Sumber bunyi mesin klotok-klotok pada ruang mesin mobil jika tidak segera diperbaiki maka akan merambat ke komponen mesin lainnya.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Pun demikian bunyi klotok-klotok belum tentu dari mesin mobil, bisa dari bagian luar mesin lainnya. Sekarang ada 29 artikel masuk dalam Kategori Internet Umum. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Sumber bunyi mesin klotok klotok pada ruang mesin mobil.

Sumber bunyi klotok-klotok belum tentu dari mesin mobil :

Normal tidaknya mesin mobil secara keseluruhan bisa didengarkan dari suaranya. Jika suaranya aneh, berisik, maka sudah pasti ada yang salah pada mesin mobil tersebut. Bisa diakibatkan dari kebiasaan pengguna yang akan merusak mesin mobil dalam jangka panjang, baik disadari maupun tanpa menyadarinya.

Bunyi klotok klotok pada mobil belum tentu dari mesin, bisa dari beberapa sumber berikut :

  • 1. Dari mesin utama, bisa karena piston ada yang rusak, metal ada yang lepas, bunyinya berat, ini biasanya karena sering telat ganti oli, oli habis dibiarkan, oli terlalu banyak juga bisa. Perangkat tersebut  jika ada masalah pasti menimbulkan bunyi klotok-klotok seacra terus-menerus mengikuti rotasi mesin.

  • 2. Dari header knalpot manifold yang menggunakan tabung, didalamnya ada serpihan maupun plat yang korosi. Jika dibiarkan tidak segera diperbaiki maka mesin bisa cepat panas / overheat. Ciri-cirinya bunyi klotok klotok tidak mesti terdengar, saat mesin dingin maka anteng, tapi saat mesin mulai panas & gas ditarik maka bunyi klotok-klotok baru akan terdengar.

  • 3. Dari ring maupun baud yang kendor, cirinya bunyi klotok-klotok mengikuti getaran mesin, bukan rotasi mesin, suaranya bisa sangat keras. Jika tidak segera dikencangkan akan mengakibatkan komponen didalam mesin ikut bergetar tidak semestinya.

  • 4. Dari puli ac yang as nya sudah aus. Selain bunyi klotok-klotok, maka mesin akan berdesis lebih kasar & suaranya berlanjut terus menerus, jika ac dinyalakan maka bunyi akan semakin keras. Jika puli ac ini tidak segera diperbaiki maka akan berdampak pada kerusakan mesin utama, karena puli terhubung langsung dengan mesin, alternator, dinamo servo, timing belt. Yang paling utama harus diganti adalah puli ac & as nya.

Itulah beberapa sumber bunyi vital yang jika tidak segera diperbaiki bisa mempengaruhi kinerja mesin & bahkan mesin mobil bisa cepat rusak dalam jangka pendek & panjang.

Bunyi klotok-klotok jika tidak segera diperbaiki akan merambat ke komponen mesin lainnya :

Untuk memastikan dimana sumber bunyi klotok-klotok itu berasal, caranya adalah hidupkan mesin, jangan digas, biarkan stasioner normal, PAKAI selang ari kering yang kecil / jangan terlalu besar, satu ujung lekatkan ditelinga, satu ujungnya cek & tempel pada bagian yang dicurigai bunyi klotok-klotok, nanti akan terdengar jelas sekali sumber bunyi itu berasal.

Jika ada bunyi klotok-klotok pada ruang mesin mobil anda, maka jangan langsung khawatir turun mesin, / cepat-cepat bawa ke bengkel mobil, cek dahulu sendiri sumber bunyinya, sehingga pada saat ke bengkel servis mobil, tinggal menunjukan sumber bunyi klotok-klotok yang harus diperbaiki. Sehingga hasil perbaikannya lebih akurat.

Setelah selesai melakukan servis & pebaikan di bengkel mobil yang anda percaya, maka harus tau juga cara agar mesin mobil awet & tahan lama tanpa bunyi klotok-klotok lagi.