Sistem informasi SMSC maupun server yang akan digunakan sebagai sms gateway tertentu.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 22 artikel masuk dalam Kategori Jaringan. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Sistem informasi SMSC maupun server sms gateway.

Program . Perangkat . Pengguna . Cara kerja . GateWay . Cara Membuat . Hardware

Program-SMS-Gateway

Program SMS Center (SMSC) / SMS Gateway adalah program yang memiliki cara kerja & fungsi utama utk mengatur distribusi data & informasi dalam format & aturan penulisan tertentu agar bisa memberikan output & keluar informatif yang beragam sesuai dg kategorinya & mempermudah semua pengguna. Program sms server biasanya digunakan & di aplikasikan dalam perangkat Sistem Informasi Berbasis SMS. dg media perantaranya adalaha jaringan public. (Seperti Internet, Jaringan GSM, CDMA, & jaringan lainnya)

  • Perangkat SMSC yang digunakan meliputi SERVER, Gateway, & Jaringan Public itu sendiri. Server berisi database utama yang akan ddinformasikan melalui sistem informasi berbasis SMS melalui jaringan public. Biasanya dalam bentuk PC/CPU dg spesifikasi hardware tergantung pada data-data & kapasitas informasi yang akan ditangani oleh server itu sendiri, & tergantung dari kuantitas trafict maupun kapasitas bandwith yang digunakan. Sedangkan gateway dalam Sistem informasi SMS, biasanya berisi Nomor tertentu (bisa no telepon pasca / prabayar maupun no.premium yang memiliki fungsi & prosedur khusus). & jaringan public sebagai medai perantara lalu lintas informasi yang akan didistribusikan melali sistem informasi sms gateaway.

Pengguna SMSC : Siapa saja yang menggunakan & membutuhkan program maupun perangkat ini?

  • Perangkat & program smsc biasanya digunakan oleh badan usaha baik personal maupun corporate, yang membutuhkan distribusi mengenai sebuah informasi dg cepat & dg kapasitas data yang dinamik, banyak secara simultan & otomatis, karena dg adanya program & perangkat ini, sebuah badan usaha akan hemat biaya operasional karena tidak lagi membutuhkan banyak operator yang menangani, karena semua otomatis ditangani mesin, & biasanya hanya membutuhkan beberapa tenaga teknisi saja yang betul-betul capable utk menangani maintenance pada tempo tertentu jika sedang mengalami trouble baik dari faktor internal maupun faktor external.

  • Aplikasi Penggunaan Program SMSC biasanya : Sistem Informasi Akademik, Sistem Informasi Penjualan, Sistem Informasi Quizioner, Sistem informasi quiz, & sistem informasi lainya yang biasa ditemukan sehari-hari.

Cara-kerja-SMS

Bagaimana cara kerja SMSC? Sebelum membahas mengenai mekanisme kinerjanya, perhatikan dahulu perangkat layer inti yang digunakan, sebagai berikut :

  • SERVER (Sebagai Pusat Data)

  • SMSC GateWay (SMS Center, Phone Originator - Transmiter) - Contoh SMS Center SMSC : Satelindo 62816124, Excelcomindo 62818445009, Telkomsel 6281100000, IM3 62855000000, dll.

  • Client (Sebagai end-user yang membutuhkan informasi tertentu - Receiver)

  • Jaringan Public (Sebagai Mediator)

Flow yang pertama adalah dideskripsikan saat Client mengirimkan SMS dg format tertentu sesuai standard Server yang digunakan, kemudian Client mengirimkan SMS tersebut ke Gateway(SMSC), SMSC akan menerjemahkan fomat tersebut sesuai prosedur format server & PDU (Protocol Description Unit), & menerjemahkan informasi yang diminta client, Kemudian server melakukan search & data query sesuai informasi yang diminta, setelah server menemukan maupun tidak menemukan data yang diminta client, maka server akan otomatis mereplay dgn pesan tertentu sesuai dgn nomor client yang meminta informasi tersebut. Setelah (RX & TX) data selesai maka server & gateway akan melakukan self closing utk IDLE & menunggu perintah maupun informasi yang diminta berikutnya. & begitu seterusnya sampai ada interupsi tertentu utk menghentikan sebuah proses atau alur.

Bagaimana Cara Membuat SMSC & Apa saja syarat yang dibutuhkan utk membuatnya?

  • utk pembuatan programnya, ini juga disesuaikan dgn kapasitas kebutuhan pengguna & penggunaannya, & selera penggunanya, untuk sekarang program SMSC rata-rata sudah berbasis GUI sehingga lebih mudah operasional & implementasinya.

  • Bahasa Pemrograman yang digunakan bisa beragam yang berbasis GUI baik Versi desktop maupun versi portable seperti Java J2EE. yang paling utama untuk membuat program smsc adalah memahami prinsip dasar mengenai pemrograman berbasis socket io (Baik pada pemrograman desktop maupun yang portablenya),

  • Juga memahami mengenai syntax & perintah-perintah dasar AT-Command Modem (Rx Tx).

  • Pengolahan database berbasis SQL maupun jenis lain (sesuai dgn kebutuhan)

Perangkat hardware yang dibutuhkan untuk sms gateway server : PC dgn spesifikasi sesuai dgn kebutuhan sistem informasi yang akan disitribusikan ditambah dgn beberapa perangkat jaringan sesuai kebutuhan, seperti Modem GSM/CDMA, Hub, Rooter, LAN, NIC, Socket RJ-11, Socket RJ-45, Crimp tools, & peripheral PC lainnya. (Tidak disebutkan satu persatu karena flexibilitas perangkat & hardware yang digunakan tergantung kebutuhan & kapasitas server itu sendiri dalam menangani distribusi sistem informasinya maupun jenis databasenya).

Jika membutuhkan informasi lebih spesifik, silahkan masuk pada form tanya jawab/konsultasi umum, & pilih kategori pertanyaan umum dng menyertakan data lengakp & spesifikasi yang dibutuhkan, Pada form pertanyaan Umum, silahkan mengisinya dng format sebagai berikut :

  • Pada Box pertama isikan data dng lengkap

  • Pada Box Kategori, pilih pertanyaan umum

Pada Box pengisian, silahkan isikan & ceritakan apa saja yang sedang dibutuhkan, dng penulisan singkat & jelas, dng format :

  • JUDUL : Program SMSC

  • Visi & Kebutuhan Anda : ...

  • Kapasitas & Konteks Informasi yang Ditangani : ...

  • Jumlah Server yang Dibutuhkan : ...

  • Jumlah Gateway yang Dibutuhkan : ...

  • Jenis Database & Pengelolaannya, Berapa format kata yang akan digunakan & informasi apa saja yang akan di SMSC-kan : ...

Terima Kasih atas Kunjungan anda, Semoga referensi singkat & sangat sederhana ttg : Cara kerja sms gateway SMSC, bisa memberikan wacana, ide, maupun manfaat yang positif utk semua, baik yang sekarang sudah menggunakan, maupun yang sedang mencari informasi karena ingin menggunakan, bagi yang ingin mempelajari mekanismenya, bagi pengembang aplikasinya.