Perbedaan Cara Kerja LCD HP dengan Layar Monitor Komputer serta hubungan antar komponen terintegrasi.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 54 artikel masuk dalam Kategori Handphone. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Perbedaan Cara Kerja LCD HP dengan Layar Monitor.

Perbedaan Cara Kerja LCD HP dg Layar Monitor Komputer serta hubungan antar komponen terintegrasi.

Kapan LCD HP menampilkan gambar? Yah, dahulu saat ponsel masih berlayar monochrome, Handphone belum memiliki komponen sekomplek sekarang ini, dulu saat layar lcd hp masih hitam putih mekanisme kerjanya masih cukup sederhana, yaitu hanya mengandalkan register yg dikeluarkan oleh MCU / CPU, sehingga saat LCD jenis white black (Monochrome) untuk memastikan apakah LCD yg rusak / suplay register CPU maupun IC-Coba, langkah melakukan analisa & pengurutan jalur bisa lebih cepat.

  • Saat ini HP maupun perangkat bergerak sudah menggunakan layar LCD dg resolusi pixel identik dng LCD komputer, bahkan sudah ke Touch screen, LCD dng type semacam ini tak hanya mengandalkan register dari MCUnya saja, tapi sebelum lcd hp mengeluarkan gambar maka akan melalui IC driver display terlebih dahulu, IC ini akan menentukan apa saja yg akan ditampilkan & dgn seberapa dalam pixel yng akan ditampilkan, Sehingga saat terjadi trouble pada bagian screen baik masih manual maupun sudah touch screen, akan membutuhkan waktu lebih dalam menganalisanya, yaitu untuk memastikan dahulu mana yng benar-benar mengalami kerusakan, apakah bagian LCD / suplay dari ic-drivernya. Jadi intinya bila dalam perangkat mobile maupun perangkat digital portable, LCD akan bekerja sesuai dgn program aplikasi OS-C didalamnya setelah mendapatkan kendali akhir dari chip driver display, yng sebelumnya di triger oleh MCU melalui beberapa register.

  • Sekarang dengan layar monitor komputer, LCD / monitor pada komputer menampilkan grafik berdasarkan jenis VGA (Video Graphic Array) & kapasitas bandwith (Bit-nya), juga tergantung pada kedalaman pixel ygn di cache pada V-Ram vga tersebut. Dalam PC, Vga maupun perangkat lain didalamnya sebenarnya identik cara kerjanya dengan perangkat mobile, Hanya saja komponen-komponen dalam komputer lebih bersifat PnP (plug and play), tdk serumit mengganti komponen pada perangkat portable / mobile, ygn harus benar-benar mencopot IC Bga terlebih dahulu, pun butuh ketelitian cukup tinggi. Terutama dalam membaca nat & peletakan komponennya. sebab apabila penempatan komponen tidak tepat sesuai nat setelah replace, bisa menyebabkan lcd cepat rusak sebab disuplay oleh noise ygn berlebihan karena peletakan komponen yang kurang pas.

Berikut beberapa perbedaan mendasar spesifiknya :

No

Segi & Perbedaan Komponen maupun kinerjanya.

HP / Ponsel / IPad / Perangkat Mobile / Digital Portable

PC (Personal Computer)

1

Komponen Display (VGA)

Integrated (On Board)

Fleksibel - Replaceable (PnP)

2

Socket Data Display

Fleksibel tergantung Driver Chip Display & Sistem Pabrikasi.

Standar DB-9 / Menggunakan DFI-Port, & sudah mendukung RCA- Socket.

3

Alokasi Driver Display

Terintegrasi dalam Modul Hardware (BIOS ROM) - Replace & proses penggantian part, hanya terlakukan oleh vendor, / orang-orang professional yang sudah memiliki keahlian khusus dengan Chip BGA baik dari segi pemasangan maupun memahami konstruksi kerja & peletakan nat.

Installable - Bisa di setup setiap penggunanya (End User).

4

Layer PCB

DUAL / Quartet (Semi Paralel)

DUAL / Quartet (Full Paralel)

5

Bentuk Driver

Fisik (Chip)

Virtualize (PnP)

6

TP

Arround BGA.

No TP Needed. (User Friendly)

Sementara itu penyampaiannya, Semoga referensi singkat & sederhana ini, menambah wawasan, Baik yang ingin menekuni elektronika digital, / yang sekarang sudah sering menangani perbaikan/repair modul digital portable.
Terima kasih atas kunjungan & kepercayaannya. Selamat bekerja & beraktifitas.