya.

  • 2. Siapkan alcohol dengan kandungan 40 - 70 % (Ini untuk mempercepat cleaning)

  • 3. Siapkan tisu atau soft drill kain yang lembut.

  • 4. Ambil cartridge printer tinta tadi yang tidak keluar tintanya, dari printer anda, Hati-hati saat melepas cartridge tinta ini apalagi dalam kondisi ON.

  • 5. Celupkan sedikit-sedikit Nozle cartridge pada bagian bawah cartridge yang bersentuhan dengan kertas, sambil di goyang sedikit, sampai air hangat berubah warnanya. Jika anda membersihkan Cartridge Hitam (Black) maka air berubah keruh/hitam. Jika cartridge yang anda bersihkan cartridge warna, maka air berubah warna (Merah, Hijau, Biru). Jika berubah warna berarti nozle cartridge telah luntur dan tidak tersumbat.

  • 6. Isi dan Refill tinta secukupnya apabila dirasa tinta sudah berkurang, tapi bisa diabaikan jika anda merasa tinta masih cukup.

  • 7. Setelah selesai, bersihkan dengan tisu, bersihkan pelan-pelan jangan terlalu nekan dan terlalu keras, NB : Jangan dahulu menggunakan alcohol.

  • 8. Setelah kering, bersihkan kembali menggunakan tisu dan alcohol tadi, tujuannya agar Nozle lebih bersih dan kering (Tidak Nleteh saat pasang dan diclean di printer) dan supaya cartridge tetap awet dan tahan lama, meskipun sebenarnya dengan air hangat saja sudah cukup, tetapi air yang tidak kering bisa berpengaruh pada konduktifitas dan menambah resisitansi meskipun sedikit.

TIPS : Cara diatas adalah solusi tahap ringan untuk membersihkan dan mencuci nozle printer inkjet, yang bisa diterapkan pada beberapa merk dan tipe printer inkjet, seperti yang lazim digunakan dan banyak penggunanya : Canon, Epson, HP, dan printer inkjet lainnya.

Perhatian pada saat pengisian refill Baik untuk cartridge murni maupun yang menggunakan tinta infus :

Jika anda mengisi refill tinta cartridge jangan terlalu penuh apalagi sampai nleteh, karena bisa mengakibatkan serat nozle bisa rusak, dan biasanya di tandai dengan adanya Tinta printer yang sudah keluar tapi tidak bisa untuk print dengan maksimal atau cartridge tidak kering tapi tinta tidak keluar maksimal.

Jika anda menggunakan tinta infus, perhatikan pada saat isi tinta pada tank infus anda, perhatikan posisi cartridge dalam kondisi parking / diam di sebelah pojok, jangan menginfus pada saat posisi cartridge sedang bergerak / ditengah, dan usahakan mengisi tank infus pada kondisi printer tidak blinking dan usahakan matikan power agar lebih aman.

B. Anda perlu melakukan reset Jika :setelah selesai proses diatas, printer tetap tidak mengeluarkan tinta mekipun sudah print head cleaning berulang-ulang dan tidak bisa untuk print, tapi led indikator masih Normal (tidak blink) dan menunjukan Low Ink warning (meskipun sudah di refill) Maka :

  • Anda perlu meresetnya menggunakan tools, hati-hati menggunakan cara ini karena berhubungan langsung dengan program di printer

  • Silahkan baca petunjuk reset dan menggunakan tools di : Cara reset-1, maupun pada petunjuk yang ada pada sub :