Hasil tes CPNS lebih akurat maka tes CPNS menggunakan CAT untuk tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar).

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 108 artikel masuk dalam Kategori Psikotes. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Hasil tes CPNS lebih akurat.

MENGAPA TES CPNS MENGGUNAKAN CAT?

Tes CPNS menggunakan CAT karena hasil tes CPNS lebih akurat :

Definisi & pengertian CAT (Computer Assisted Test) adalah sistem pengujian maupun tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) yang dilakukan secara komputerisasi dengan model jaringan workgroup baik itu secara terpusat pada domain maupun hosting tertentu, / bisa juga dengan model localhost pada jaringan konsep LAN. CAT sekarang sudah benyak digunakan oleh berbagai instansi terutama untuk rekruitmen tes CPNS.

Hal yang menyebabkan tes CPNS menggunakan CAT karena :

  • 1. Hasil tes CPNS lebih realtime, tidak perlu di koresi secara manual.

  • 2. Hasil tes CPNS lebih akurat, terutama pada scoring pada soal yang berbau angka aritmatika & exact.

  • 3. Hasil tes lebih realistis, karena setiap peserta tes CPNS bisa langsung tau hasilnya saat itu juga sesuai passing grade yang diberlakukan.

  • 4. Secara realistis tes CPNS lebih murni & tidak bisa dicampuri oleh pihak ke tiga.

  • 5. Database pelamar pada tes CPNS bisa diinformasikan secara realistis ke publik terutama bagi mereka yang benar-benar lolos ujian.

  • 6. Hasil tes CPNS lebih faktual & terpercaya, karena statistik bisa langsung dilihat dengan jelas & termonitor secara lengkap.

Disamping 6 kelebihan inti mengapa menggunakan CAT pada tes CPNS juga ada beberapa kendala dalam menerapkan sistem CAT untuk ujian yaitu :

  • 1. Stabilitas & kekuatan komputer server dalam melayani trafik peserta tes CPNS yang begitu banyak secara simultan, kadang server bisa down & bisa mempengaruhi hasil ujian.

  • 2. Jaringan lokal maupun ISP yang kurang stabil bisa menyebabkan tes CPNS menggunakan CAT ini bisa pending sampai jaringan normal kembali, terutama jika CAT dengan sistem terpusat pada hosting / domain tertentu.

  • 3. Resource CPU server yang bisa membengkak sehingga sistem CAT menjadi kurang responsif dalam menampilkan soal, mengoreksi jawaban, hingga mencocokan kesesuaian passing grade.

  • 4. Membutuhkan planing & persiapan yang sangat matang untuk bisa mengimplementasikan tes CPNS model CAT tersebut, terutama pada perangkat keras server, infrastruktur jaringan, tim IT support yang handal, jika diperlukan harus menggunakan backbound untuk backup server, supaya kinerja server utama tidak terlalu berat.

Bagaimana cara supaya tes CPNS menggunakan CAT itu bisa lancar & stabil?

  • 1. Memastikan server menggunakan perangkat keras yang handal, terutama pada CPU, RAM, Network Interface & motherboard yang tahan panas.

  • 2. Memastikan jaringan yang akan digunakan koneksinya lancar, bandwidth stabil, baik dalam jaringan locolhot maupun hosting domain terpusat.

  • 3. Menggunakan CPU server yang full coller supaya tidak cepat panas saat menangani resource maupun request dari client yang sangat banyak & berjalan simultan.

  • 4. Planning & perencanaan yang matang, mulai dari manajemen tim, infrastruktur perangkat keras jaringan, sampai dengan implementasi yang realtime.

Download software CAT bagi yang membutuhkan untuk latihan intensif juga bisa & ada disini.

Pun demikian memang, menggunakan CAT pada tes CPNS itu pilihan yang terbaik. Karena dengan assesmen model ini hasilnya lebih realtime & kongkrit sesuai 6 alasan diatas yang sudah menjawab mengapa tes CPNS menggunakan CAT karena ditinjau berbagai kelebihannya.