Cara Reset SmartPhone BlackBerry (BB) Maupun Restart Dengan Hard-Reset Dan Soft-Restart.
Ada 5 JENIS Teknik Untuk Melakukan Ini. Tujuan Utamanya Meningkatkan Performa BB dan Mengatasi Masalah Kinerjanya Yang Menurun Dan Cenderung Lamban, Karena Beban Cache Yang Berlebih Serta Jarang Di Perhatikan.

Full Master Reset . Soft Midle Reset . Hard Reset . Flash BB . Code Master BB . Prosedur dan Cara Reset BB . Perhatikan Sebelum Reset BB

Pernahkah suatu saat ada mendapati hp bb kesayangan anda lamban kinerjanya dan menurun performanya, Padahal anda sudah mengurangi aplikasi, mengurangi inbox maupun outbox BBM, mengurangi conten multimedia seperti image, flash motions, dan aplikasi game. TAPI SmartPhone BlackBerry anda tetap saja lamban, Apa yang menyebabkan kelambanan kinerjanya terjadi cenderung menurun?

  • Pada dasarnya hampir semua smartphone memiliki dua area khusus yaitu User area dan Engine Area (MCU), Saat anda mengurangi berbagai beban diatas, anda hanya baru mengoatk-atik user area saja, padahal user area itu bekerja setelah mendapatkan perintah dan syntax khusus (register) dari MCU (Engine Area). Jika instruksi dan rutin program ini mendapatkan banyak interupsi dari beban cache memory yang berlebihan hasilnya adalah deadlock, dan smartphone dengan berbagai jenis processor akan "Terasa lamban".

  • Jadi sebenarnya Bukan karena BB atau processornya yang lamban, Tapi processor mendapatkan banyak interupsi saat harus menerjemahkan beberapa sub-rutin instruksi secara simultan, Sehingga processor membutuhkan waktu lebih dalam memprioritaskan perintah (Time Slot) Keadaan inilah yang menjadi faktor paling utama BB anda "Terasa Lamban", Loading bisa lama (LoLa) dan setelah reset user area tetap saja lemot lagi.

Untuk mengatasi masalah ini ada beberapa cara dan 5-teknik yang khusus, Silahkan simak dengan cermat dan teliti (Semoga bisa bermanfaat dan menambah sedikit wawasan, karena deskripsi ini masih sangat singkat)

________________________________________________________

Reset pada ponsel smartphone BlackBerry ada 5 JENIS Teknik beberapa diantaranya yaitu :

  • 1. Full Master Reset.
    Yaitu melakukan reset pada konfigurasi BB sekaligus Menghapus cache BB pada flex phone memory. (Data ikut hilang/terhapus saat reset)

  • 2. Soft Midle Reset.
    Yaitu melakukan reset hanya sebatas pada konfigurasi BB anda Tanpa menghapus flex phone data memory. (Data tidak hilang).

  • 3. Hard reset.
    Yaitu melakukan reset dengan memutuskan konektifitas tegangan / Batterai.

  • 4. Flashing BB.
    Yaitu mengganti atau mengupgrade OS Blackberry. (Tidak direkomendasikan untuk pengguna!/User). Langkah ini ditempuh jika BB benar-benar Matot (Mati Total) atau sudah susah booting/start up ke OS BB anda. dan sebaiknya jika anda akan melakukan langkah ini, sebaiknya didampingi oleh rekan/teman terdekat anda yang sudah berpengalaman mengenai repair ponsel, Terutama SmartPhone. Karena cara ini lebih menggunakan metode Full Flash bukan Semi Flash, sehingga salah sedikit saja bisa fatal, terutama versi FW dan penggunaan catu daya.

WARNING! : Cara nomor-4 ini TIDAK Untuk Dicoba-coba, Karena HIGH-RISK! Lakukan cara ini jika sudah paham benar mekanisme flashing, Serta Impactnya.
  • 5. Code Master.
    Yaitu sebuah kata atau simbol digit khusus yang merangkum beberapa parameter fungsi dalam satu blok dan hanya bisa dieksekusi pada kondisi dan keadaan yang memungkinkan, dan bisa menjangkau atau merayap berbagai fungsi yang menyeluruh tanpa melakukannya terprosedur dan manual.

________________________________________________________

Hal yang harus di PERHATIKAN! SEBELUM melakukan reset pada blackberry
Ada yang harus diperhatikan (Warning!) :

  • 1. Ponsel smartphone blackberry anda mengalami trouble aneh terutama software, Misalkan file corrupt, Error Config, Service not found, No network, Ponsel lamban, kinerjanya sudah terasa berat, tidak mendapat sinyal, install applikasi baru, ataupun setelah upgrade sistem operasi BB.

  • 2. Melakukan full master reset akan mengakibatkan Data pada FLEX Memory data akan hilang. Contoh : Data contact, Messanger BBM, SMS, Call history, Content pada Flex memory, dan data flexibel lainnya yang terdapat di flex phone memory.

  • 3. Melakukan midle/soft reset dan hard reset tidak akan menghapus data flex phone memory, Hanya reset OS BlackBerrynya saja.

  • 4. Jangan melakukan soft reset pada handphone Blackberry yang memiliki fitur SureType atau SurePress seperti pada tipe Blackberry Pearl dan Blackberry Storm.

  • 5. Soft reset dapat dilakukan di semua tipe Blackberry dengan keyboard Qwerty (Torch, Onyx, Curve, Javelin, dll)

  • 6. Melakukan restart (hard reset ataupun soft reset) tidak akan menghapus ataupun merubah data-data di Blackberry.

  • 7. Proses reset / restart dapat berlangsung beberapa menit, dan ini kondisi yang normal.

  • 8. Disarankan melakukan soft reset / hard reset 3 hari sekali untuk menjaga Blackberry anda tetap responsif.