Internet lemot bisa dari ISP maupun PC laptop yang digunakan terlalu banyak system tray resident.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 68 artikel masuk dalam Kategori Komputer. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Internet lemot bisa dari ISP maupun PC.

Penyebab . Internal . Eksternal . Solusi

INTERNET LEMOT BISA DISEBABKAN DARI ISP MAUPUN DARI SISI SIM CARD YANG DIPAKAI.

Apa penyebab pc / laptop menjadi lemot? apa sebab perangkat sendiri secara internal? ata bahkan malah sebab faktor luar dari ISP? Yg jelas apapun itu jawabannya, baik secara teknis ataupun non teknis : Tentu semua orang pemilik pc / laptop mwpun perangkat kerasnya tak mau dapat jatah bandwidth internet yg lemot. Terkadang bila internet lemot memang yg langsung salahkan adalah provider penyedia layanan internetnya ISP sebagai faktor luar. Wajar saja, namanya juga pelanggan sudah bayar mahal dapat kecepatan internet lemot pasti uring-uringan trus bawaannya butuh solusi yg jelas & stabil utk jangka panjang. Apalagi bila pakai paket internet akibat termakan promo bombastis dg janji kecepatan & bandwidth selangit, wah pasti tambah gregetan deh bila internet lemot. Tapi tenang saja kali ini (Pengguna Internet) akan mendapatkan jawaban penting, bagaimana menentukan sumber penyebab kecepatan internet lemot & juga solusi mudah penanganannya terutama utk pengguna yg tak ingin rumit-rumit, silahkan simak saja ulasan berikut :

PENYEBAB INTERNET LEMOT BISA JUGA DARI PC LAPTOP YANG DIGUNAKAN TERLALU BANYAK SYSTEM TRAY.

Penyebab utama internet lemot dikarenakan dari 2 faktor yaitu internal dari sisi pengguna & faktor eksternal dari ISP (Internet Service Provider). Itu dahulu yg harus dipegang sehingga nanti referensinya lebih jelas, sebenarnya dari sisi mana sih penyebabnya. Untuk mendapatkan jawaban ini jelas membutuhkan pengukuran & pengujian khusus, hingga didapati kesimpulan tepat utk menentukan langkah berikutnya.

Bila internet lemot berkepanjangan periksa juga anti virus apakah scanning terus ?

Penyebab internet lemot dari faktor internal / dari perangkat pengguna :

  • Cek apakah perangkat terjangkit virus tongji? yg sekarang ini gencar dibicarakan para pengguna internet? ciri khasnya adalah : Akses internet sangat lambat tersendat & berat, Kecepatan internet dimana bandwith terasa seperti berbagi dg pc lain / ip lain, koneksi dialup sering gagal (Putus nyambung) alias sering DC.

  • Virus trojan tongji penyebarannya memang melalui internet, terutama bila sering mengakses situs-situs dalam tanda kutip tak jelas & berorientasi negatif, maka dari itu gunakan internet buat aktifitas yg positif, lebih bagus lagi bila dipakai internet lebih produktif.

  • bila virus tongji ini sudah masuk ke hardisk maka pc/laptop resiko terparah adalah pc/laptop mendadak hang, sebab selain bandwith & kecepatan akses digerogoti virus ini terus-menerus, maka dia juga akan menjejali semua katup resource di OS hingga penuh & tak jelas ujung pangkalnya, ketika browser sedang bekerja & processor akan menerjemahkan apa yg ingin akses maka kinerja processor ini akan di ganggu oleh virus trojan tongji denga memakan semua resource & akhirnya hang! apabila sudah seperti ini hanya melakukan hard reset alias, reset secara paksa itu masih mending, nah apabila laptop tdk ada tombol resetnya? sudah pasti harus mematikan secara paksa, resikonya apabila ini dilakukan berulang-ulang hardisk bisa kena & akhirnya rusak karena bad sector yg rembel.

  • apabila sudah yakin mengalami indikasi virus diatas, segera pasang anti virus yng dipercaya. Kalau diinginkan bisa pakai internet security dari kaspersky / avira mwpun symantec. / pilih yng dipercaya saja menyelesaikan. Anti virus ini akan membantu melakukan verifikasi pada setiap website yng dikunjungi kelak, apabila ternyata website mengandung malware, pissing, spyware, & semacamnya, maka anti virus ini akan memblok & menahannya agar tdk keterusan masuk ke hardisk, & biasanya ada warning / security alert yng akan memberitahukan mau lanjut akses web / tdk apabila terdeteksi malware & semacamnya.

  • kalau sudah pasang anti virus maka langkah berikutnya adalah cek fitur auto update dari OS yng digunakan, aktif / tidak? kalau aktif non aktifkan saja, ini dicontohkan buat win 7 ya, Fitur autoupdate di win7 ini akan selalu melakukan pembaruan otomatis setiap internet terkoneksi tanpa perijinan dari penggunanya, & ini akan memakan bandwith, kadang fitur autoupdatelah yng menjadi penyebabnya. Matikan & non-aktifkan saja, caranya : Klik tombol menu & masuk / pilih control panel, kemudian pilih windows update, pilih Change seting pada menu sebelah kiri, Akan ada empat pilihan pengaturan terhadap windows update, pilih Never check for update (not recommended), Setelah itu klik save setting & selesai.

Penyebab internet lemot dari faktor eksternal / dari ISP providernya :

  • Untuk menentukan penyebab itu benar-benar dari ISP / bukan, maka harus mengadakan pengujian secara khusus & lebih spesifik ke masing-masing ISP. karena memang tdk ada ISP manapun yng mau disalahkan & tidak perlu menyalahkan, biarkan saja. yng diperlukan cukup lakukan pengujian sendiri, & kalau sudah membuktikan sendiri, kalau memang ISP yng menjadi penyebabnya, sudah tinggal ganti saja ISP lama dng ygn lain, toh sekarang pilihan provider akses internet itu banyak pilihan & tawarannya. Lebih adil & fairness, daripada menggerutu & komplain hingga gregetan apalagi saling menyalahkan. Solusi dibawah akan menunjukan (Pengguna Internet), cara memastikan sumber penyebabnya dari ISP / bukan, cukup sederhana mudah & tidak rumit.

Ini ada beberapa cara mengetasi internet lemot akibat berbagai kasus sehari-hari.

Solusi mengatasi internet lemot dari berbagai faktor penyebab :

  • Langkah ygn pertama adalah mendeteksi apa ygn menyebabkan internet lemot, apa dari sisi internal apa eksternal, caranya : coba diinstal OS ygn bersih di hardisk ygn sudah diformat total, kalau OS sudah diinstall maka jangan dilakukan setting apapun biarkan standar saja (Kecuali : Menon-aktifkan system restore & system autoupdate). Setelah itu install & pasang berurutan dari FireFox Terbaru, kemudian IDM (Internet Download Manajer) & terakhir DeepFreeze buat menjaga keutuhan konfigurasi OS. Setelah instalasi selesai baik DeepFreeze & OS, sekarang restart lebih dahulu, sampai kembali masuk ke desktop.

  • Sediakan sim card paling tidak 3, 4, / 5 ISP berbeda. Untuk nanti memilih sebenarnya ISP mana ygn tercepat.

  • Setelah sampai ke desktop OS, sekarang ambil modem usbmu, & isikan sim card dari ISP mana saja sesukamu, ygn penting sudah terisi pulsa & paket internet aktif. Sekarang colok usb modem ke socket usb PC / laptop ygn digunakan. Biarkan sampai modem kedetek, & semua driver modem terinstall sampai dng tools dialupnya, biasanya sudah dibawakan di software modemnya.

  • Sesudah itu biasalah lakukan dial-up, samai konek. kalau sudah konek, buka browser firefox, & sekarang dicari & download apa saja, ygn penting ukurannya jangan terlalu kecil, minimal 50 sampai 75 MB filenya. & ingat pakai IDM ya!, supaya ngerti & keliatan berapa kecepatan download standarnya, kan PC / laptop tadi sudah bersih, sudah tidak ada yang menggerogoti selain download manajer saja. Kalau perlu di capture & catat kecepatan downloadnya.

  • jika selama proses download sudah melihat kecepatannya & berhasil mencatat kecepatan & waktunya, maka cancel saja, kan cuman untuk ngetes kecepatan bandwith saja. Tapi jika mau lebih marem ya download sampai selesai progress barnya.

  • Setelah selesai download / cancel download & sudah catat, sekarang diskonek saja sim card ISP yang pertama. Cabut usb modem & ganti sim card ISP berikutnya, & lakukan langkah ini sejumlah sim card yang sudah disediakan diatas, sampai selesai.

  • Sekarang sudah punya catatan khusus yang sudah dibuktikan sendiri, nah berdasarkan catatan tersebut, tinggal pilih saja mana ISP yang tercepat.

  • Dari pengujian ini pulalah akan menentukan penyebab internet lemot itu dari sisi mana? Kalau memang dari jumlah sim card yang dicoba tersebut menghasilkan kecepatan yang sama semua, maka terpastikan memang dari faktor internal dari PC / Laptop yang digunakan. Tapi ini tipis kemungkinannya, dgn OS masih bersih dari awal & IDM serta firefox default apalagi dipasang deepfreeze, konfigurasi semua standar belum ada aplikasi apapun yang mengganggu. Biasanya tetap ada salah satu ISP yang kecepatan downloadnya paling tinggi, nah tinggal pilih itu saja.

  • jika sudah menguji & mencoba semua ISP dgn cara diatas, sekarang restart perangkat (Laptop/PC), & biarkan DeepFreeze mengembalikan semua setting dari awal, tidak perlu khawatir kena virus, karena DeepFreeze memproteksi kode partisi hardisk, OS belum masuk desktop saja : DeepFreeze sudah bekerja, logika mudahnya begitu saja.

  • Setelah di restart, sekarang komputer/laptop sudah bersih, & sudah memilih salah satu ISP tercepat akses internetnya.

  • Sekarang tinggal pasang aplikasi apa saja kebutuhan terserah sesuai kebutuhannya. & selamat menggunakan akses internet tercepat pilihan sendiri, lebih adil & fairness.

Internet lemot dari sisi internal pengguna itu yang paling banyak terjadi sebenarnya.

dengan memahami 2 faktor penyebab internet lemot diatas sekarang menentukan langkah pilihan cara mengatasi internet lemot apa penyebabnya dari sisi provider / memang perangkat sendiri. jika ternyata penyebabnya dari ISP maka sudah jangan terlalu lama, ganti saja sim card & pindah ke ISP lain lebih cepat. Daripada pusing & bikin gregetan. Sebelum & sesudahnya, Terima kasih atas kunjungan & kepercayaannya.