Perbedaan pemeliharaan ikan gurame super dengan yang standar, perbedaan fisik dengan harga jualnya.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 29 artikel masuk dalam Kategori Internet Umum. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Perbedaan ikan gurame super dengan ikan gurame standar.

Perbedaan ikan gurame super dengan yang standar.

Pengertian . Gurame super . Gurame standar . Perbedaan . Daerah . Kebutuhan

Definisi dan pengertian ikan gurame super adalah ikan yang dipelihara dan dibudidayakan untuk memenuhi sebuah kulitas dan kepuasan, baik untuk custumer maupun yang membudidayakan. Sedangkan ikan gurame standar adalah ikan yang dibudidayakan untuk target bisnis dengan masa pemeliharaan secepat mungkin dan dijual semurah mungkin serta mementingkan kuantitas penjualan.

Kebutuhan pasar ikan saat ini memang lebih cenderung membutuhkan ikan gurame standar dibandingkan ikan gurame super, karena harga jual nya lebih murah dibandingkan dengan ikan gurame super. Meskipun kalau ditinjau dari segi kualitasnya memang gurame super lebih memenuhi syarat kualitas dan kepuasan.

Ikan Gurame Super - Mengapa disebut ikan gurame super?

  • Ikan gurame dipelihara dengan ukuran kolam khusus, ukuran minimal 4x5 meter atau 7x6 meter dengan kedalaman minimal 80cm dan maksimal 1,5 meter.

  • Lingkungan kolam ikan gurame didesain alami, dengan pohon : kajar, senthe, pohon singkong, jambu, dll disekitarnya, untuk menghasilkan suhu hangat yang ideal untuk ekosistem ikan gurame seperti habitat aslinya.

  • Porsi pakan ikan gurame diatur sedemikian rupa untuk menghasilkan gizi tinggi protein serta asam amino.

  • Porsi makan ikan gurame saat pagi dan siang hari menggunakan pokpand, sedangkan untuk sore menggunakan daun senthe.

  • Ikan gurame super dipelihara lebih lama dan dengan pengawasan khusus. Untuk pemeliharaan ikan dari benih berukuran 1 kg = 5/10ekor, dipelihara minimal 1,5 tahun sampai menjadi 1 kg = 2 sampai 3 ekor.

  • Ikan gurame ini memiliki kontur daging lebih padat dan lebih kencang.

  • Karena ikan gurame super memiliki harga jual relatif tinggi, maka target penjualannya lebih banyak ke custumer kelas ekonomi menengah keatas. Harga jual ikan gurame bisa berkisar 50 sampai 100rb per kilogramnya. Itu yang langsung dari kolam ikan gurame, bukan penjualan eceran dipasar ikan misalnya.

  • Biaya pemeliharaan ikan gurame super relatif lebih mahal dibandingan dengan ikan gurame standar.

Ikan Gurame Standar - Mengapa ada yang disebut ikan gurame standar?

  • Ikan gurame ini dipelihara pada kolam yang tidak terlalu spesifik, asalkan PH (Derajat Keasaman air) terpenuhi, ikan cocok disana, maka selesai.

  • Lingkungan kolam ikan gurame tidak harus yang alami, bisa buatan, yang penting suhunya tidak terlalu dingin, karena ikan gurame cocok pada suhu air yang hangat.

  • Porsi pakan ikan gurame bebas, yang penting cepat besar.

  • Ikan gurame dipelihara secepat mungkin agar minim biaya operasional, dan diusahakan dijual secepat mungkin dengan harga semurah mungkin, kuantitas penjualan sebesar mungkin.

  • Ikan gurame standar memiliki kontur daging lebih kenyal atau agak embyor.

  • Biaya pemeliharaan ikan gurame standar relatif lebih murah, karena pakannya tidak harus pokpand.

Apa perbedaan fisik ikan gurame super dengan yang standar?
  • Ikan gurame super memiliki warna lebih pekat, coklat kemerah-merahan, sisik luar dilihat lebih kokoh, ikan gurame lebih gesit dan bertenaga. Bentuk dagu ikan gurame super lebih padat dan bundar seperti nawon kemit. Bentuk badan ikan lebih berisi, bundar, dan padat. Saat ditimbang dari sejak pengambilan di kolam penjual, kemudian dibawa sampai ketempat pembeli, ikan tidak mengalami banyak susut kilon.

  • Ikan gurame standar memiliki memiliki warna yang tidak pekat, coklat keputih-putiham, sisik luar ikan dilihat kurang kokoh, ikan gurame cepat lemas terutama ketika mulai ditangkar di brokoh atau drum ikan. Bentuk dagu ukan gurame standar lebih kenyal dan embyor. Bentuk badan ikan lebih datar, panjang, dan tidak sepadat ikan gurame super. Saat ditimbang sejak pengambilan dari kolam penjual kemudian dibawa pakai truk ke kolam pembeli, maka biasanya ikan akan mengalami susut kilon lebih banyak.

Di daerah mana bisa mendapatkan ikan gurame super?
  • Untuk mendapatkan ikan gurame super, anda bisa datang ke pulau jawa, terutama di daerah jawa tengah, di banyumas, beji, atau di purwokerto. Disanalah tempat yang menjual ikan gurame super, ikan yang memang memiliki kualitas tinggi dan tidak dijual sebebas ikan gurame standar. Dijual hanya pada orang-orang tertentu, baik single customer, retail, grosir yang memang membutuhkan kualitas ikan super dan biasanya disuplay ke restoran-restoran besar.

Sementara itu yang bisa disampaikan mengenai ikan gurame super, semoga bermanfaat positif dan inspirati. Mau pilih ikan gurame super atau yang standar, terserah anda dan sesuaikan dengan kebutuhan. Selamat bekerja dan beraktifitas.