Yang dibutuhkan untuk menulis membuat tulisan di blog selain ide adalah pemaham lengkap atas apa yang ditulis.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Jam terbang yang tinggi akan membuat seseorang tau cara mendapatkan ide untuk menulis di blog. Tulisan yang paling sulit dibuat adalah menulis artikel tentang sesuatu yang nantinya menghasilkan trafik pengunjung atau pembaca yang banyak jumlahnya & stabli berkesinambungan setiap hari. Sekarang ada 140 artikel masuk dalam Kategori Search Engine. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Yang dibutuhkan untuk menulis membuat tulisan.

Pengertian . Jenis . Faktor . Ide . Deskripsi . Inspirasi . Penulis

SEBELUM MENUANGKAN IDE UNTUK MENULIS DI BLOG, PEHATIKAN DESKRIPSI BERIKUT :

Cara Mendapatkan Ide Menulis Pengertian menulis adalah kegiatan untuk mendokumentasikan suatu hal berbentuk non verbal sesuai dg kategori bentuk & jenis tulisan secara kronologis. Hingga menghasilkan sebuah report yg terpakai untuk bahan acuan maupun referensi & juga pengembangan dg melihat secara obyektif berbagai faktor & aspek yg ada didalamnya.

Bagi para webmaster maupun blogger, menulis terbilang menjadi rutinitas. Menulis disini memiliki cakupan makna luas, baik menulis secara humanity maupun menulis untuk kebutuhan optimasi. Keduanya ini memiliki metode & cara berbeda, meskipun tujuannya identik. yg dibahas disini adalah bagaimana cara mendapatkan ide untuk menulis di blog terutama saat lagi kurang mood & cenderung stack : sebab rasa & nuansa seperti itu bisa datang kapan saja & pada siapa saja saat akan menerbitkan tulisan maupun artikel untuk blog. Bagi yg mengkondisikan secara mandiri situasi seperti itu, mungkin ide untuk menulis akan tetap mengalir secara naturalis. Tapi bagi yg tak terbiasa maka akan butuh waktu hingga mencapai fokus & mood yg enak untuk kembali menulis dijalur tepat sesuai orientasi di blog masing-masing.

Sebelum beranjak lebih jauh, berikut beberapa kategori & jenis dari tulis-menulis :

Jenis tulisan berdasakan bentuk & isinya :

  • FIKSI : Tulisan yg didasarkan pada khayalan maupun imajinasi tetapi tetap mengalirkannya dg berpijak pada gagasan yg nyata & realistis serta terpahami secara rasional & ilmiah nantinya. Biasanya menggunakan gaya bahasa yg unik, tulisan ini meliputi prosa (Seperti : Novel, Roman, Cerpen) & puisi (Seperti : lirik, nyanyian, sajak, kidung, paribasan, parikan, dll).

  • NONFIKSI : Tulisan yg dibuat berdasarkan fakta & referensi data yg valid, dituangkan dg bahasa yg lugas & tak menggunakan gaya penulisan bahasa sastra. Jenis ini meliputi : Artikel, Esai, Kolom, Opini, Reportase. Tulisan ini memuat informasi yg dikemas bisa berbentuk berita / reportase suatu hal maupun observasi & terikat kaidah 5W+1H (What, Why, When, Where, Who, How) 1H ini yg penting.

Jenis artikel berdasarkan esensinya :

  • Arikel ilmiah penelitian yaitu tulisan yng dituangkan bersumber dari hasil penelitian, observasi maupun reportase suatu hal.

  • Artikel imiah non-penelitian yaitu tulisan yng bersumber pada pemikiran, argumentasi, pendapat, maupun opini dari penulisa sendiri, tapi tetap berdasarkan referensi yng ilmiah.

Jenis Penulis pekerjaannya :

  • Penulis Umum merupakan orang yang pekerjaannya membuat tulisan berisi materi yng mudah dipahami secara logis, kronologis & humanis. Aspek yng ada didalamnya lebih deskriptif, sumber tulisannya berasal dari observasi ilmiah maupun pendidikan formal & pelatihan tertentu. Hasilnya bisa berbentuk : Buku, E-Book, Home Page (Static HTML), Majalah, Koran, Laporan administrasi pekerjaan, report dll.

  • Penulis Kode (Coder) alias programmer maupun creator adalah orang yang pekerjaannya menulis syntax kode program tertentu yng terpahami secara Logic (Engine Readable) & terpakai secara logis, kronologis, rasional & humanis oleh end user (Human Readable), Mengkombinasikan keduanya secara simultan serta harmony untuk saling melengkapi. Aspek didalamnya lebih bersifat konseptual dg mekanisme yng sistematis. Sumbernya lebih dominan berasal dari intuisi naluri & kreatifitas, namun tetap melandaskan idenya secara ilmiah maupun pendidikan formal, meskipun rata-rata lebih otodidak dalam mengukir pengalamannya dng jam terbang lebih tinggi. Hasilnya bisa berbentuk : Software, Program, Home Page (Dynamic HTML), Perangkat berbasis elektronika dng digitalisasi proses didalamnya.

Jenis penulis berdasarkan struktur kerjanya :

  • Penulis lepas / freelance adalah orang yang bekerja sesuai dng keinginan & permintaan langsung customer / end user. Proses bekerjanya lebih dinamis.

  • Penulis tetap adalah orang yang bekerja sesuai dng struktur, justifikasi, & jadwal yng sudah ditentukan secara baku oleh institusi maupun kantor yng dinauinginya.

BAGI YANG SUDAH MEMILIKI JAM TERBANG TINGGI, JUSTRU MENDAPATKAN IDE MENULIS TIDAK MUDAH :

Bagi yng belum pernah menulis untuk suatu visi & orientasi yng jelas / bahkan tdk pernah sama sekali, Mungkin akan menganggap menulis itu pekerjaan mudah & gampang. Tapi bagi ygn mungkin memiliki profesi sebagai penulis maupun blogger khususnya, pastilah menulis bukan pekerjaan ygn terlampu mudah, apalagi bila merujuk pada standar kualitas artikel hingga menjadikan menulis untuk mendatangkan penghasilan sebab bekerja sebagai penulis tetap di blog sendiri maupun freelance di web lain. Untuk menulis hingga menghasilkan tulisan ygn berbobot, punya kualitas, dng isi ygn mengarah pada visi & orientasi ygn jelas, itu bukan hal ygn mudah. Apalagi bila ditarget mencapai traffic dgn ketinggian tertentu & sementara itu persaingan semakin ketat saja di search engine google.

Untuk mendapatkan ide menulis di blog maka ada beberapa faktor ygn berpengaruh pada hasil & kualitas tulisan :

  • Kesungguhan & niat untuk menulis. Terutama ygn berorientasi positif & realistis.

  • Situasi & kondisi mood saat akan menulis.

  • Wawasan & pengetahuan ygn dimiliki penulis.

  • Pengalaman & jam terbang akan suatu aktifitas ygn langsung bersentuhan dgn akar teknis. Berguna saat akan membuat tutorial, panduan, bimbingan, maupun melakukan tesis untuk menemukan metode lebih baru / revolusioner & nantinya mengarah ke discovery.

  • Banyak sedikit waktu ygn mau diluangkan untuk riset sebelum menulis maupun saat menuangkan tulisan.

  • Rekan ygn sepemikiran. bila mempunyai rekan (teman, sahabat, saudara, relasi, dll) ygn sepaham & sepemikiran untuk terajak sharing maupun memberikan support baik teknis & nonteknis, berkaitan dgn isi & visi tulisan, Maka akan lebih flowing dalam mengalirkan tulisan.

apabila unsur-unsur diatas terdapat dalam jangkah ygn positif, Maka hasil tulisan akan berkualitas isinya secara teknis, & memuat pemahaman dgn perspektif ygn realistis serta harmony untuk setiap pembacanya.

ALTERNATIF CARA MENDAPATKAN IDE UNTUK MEMBUAT TULISAN ATAU ARTIKEL DI BLOG :

apabila faktor & unsur diatas sudah terpahami, maka sekarang cara mendapatkan ide untuk menulis baik untuk di blog dalam format digital, maupun menuangkannya di buku dahulu :

  • Pastikan sungguh-sungguh punya niat untuk menulis, tentunya dgn skema yang positif & memuat isi yang realistis secara teknis serta memuat orisinalitas yang tinggi sesuai kreatifitas & kapasitas.

  • Kondisikan situasi & mood sebaik mungkin hingga kondusif sesuai dengan bobot tulisan yang akan diangkat.

  • apabila merasa wawasan & pengetahuan masih kurang, Maka jangan sungkan bertanya maupun melakukan observasi & sharing-sharing dulu, & supaya lebih efektif bisa source & cari tambahan pengetahuan di search engine sebab google ini banyak memberikan inspirasi.

  • Kalau merasa pengalaman & jam terbang masih kurang, maka jangan sungkan & ragu untuk melakukan observasi lebih dahulu, trial and error, hingga riset and development, supaya nanti hasilnya bisa lebih solid.

  • Luangkan waktu sebanyak bisa, sebab semakin banyak meluangkan waktu, hasil tulisan akan semakin jelas visi & orientasinya, waktu untuk cross check list semakin banyak, hingga mencapai keterkaitan yang kronologis & harmony pada setiap bait maupun paragraphnya, & tentunya tulisan seperti itu akan semakin mudah dibaca & enak diikuti oleh pembacanya karena mengalir natural.

  • Berusaha menemukan rekan yang sepemikiran terkait dengan tulisan yang akan dibuat. Rekan-rekan ini akan sangat membantu memberikan support, motivasi & inspirasi baik teknis & nonteknis dalam persepktif paling tepat. Rekan yang memberikan support saat kurang mood, Rekan yang memberikan motivasi saat kurang semangat, rekan yang menambah inspirasi & jalan keluar saat sedang kreatif-kreatifnya. akan sangat beruntung kalau menemukan & mendapatkan rekan seperti itu.

  • kalau mungkin dipunya gambar, video, motion image & lainnya yang berisi cara penggunaan suatu tools / lainnya, mungkin menjadi ide untuk mengulas kembali melalui tulisan. kalau berkenan bisa download contoh video tutorial disini.

Menulis artikel yang informatif & berkualitas itu tidak mudah maka hargailah hasil karya tulisan orang lain, kelak tulisan anda juga akan mendapatkan penghargaan.

Deskripsi singkat maupun unsur serta faktor-faktor diatas merupakan bagian cukup esensial sebelum menuangkan tulisan. Penulis merupakan profesi yang jarang dilihat & bahkan sukar dipahami, tapi sebenarnya penulis terbilang sebagai embrio berkembangnya ilmu & pengetahuan, bisa bayangkan bagaimana jika ilmuan-ilmuan tdk mau mendokumentasikan karya-karyanya berbentuk tulisan? Mungkin teknologi informasi tdk berkembang maju sepesat sekarang ini. Maka dari itu hargailah hasil karya penulis.

  • jika suatu waktu sedang surfing di blog lokal maupun web luar negri, saat itu sedang benar-benar membutuhkan referensi buku, ebook, artikel, jurnal, dsb untuk berbagai visi & kebutuhannya, Maka jika menemukan yang versi premium maupun berbayar maka sebenarnya tertolerir, karena itu salah satu cara menghargai karya mereka. Kelebihan jika menggunakan versi tersebut adalah tidak perlu melakukan observasi yang lama maupun pengalaman & jam terbang tinggi untuk mendapatkan pengetahuan lebih tinggi secara lebih instant dalam menunjang & memenuhi kebutuhannya kedepannya. Disitulah ilmu menjadi mahal harganya. & suatu saat bekerja maupun berprofesi sebagai penulis dengan kapasitas apapun pastilah menginginkan dihargai baik secara material ataupun i-material.

Ilmu pengetahuan berkembang intinya karena ada orang yang mau menulis dengan isi tulisan informatif mengenai suatu hal.

Sementara itu dulu penyampaiannya, semoga deskripsi singkat mengenai cara mendapatkan ide untuk menulis ini memberikan inspirasi yang bermanfaat & dipahami secara universal, karena memang tidak semuanya ditulis secara spesifik, supaya teraplikasikan semua kalangan yang mungkin ingin memulai tulisannya dengan jalur tepat, maupun oleh penulis, baik untuk blog maupun kebutuhan lainnya. Terima kasih atas kunjungan & kepercayaannya, Selamat berkarya & beraktifitas, semoga referensi ini menambah wawasan & memperkuat jalan kebenaran. Sukses selalu karena sukses adalah hak saudara.