Tips khusus cara memperbaiki hp yang rusak terkena air dengan sesegera mungkin melepas baterai untuk menghidari konslet tegangan berlebihan.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 58 artikel masuk dalam Kategori Handphone. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Tips khusus cara memperbaiki hp yang rusak terkena air.

Bila hp anda terkena air maka jangan langsung gegabah menyimpulkan hp yang rusak. Karena masih ada tips khusus untuk memperbaiki hp tersebut. Yang paling utama untuk mencegah agar hp tidak rusak adalah dengan sesegera mungkin mencopot baterai, sebasah apapun hp anda terkena air. Simak saja tips khusus berikut, smoga hp tidak sampai rusak parah alias matot.

Tips khusus cara memperbaiki hp yang rusak terkena air :

  • 1. Tips pertama paling penting : segera lepas & copot baterai, usahakan jangan sampai air masuk ke dalam cashing penutup mesin hp, cara ini bisa menghidarkan hp bisa cepat bikin rusak IC didalamnya.

  • 2. Bersihkan air sambil dikeringkan diatas kipas angin dengan putaran sedang jangan terlalu kencang karena niat memperbaiki malah bisa tambah rusak, karena air tertekan angin masuk kedalam cashing HP.

  • 3. Jika baterai sudah kering, cashing sudah kering, usahakan kalau bisa ukur dengan avometer analog maupun digital diantara kutub tegangan pada PCB hp tersebut, jika menunjukan angka / jarum menunjuk shoot / konslet maka segera bongkar cashing hp, lepaskan PCB hp & LCDnya, kemudian cuci HP menggunakan tinner impala. Setelah itu keringkan seperti biasa, hingga tidak ada air yang menempel. Usahakan mengerinkan menggunakan blower / solder uap, supaya air pasti hilang & kering. Notes : khusus untuk hp smartphone tidak semua pcbnya boleh dicuci dengan tinner impala.

  • 4. Jika setelah pengukuran kutub tegangan pada poin-3 tidak ada masalah konslet, hp boleh coba dinyalakan.

  • 5. Jika setelah dikeringkan sudah tidak ada masalah hardware maupun software, pasti hp yang dianggap rusak terkena air akan nyala normal kembali seperti sedia kala & tidak sampai matot.

Download panduan servis hp full versi disini.

Jika dengan tips khusus diatas mungkin anda sampai berhasil memperbaiki hp yang rusak terkena air, kemungkinan anda akan berpikir bahwa ada peluang buka usaha servis hp. Karena memang kenyataannya pada saat musim hujan yang lembab banyak sekali hp yang rusak, entah itu terkena air hujan maupun yang konslet akibat suhu terlalu dingin & lembab. Pun demikian untuk bisa memperbaiki hp yang rusak tetap membutuhkan dasar pengetahuan tentang perbaikan hp yang lengkap & lebih empiris. Apalagi jika anda punya keinginan serius untuk membuka usaha servis hp. Semoga panduan dasar cara memperbaiki hp tersebut bisa di aplikasikan secara positif & tepat guna.