4 Kegiatan setelah masa pensiun & seharusnya dilakukan.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 100 artikel masuk dalam Kategori Edukasi Pengembangan Diri. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang 4 Kegiatan setelah masa pensiun.

Cara menghadapi masa pensiun & melakukan kegiatan esensial atas hal yg sebaiknya dilakukan setelah masa pensiun tiba, sebab lingkungan sosial akan berbeda dg di kantor sebelumnya.

Mau ngapain setelah pensiun? Apa yg sebaiknya dilakukan setelah masa pensiun? Bagaimana supaya siap menghadapi masa pensiun? Hal tersebut adalah pertanyaan dari sanubari seseorang yg akan menghadapi masa pensiun, baik dalam waktu dekat & panjang kedepan.

sebab kekhawatiran akan hal-hal yg terjadi setelah masa pensiun tiba & status pekerjaannya berakhir :

Dulu saat dikantor biasa disanjung & dipuja, baik oleh rekan kerjanya maupun staf bawahannya.

Dahulu setiap perintah, ide & gagasannya selalu diterima & dilakukan rekan maupun stafnya.

Sebelumnya selalu dimintai pendapat, argumen, saran, & dilibatkan pada kegiatan yg penting.

Dulu semua orang selalu menilai baik akibat status pekerjaan & jabatannya.

Dahulu memiliki kegiatan rutin & terjadwal di kantor, jamnya padat penuh kesibukan, & mendapatkan gaji.

Bagaimana bila masa pensiun tiba, apakah kebaikan seperti tersebut masih terdapatkan? sementara di lingkungan sosial akan berbeda jauh dng kehidupan di kantor. Orangnya sangat heterogen & tak mementingkan status pekerjaan maupun jabatan. Apakah sanjungan & pujian tetap didpatkan ketika harus membaur dgn lingkungan sosial yng sebenar-benarnya, apalagi harus membangun kekerabatan dengan tetangga sekitar dari nol? itu adalah kekhawatiran yng muncul dalam sanubari & pikiran seseorang yng hendak menghadapi masa pensiun.

Sebaiknya setelah masa pensiun, berusaha lakukan hal berikut :

1. MENYEPI dalam artian mengurangi bukan terus menjauh dari berbagai hal yng bersifat materi duniawi. sebab apabila materi duniawi menjadi kiblatnya maka hanya sifat buruk yng seolah-olah terlihat baik akan muncul. Sifat suka DIAKUI & di SANJUNG adalah sifat khas sebagian besar orang ygn telah pensiun.

2. Berusaha tetap PRODUKTIF, dengan melakukan kegiatan ygn jelas target tujuannya serta tak memboroskan dana, apalagi kalau tdk membiayai sendiri. karena jika suka melakukan kegiatan ygn tdk perlu alias sibuk sekedar sibuk tapi tidak produktif, biasanya akan mengganggu anggota keluarga lain maupun lingkungan sekitar, & dilakukannya tanpa disadari akibat menjadi kebiasaan.

3. Memupuk KESADARAN SPIRITUAL agar semakin tinggi apapun agama & kepercayaannya. Agar lebih memahami orang lain, bukan sekedar memaksakan diri / menekan agar orang lain memahaminya.

4. Memperbaiki DOGMA & KERANGKA BERPIKIR, Orang ygn sudah tua usianya & sudah pensiun memang sangat diharga secara status sosialnya, tapi bukan berarti pensiunan ygn sudah tua umurnya selalu benar dalam bertindak & berkata-kata, bahkan suatu ketika harus mendengarkan nasehat dari mereka lebih muda umurnya tapi memiliki mental & jiwa yang sebenarnya lebih tua.

Itulah 4 tips kegiatan yang sebaiknya dilakukan setelah masa pensiun. jika ada yang ingin menambahkan & memberikan wawasan silahkan saja, tidak ada determinasi apapun. Mari kita belajar bersama untuk menemukan solusi & jawabannya, ditengah dunia semakin kompleks.